Anti Ribet! Begini Cara Membersihkan Lampu Gantung yang Praktis

Lampu gantung biasanya menjadi aksesoris di interior bergaya klasik. Kesan anggun yang dimilikinya ini mampu menciptakan suasana yang mewah sebagai ciri utama gaya klasik. Dekorasi interior pun menjadi lebih menarik berkat adanya pancaran cahaya yang nampak indah. Tapi tahukah Anda bahwa setidaknya terdapat dua model lampu gantung yang ada ada di pasaran saat ini? Jenis yang pertama adalah lampu chandelier. Lampu ini berbentuk rumit serta memiliki banyak lampu yang terpasang di bagian tubuhnya. Pada umumnya, lampu chandelier ini digunakan untuk aksesoris ruangan yang bergaya klasik.

Sedangkan untuk model lampu gantung yang kedua adalah lampu pendant. Lampu gantung ini menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menghiasi ruangan bergaya modern dan minimalis dengan menggunakan aksesoris lampu gantung. Lampu pendant mempunyai bentuk yang lebih sederhana dibandingkan lampu gantung tipe chandelier. Selain itu, lampu pendant juga hanya dilengkapi dengan sebuah lampu utama. Lampu pendant ini biasanya memiliki bentuk yang sangat unik. Inilah yang membuatnya cocok dijadikan sebagai hiasan untuk ruangan yang berkonsep minimalis modern. Interior pun akan semakin menarik.

Bagi Anda yang suka dengan penampilan rumah yang mewah, maka Anda harus mempunyai setidaknya sebuah lampu gantung. Tempatkan lampu ini di area ruang tamu atau ruang keluarga. Buat semua orang yang berkunjung ke rumah Anda merasa terpesona setelah melihat lampu gantung ini. Pilihlah produk lampu gantung dengan permainan cahaya yang pas sehingga mampu mendukung konsep interior rumah Anda. Apakah Anda ingin merancang dekorasi rumah yang bergaya klasik atau modern/minimalis? Anda bisa menyesuaikan model lampu gantung yang dipilih dengan konsep rumah tersebut.

Kalau mau lampu gantung di rumah Anda senantiasa terlihat menarik, Anda harus merawatnya dengan baik. Namun kesulitan utama dalam merawat lampu gantung adalah menjaga kebersihannya. Bayangkan saja, letak lampu yang berada di atas bisa menyulitkan Anda untuk selalu rutin membersihkan debu dan kotoran yang melekat pada permukaannya. Selain itu, banyaknya material kaca yang dipakai oleh lampu gantung juga menyebabkannya rawan pecah. Anda harus ekstra hati-hati saat membersihkannya Jadi orang-orang pun merasa ragu untuk membersihkannya terus-menerus sebab takut rusak.

Matikan Listriknya Terlebih Dahulu Ya!

Tidak ada salahnya kami mengingatkan sekali lagi bagi Anda untuk mematikan listrik sebelum melakukan prosedur pembersihan lampu gantung. Mengingat banyaknya kasus orang yang teledor saat melakukan perawatan perangkat elektronik dan menyepelekan hal ini. Cabut semua kabel yang terhubung dengan lampu, dan biarkan beberapa saat agar suhu lampu menjadi normal. Barulah kemudian Anda pun dapat menurunkan lampu tersebut. Jangan pernah langsung melepaskan lampu gantung yang baru menyala. Mengapa? Sebab biasanya dapat menyebabkan lampu yang terpasang akan mati/terputus.

Lepas Bagian Lampu yang Mudah Pecah

Apabila lampu gantung yang Anda miliki dapat dibongkar pasang, alangkah baiknya Anda menyingkirkan terlebih dahulu bagian yang mudah pecah seperti hiasan kaca. Selain membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan aman, hasilnya pun bakal lebih bersih karena Anda bisa mengelapnya sampai ke bagian sela-sela lampu tersebut. Sedangkan untuk bagian dari kaca tadi, Anda dapat merendamnya dulu di air sabun selama beberapa menit. Lalu basuhlah permukaan kaca memakai spons sampai bersih. Lantas, Anda bisa mengelapnya sekali lagi sampai kering ya. Anda juga bisa mengangin-anginkan lampu tersebut.

Membersihkan Lampu dengan Tuntas

Lampu gantung chandelier yang berbentuk rumit bisa menyulitkan Anda saat hendak membersihkannya karena bentuknya yang rumit sekali. Sebenarnya terdapat trik khusus untuk membuatnya menjadi lebih mudah. Pertama, Anda bisa mengambil kain lap yang tebal untuk diletakkan di bawah lampu ini sebagai alasnya. Kemudian gunakan cairan pembersih khusus, air sabun, atau air cuka. Trikya adalah semprotkan cairan ini dalam jumlah yang banyak ke beberapa sudut lampu supaya airnya dapat mengikat debu yang menempel, membawanya jatuh sampai ke bagian dasar. Barulah Anda dapat menyikati lampu ini sampai bersih dan membilasnya.

Kalau Anda mau lebih praktis lagi dalam membersihkan lampu gantung ini, maka Anda dapat mengikuti panduan sebagai berikut ya!

ALAT DAN BAHAN :

  • Sikat gigi
  • Sabun cuci piring
  • Air bersih
  • Wax
  • Kain microfiber

LANGKAH KERJA :

  • Anda bisa memulainya dengan melepas lampu gantung dari tempatnya terlebih dahulu. Biarkan selama beberapa saat supaya suhu lampu yang terpasang menjadi lebih dingin.

  • Lepaskan semua lampu yang terpasang pada lampu gantung tersebut dengan hati-hati.

  • Jika memungkinkan, Anda juga bisa melepaskan kabel powernya sekalian. Tapi kalau sulit, tidak usah juga tidak apa-apa.
  • Siramlah lampu gantung tersebut dengan air bersih secara merata. Jangan khawatir, air tak akan merusaknya kok.

  • Oleskan sabun cuci piring di beberapa bagian lampu gantung. Kemudian Anda bisa menyikatinya sampai bersih.
  • Siram kembali lampu gantung ini untuk membilas air sabun yang menempel di permukaannya.
  • Lantas Anda bisa menjemur lampu ini di tempat terbuka hingga mengering. Lampu harus benar-benar kering ya agar tidak mengalami konsleting.

  • Untuk membuat lampu gantungs ini nampak mengkilap, Anda perlu mengaplikaskan bahan wax secara merata.
  • Barulah kemudian, lampu-lampunya pun bisa dipasang kembali pada posisinya. Lalu Anda dapat menggantungkan lampu ini lagi.