Cara Cepat Merapikan Rumah Berantakan yang Efektif

Anda pasti mengingikan rumah tinggal Anda senantiasa dalam kondisi yang rapi, kan? Memang benar si kalau rumah yang rapi merupakan idaman semua orang, termasuk diri Anda sendiri. Rumah ini memiliki desain yang menarik, rasanya sangat nyaman, serta suasananya sungguh menyenangkan. Semua orang  akan betah tinggal berlama-lama di dalam rumah tersebut. Namun sayangnya keterbatasan waktu serta tenaga menyebabkan kita kadang-kadang merasa malas untuk menata rumah terus-menerus. Setiap kali Anda selesai membersihkannya, tak lama kemudian rumah pun berantakan lagi.

Walaupun pekerjaan membersihkan rumah sangatlah membosankan dan melelahkan, akan tetapi Anda harus senantiasa tetap melakukannya secara rutin. Karena bagaimanapun juga salah satu syarat rumah yang sehat ialah kondisinya bersih dan rapi. Jangan sampai deh rumah Anda menjadi sarang kuman dan bakteri akibat Anda malas membersihkannya. Biar aktivitas membersihkan rumah tak terlalu menguras tenaga dan waktu, Anda mesti merencanakan siasatnya terlebih dahulu. Faktanya membersihkan rumah memang dapat dilakukan dengan cepat sekali asalkan Anda tahu triknya.

Setidaknya ada 4 tugas pokok yang harus Anda lakukan supaya aktivitas membersihkan rumah tinggal dapat dikerjakan dalam waktu yang lebih cepat serta tidak menghabiskan banyak tenaga. Di antaranya yaitu :

Simpan Barang yang Dipakai dan Buanglah Semua Sampah

Cobalah mengelilingi seluruh interior rumah Anda sambil membawa dua buah kantung plastik berukuran besar. Plastik yang pertama bisa Anda gunakan untuk menaruh benda-benda yang masih layak pakai dan bisa disumbangkan. Sedangkan kantung plastik kedua dipakai untuk meletakkan sampah-sampah yang berserakan di mana-mana. Biarkan untuk sementara waktu benda-benda yang masih digunakan Anda tetap pada tempatnya. Anda bisa mengaturnya nanti setelah semua barang tak berguna sudah masuk ke dalam kedua kantung plastik tersebut.

Kadang-kadang ada benda yang sudah tidak terpakai tapi sayang untuk kita buang. Masalahnya adalah jumlah benda-benda seperti ini umumnya sangat banyak sehingga menyesaki semua sudut rumah Anda. Oleh karena itu, rajin-rajinlah menyeleksi ulang mana benda yang memang masih Anda butuhkan dan mana pula benda yang sudah tidak akan Anda gunakan lagi. Jangan sampai interior deh yang bisa ditata biar rapi dan menarik, justru terlihat kacau akibat sampah-sampah yang menggunung. Anda harus tegas dalam memilih benda-benda ini.

Untuk benda-benda di kantung plasti kedua yang sudah tidak berguna lagi, janganlah lekas Anda buang begitu saja ke tempat sampah. Mengapa? Sebab Anda masih bisa menyeleksinya terlebih dahulu. Bukan tak mungkin di antara barang-barang tersebut terdapat suatu benda yang masih layak pakai tetapi Anda tidak membutuhkannya. Nah, Anda bisa menyumbangkannya ke orang lain yang membutuhkan. Asalkan kondisi benda-benda tersebut masih layak pakai. Jangan sampai Anda memberikan pakaian yang sudah berlubang ke orang lain. Anda sendiri yang nanti akan merasa malu.

Kelompokkan Benda-benda Berdasarkan Karakteristiknya

Langkah selanjutnya adalah menaruh semua perlengkapan rumah per kelompok berdasarkan sifat dan karakteristiknya. Usahakan pengelompokkan benda ini berdasarkan sifat yang sama dalam satu tempat penyimpanan. Gunanya apa? Tidak lain supaya Anda lebih mudah dalam mencarinya serta meletakkan kembali ke tempatnya semula. Misalnya nih, Anda bisa meletakkan gelas bersama piring, mangkuk, dan peralatan makan lainnya. Kemudian Anda pun dapat meletakkan sabun, shampo, dan pasta gigi di dalam rak yang sama. Jangan menaruhnya secara acak.

Setelah Anda mengelompokkan semua benda di rumah Anda, berikutnya letakkan masing-masing benda tersebut di lokasi yang mudah dijangkau saat kita membutuhkannya. Ada kalanya peletakan benda bisa dilakukan secara terpisah. Sebagai contoh untuk di dapur, Anda dapat meletakkan perabotan memasak yang digunakan sehari-hari di rak. Sedangkan perlengkapan yang jarang digunakan seperti loyang, mixer, dan piring antik dapat disimpan di dalam kabinet. Beberapa benda yang bersifat sama juga boleh Anda simpan di tempat yang berbeda asalkan peletakannya di tempat yang strategis.

Sedikan Tempat Penyimpanan yang Cerdas dan Memadai

Pada umumnya, barang-barang yang diletakkan begitu saja akan terlihat berserakan dan membuat seisi rumah tampak berantakan. Tempat penyimpanan menjadi solusi paling ampuh untuk mengatasi hal ini. Cobalah Anda berdiri di tengah-tengah ruangan, lantas lihatlah pemandangan di sekeliling Anda berdiri. Perhatikan manakah benda-benda yang seharusnya menjadi hiasan serta mana pula benda-benda yang sebaiknya disembunyikan. Anda tidak boleh menaruh semua benda yang dimiliki tetap berada di luar. Sebagian dari benda tersebut mesti disimpan agar ruangan nampak rapi.

Simpan barang-barang secara tepat dan cerdas. Semakin banyak barang yang bisa disimpan maka rumah Anda akan terasa semakin lega dan rapi. Usahakan penyimpanan benda-benda yang berukuran kecil bisa dilakukan secara berkelompok menurut tujuan penggunaannya supaya Anda lebih mudah mencarinya saat membutuhkannya nanti. Pengecualian untuk benda-benda yang bersifat sangat penting seperti HP, kunci kendaraan, dan remote control maka Anda harus membiasakan untuk meletakkannya di tempat khusus agar mudah ditemukan.

Tanamkan Perilaku yang Positif ke Anggota Keluarga

Anda harus menanamkan sikap positif kepada seluruh anggota keluarga di rumah mengenai pentingnya sikap menjaga kebersihan dan kerapian rumah tinggal. Jika Anda tak bekerja sendirian, maka pekerjaan membersihkan tempat tinggal ini dapat dikerjakan dengan lebih mudah. Anda harus membiasakan diri untuk meletakkan semua benda-benda di rumah Anda pada lokasinya semula. Ini merupakan kebiasaan baik yang harus dimiliki oleh seluruh anggota keluarga Anda. Pastikan setiap kali menggunakan sesuatu, bersihkan benda tersebut, lalu letakkan ke tempat asalnya lagi.

Tugas yang tidak kalah penting lainnya ilah janganlah Anda bersifat boros dengan membeli benda-benda yang sebenarnya tak begitu penting dan tidak Anda butuhkan. Ingatlah bahwa setiap kali Anda membeli suatu barang yang baru artinya Anda juga harus menyediakan tempat khusus untuk tempat menaruh benda tersebut. Ketika membersihkan rumah, berikan perhatian yang lebih pada ruangan yang mudah kotor seperti dapur dan kamar mandi. Jangan biarkan tumpukan sampah dan piring kotor berada di sini. Rumah yang bersih akan penghuninya senantiasa sehat dan bugar.