Membuat Kolam Ikan Kecil dan Sederhana di Halaman Rumah

Memelihara ikan di rumah memang terasa menyenangkan sekali. Apalagi kalau Anda memeliharanya di dalam kolam yang menarik dan terlihat begitu alami. Selain sanggup memperkaya suasana desain rumah Anda, keberadaan kolam ikan di taman ini juga dapat menjadi hiburan tersendiri bagi Anda sekeluarga. Sehingga pikiran Anda pun akan menjadi segar kembali setelah menikmati waktu bersama dengan ikan-ikan tersebut. Bayangkan saja, kini Anda dapat melepas penat setelah bekerja seharian dengan bermain bersama ikan-ikan dan melihat gerak-geriknya yang begitu lincah.

Bagi kebanyakan orang, memelihara ikan di akuarium dapat menjadi alternatif untuk lahan rumah yang sempit. Akuarium dirasa sudah lebih dari cukup untuk memberikan suasana lain di dalam rumah. Nah, bagi Anda yang ingin tampil berbeda, Anda bisa membuat sebuah kolam ikan sendiri di halaman. Tetapi apakah mungkin membuat kolam ikan di lahan yang sekecil ini ya? Ternyata bisa banget kok. Tentunya Anda memerlukan kiat-kiat khusus supaya kolam ikan yang dibuat di rumah yang mungil ini tetap tampil menarik dengan segala keterbatasan yang dimilikinya. Bagaimana ya caranya?

PEMILIHAN LOKASI

Untuk membuat kolam ikan yang sempurna walau di lahan yang kecil sekali pun, saran kami ialah Anda mesti memilih sudut rumah favorit sebagai lokasi pembuatannya. Anda bisa membuatnya di halaman depan atau bagian belakang rumah. Apabila samping rumah masih tersedia tanah yang cukup, Anda juga dapat memanfaatkannya kok. Pemilihan sudut favorit ini dimaksudkan agar Anda merasa nyaman ketika duduk-duduk sambil bercengkrama dengan ikan-ikan tersebut. Pastikan lokasi pembuatan kolam ikan ini juga mempunyai suasana yang tenang, nyaman, dan tidak berisik sehingga Anda bisa menikmatinya.

BENTUK KOLAM

Terdapat beberapa bentuk kolam ikan yang populer saat ini. Sebagai contohnya yaitu kolam berbentuk persegi, persegi panjang, lingkaran, elips, ataupun tidak beraturan. Untuk rumah mungil kebanyakan menggunakan kolam ikan yang berbentuk persegi atau persegi banyak supaya dapat menghemat lahan. Bentuk kolam ini juga cocok sekali melengkapi rumah modern dan minimalis karena mampu menyatu dengan sempurna bersama konsep desain rumah ini. Apabila Anda ingin membuat kolam ikan dengan bentuk yang lain, usahakan untuk tetap menjaga kesederhanaannya ya. Usahakan jangan terlalu rumit.

UKURAN PROPORSIONAL

Dalam membuat kolam ikan di lahan yang sedikit, sebaiknya Anda memperhatikan antara ukuran kolam dengan lingkungan di sekitarnya. Jangan pernah membuat kolam ikan yang ukurannya terlalu besar atau terlalu kecil. Sebab apabila ukuran kolam ikan yang dibuat terlalu besar, maka akan menimbulkan suatu ketidakseimbangan dengan area sekitarnya mengingat luas lahan yang tersedia sangat terbatas. Begitu pula jika ukuran kolam ikan yang dibangun terlalu kecil. Selain kolam akan terlhat aneh, ikan-ikan yang tinggal di dalamnya pun akan merasa tidak nyaman. Anda harus menyesuaikannya dengan tepat.

SIRKULASI AIR

Sebagaimana umumnya kolam ikan, kebersihan air di sini tetap harus dijaga agar ikan-ikan yang tinggal di dalamnya mampu tetap bertahan hidup dengan sehat. Untuk menjaga kebersihan dan kejernihan air kolam, Anda bisa melakukannya dengan teknik filterasi yang memadai. Jadi sisa air kolam akan dialirkan ke suatu bak filter yang berfungsi untuk menjernihkan air tersebut. Kemudian air yang sudah bersih ini akan dialirkan kembali menuju ke kolam ikan. Selain menggunakan teknik ini, Anda juga bisa menanam tumbuhan air sebagai agen filterasi alami. Dengan teknik ini, kualitas air kolam pun akan terus terjaga.

BATU ALAM

Jangan lupa untuk menambahkan bebatuan alam di dasar kolam ikan. Selain berfungsi sebagai pemanis kolam, penggunaan batu alam seperti zeolite dan andesit juga berfungsi untuk menyerap amonia dan nitrit yang terdapat di air kolam. Kedua zat ini berasal dari kotoran ikan dan akan menjadi racun apabila jumlahnya melampaui batas. Anda bisa menempelkan batu-batu alam ini di seluruh bagian kolam untuk menghadirkan kesan alami di dalamnya. Dijamin deh penampilan kolam ikan Anda akan terlihat sangat berkelas dan elegan sekali dengan adanya batu alam yang menghiasi permukaannya.