Cara Menghilangkan Karat di Perabotan Logam Memakai Garam dan Cuka

Masalah utama pada perabotan-perabotan yang terbuat dari bahan logam ialah karat. Semua furniture yang terbuat dari logam seperti kursi besi, meja dari baja, atau lemari-lemari antik lama-kelamaan dapat diserang karat. Karat ini sendiri terbentuk dari reaksi yang terjadi antara unsur logam dan uap air. Proses ini dinamakan sebagai oksidasi. Lapisan karat yang menimpa perabotan Anda tak boleh dibiarkan sebab dapat mengakibatkan strukturnya menjadi keropos dan akhirnya rusak. Namun bagaimanakah caranya menghilangkan karat ini karena sepertinya susah sekali dihilangkan?

Memang benar sih. Karat yang terdapat di perabotan besi ini cukup sulit dihilangkan. Tapi bukan berarti Anda tidak dapat menghilangkannya sama sekali ya. Dibutuhkan upaya yang berlebih untuk menghapus lapisan karat yang menempel di permukaan perabotan tersebut. Dengan usaha yang serius, karat yang mengotori furniture Anda akan lenyap semuanya. Namun Anda harus mengerjakannya dengan hati-hati agar tidak malah merusak furniture tersebut. Lebih-lebih pada perabotan yang strukturnya cukup tipis, tergores sedikit saja, maka perabotan tadi akan rusak permanen.

Kabar baiknya adalah kami mempunyai solusi yang jitu untuk mengatasi perabotan besi yang berkarat. Anda bisa menghilangkan karat pada perabotan tersebut dengan mudah menggunakan solusi praktis di bawah ini!

Alat dan Bahan :

  • 1 sdm cuka
  • 1 sdt garam
  • Kain lap
  • Mangkuk kecil
  • Sarung tangan
  • Kape
  • Cat anti-karat

Langkah-langkah :

  1. Kenakan sarung tangan terlebih dahulu untuk melindungi kulit tangan Anda dari serpihan karat. Sebaiknya pakailah sarung tangan karet agar perlindungannya lebih optimal.
  2. Buatlah adonan pembersih karat dari cuka dan garam. Masukkan kedua bahan ini ke mangkuk kecil. Lalu aduklah agar tercampur rata. Ini merupakan adonan yang paling sederhana.
  3. Gunakan kain lap yang bersih untuk mengusapkan adonan garam cuka tersebut di permukaan perabotan yang berkarat. Silakan Anda usapkan secara merata ke seluruh bagian.
  4. Usapkan adonan penghilang karat ini berkali-kali sampai semua karatnya rontok dari permukaan perabotan. Alhasil perabotan Anda pun nampak mengkilap kembali.
  5. Untuk mempercepat proses perontokan karat dari permukaan perabotan, Anda bisa membantu membersihkannya dengan kape. Kikislah lapisan karat tersebut sampai bersih.
  6. Agar perabotan logam Anda tidak lagi ditumbuhi karat, Anda dapat menggesernya ke sudut lain yang lebih kering supaya aman. Hindarkan furniture ini dari area yang lembab.
  7. Pengecatan ulang perabotan besi Anda memakai cat antikarat juga sangat kami rekomendasikan karena benar-benar ampuh melindunginya dari risiko timbulnya karat lagi.

Selamat mencoba solusi dari kami di atas ya. Solusi ini benar-benar sangat ampuh untuk mengatasi karat yang menimpa perabotan besi, baja, dan logam lainnya loh. Silakan Anda bisa membuktikannya sendiri sekarang juga!