Tips Merawat Sepatu Kulit Agar Tidak Pecah dan Bebas Bau

Merawat sepatu kulit pada dasarnya mirip seperti merawat sepatu yang terbuat dari bahan yang lainnya ya. Hanya saja diperlukan bentuk perawatan lain yang agak berbeda mengingat bahan ini juga memiliki karakteristik yang berbeda pula. Pada umumnya, pori-pori sepatu berbahan kulit mampu membesar dan mengecil sesuai kondisi suhu di lingkungan sekitarnya. Hal ini mengakibatkan kotoran yang menempel di permukaan sepatu pun dapat melekat dengan sangat kuat ketika pori-porinya dalam keadaan mengecil. Oleh karena itulah, Anda harus merawatnya dengan baik ya.

Mengenakan sepatu kulit memang mampu membuat penampilan pemakainya lebih trendi. Sepatu yang mampu terlihat mengkilap ini bisa menunjang kepercayaan diri seseorang saat tampil di hadapan orang banyak. Maka sudah sepatutnya perawatan sepatu yang berharga mahal ini pun perlu dilakukan dengan cermat supaya tampilannya senantiasa bersih dan mewah. Ya, Anda tidak boleh malas-malasan merawat sepatu kulit ini. Anda mesti membersihkannya dengan baik. Jangan pernah merasa malas jika Anda mau memperoleh hasil yang maksimal. Anda harus merawat sepatu kulit ini.

Di bawah ini merupakan kiat-kiat dalam merawat sepatu kulit agar kondisinya terjaga dengan baik! Anda bisa mengikuti langkah-langkah ini dengan sungguh-sungguh ya.

Simpan di Tempat yang Paling Tepat

Bentuk perawatan sehari-hari sepatu kulit yaitu menyimpan sepatu tersebut di tempat bersuhu normal ketika sedang tidak dipakai. Suhu yang lembab justru bakalan membuat sepatu menjadi berjamur yang bisa dilihat dari adanya bercak putih di permukaannya. Namun bila terus-menerus terkena terik matahari, malahan bisa memperpendek usia pakainya. Sebaiknya sih sepatu kulit ini disimpan di rak khusus yang tertutup serta dilengkapi dengan slica gel untuk mencegah kelembaban. Sebelum disimpan, Anda mesti membersihkan sepatu ini terlebih dahulu dari noda dan kotoran.

Membersihkan Sepatu yang Benar

Ketika sepatu kulit ini ingin dikenakan, usahakanlah untuk rutin menyemirnya memakai bulu sikat halus agar permukaannya tetap terlindungi. Sepatu kulit juga perlu diberikan perawatan secara berkala untuk memastikannya benar-benar bersih ya. Caranya adalah dengan menggosokkan pembersih khusus bahan kulit dengan memakai bantuan sikat bergigi halus. Pembersih ini biasanya disertakan saat Anda membeli sepatu baru. Namun jika tidak ada, Anda bisa menggantinya dengan bubuk deterjen halus pada gosokan pertama lalu melapisinya lagi dengan pelembut pakaian.

Jagalah Kondisinya Tetap Kering Ya!

Pastikan setelah selesai melakukan prosedur di atas, Anda mesti menjemur sepatu kulit ini terlebih dulu di teras rumah supaya kondisinya menjadi kering. Jangan pernah menjemurnya di bawah terik matahari secara langsung ya. Sepatu yang masih basah, selain menyebabkan tumbuhnya jamur juga menimbulkan bau tidak sedap di dalamnya. Akibatnya adalah kaki Anda pun akan ikut-ikutan menjadi tidak sehat juga. Biasanya sih Anda cukup perlu meletakkan sepatu kulit ini selama 10-15 menit saja, maka sepatu ini pun pasti bakalan kering. Barulah kemudian Anda bisa menggunakannya.