Lakukan 9 Tips Ini Agar Kamar Mandi Anda Tidak Bau Lagi

Kamar mandi pada dasarnya merupakan ruangan untuk membersihkan diri. Karena merupakan ruangan untuk membersihkan diri bagi Anda sekeluarga, maka wajar sekali ada begitu banyak tumpukan kotoran di sini. Kotoran yang berasal dari tubuh Anda akan keluar dan menumpuk di tempat ini. Sebagian besar kotoran tersebut memang akan hanyut terbawa air. Namun sebagian sisanya lagi akan menempel kuat di sudut-sudut kamar mandi hingga menjadi sarang bagi kuman dan bakteri. Dari sinilah awal mulah bau yang tidak sedap muncul di dalam ruangan tersebut.

Upaya pertama kali yang dapat Anda lakukan ketika mencium aroma tidak sedap di kamar mandi adalah Anda harus melacak keberadaan sumber bau menyengat tersebut berasal. Faktanya memang di dalam kamar mandi ini ada begitu banyak kemungkinan asal sumber bau yang menyengat. Bukan tak mungkin bau tersebut ternyata keluar dari kloset, wastafel, atau bahkan lantai yang kotor. Anda harus teliti dalam mencarinya. Jika si biang keroknya sudah ditemukan, barulah kemudian Anda dapat menghilangkannya. Dengan demikian, kamar mandi pun tak akan berbau lagi.

Bersihkan Kloset dengan Total

Kloset dapat menjadi sumber pertama penyebab bau di kamar mandi yang patut Anda curigai. Adapun menghilangkan bau di kloset yaitu menggunakan tisu toilet. Siapkanlah tisu toilet yang bersih, dan lipat seperti kain lap. Tuangkan cairan pembersih di tisu ini secukupnya. Lantas gunakanlah untuk membasuh permukaan tepi toilet. Silakan Anda ambil tisu toilet sekali lagi, lalu remas menjadi bolah-bola. Buanglah bola tisu ini ke dalam kloset, lalu tuangkan beberapa tetes cairan pembersih ke dalamnya. Biarkan 20-30 menit dan siram sampai bersih. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menuangkan cairan pembersih kloset dan membiarkannya selama semalaman.

Sikatlah Lantai di Sekitar Kloset

Kadang-kadang bagian permukaan lantai di sekitar kloset terlewatkan saat Anda membersihkan kamar mandi. Bagian tersebut lupa tidak Anda gosok menggunakan sabun. Padahal justru bagian ini loh yang biasanya menjadi tumpukan kotoran dan noda membandel. Jika sudah banyak kuman dan bakteri yang  bersarang di sini pasti akan tercium aroma yang busuk sekali. Untuk menghilangkan bau tersebut, Anda cukup mengelapnya dengan kain pel atau menyikatinya sampai bersih. Pakailah sabun cair yang berbau wangi ya. Jangan lupa lindungi tangan Anda menggunakan sarung tangan.

Bersihkan Shower dan Bathtub

Meskipun jarang sekali ditemukan bagian shower atau bathtub di kamar mandi yang berbau menyengat, tetapi bukan tidak mungkin kedua komponen ini menjadi penyebab utama timbulnya bau. Contohnya ketika aliran air di dalam salurannya terhambat, tercemar, atau tidak dipakai dalam waktu yang cukup lama. Shower dan bathtub yang jarang dibersihkan juga bisa berbau loh. Adapun untuk mengatasinya mudah sekali. Anda cukup menuangkan beberapa tetes desinfektan karena bakteri yang menjadi pemicu utama bau di dalamnya. Cairan desinfektan ini mampu membunuh bakteri secara efektif.

Terapkan Desinfektan ke Wastafel

Wastafel di dalam kamar mandi juga bisa menjadi sumber timbulnya bau, terutama kalau kamar mandi di rumah Anda dipakai secara bersama-sama. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh perilaku salah satu  penghuni rumah yang tak peduli dengan kebersihan di wastafel tersebut. Akibatnya kotoran pun dengan mudah menumpuk di dalam wastafel ini. Tenang saja karena Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan mudah kok. Langkah termudah untuk mengatasinya adalah dengan cara memberikan beberapa tetes cairan desinfektan ke dalam wastafel secara teratur. Pastinya baunya akan sirna dari sini.

Pastikan Tempat Sampah Selalu Bersih

Jika kamar mandi Anda dilengkapi dengan tempat sampah khusus, maka bisa jadi bau tak sedap muncul dari bagian ini. Menjaga kebersihan tempat sampah bisa sangat membantu Anda menjaga kualitas udara di dalam kamar mandi. Cobalah setiap kali Anda membersihkannya, pastikanlah kondisi tempat sampah sudah dalam keadaan yang benar-benar kering sebelum Anda meletakkannya kembali ke kamar mandi. Tips lainnya adalah Anda bisa melapisinya dengan kantung plastik. Sehingga sampah basah yang dibuang akan masuk ke dalam kantung plastik dan tidak mengenai langsung tempat sampah tersebut.

Jangan Lupa Bersihkan Tirai Shower

Beberapa kamar mandi modern dilengkapi dengan tirai khusus di bagian ruangan shower. Kamar mandi di rumah Anda mungkin juga menerapkan desain yang seperti ini? Kalau iya, maka bukan tidak mungkin kondisi tirai shower yang kotor menjadi penyebabnya timbulnya bau busuk. Jadi periksa juga apakah ada noda atau kotoran yang menempel di tirai tersebut. Langkah terbaik untuk membersihkannya sudah tentu dengan mencuci tirai shower ini sampai bersih. Pasanglah tirai ini sedemikian rupa sehingga tidak mengakibatkan tumbuhnya jamur di baliknya serta aliran udara pun tetap lancar.

Cucilah Lantai Ruangan dengan Sabun

Usahakan rutin mencuci lantai di dalam kamar mandi, khususnya area lantai yang terletak di sekitar kenapa. Kenyataannya memang lantai inilah yang menjadi salah satu penyebab paling sering mengapa di dalam kamar mandi tercium bau yang sangat menyengat. Hal ini tentunya terjadi lantaran kondisi lantai tersebut yang kotor. Oleh karena itu, Anda harus rajin membersihkannya. Jauh lebih mudah lagi apabila seluruh penghuni rumah mempunyai kesadaran untuk menyikati lantai setelah selesai di kamar mandi. Pastikan juga tidak ada lantai yang pecah di sana sebab bisa mengakibatkan penumpukan kotoran.

Bersihkan Jendela dan Lubang Angin

Adapun faktor selanjutnya yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah gorden jendela dan lubang angin yang ada di dalam kamar mandi. Jangan lupa membersihkan kedua bagian ini secara rutin. Sebab  keduanya memang berhubungan langsung terhadap kondisi sirkulasi udara di dalam kamar mandi. Anda harus memastikan kondisi jendela dan ventilasi udara lainnya yang terpasang di ruang ini dalam kondisi yang senantiasa bersih. Pastikan pula udara mampu melewatinya dengan leluasa. Dengan udara yang mampu bergerak secara lancar, kami jamin kamar mandi akan selalu terasa segar dan bebas bau.

Jaga Kebersihan Saluran Air Kotor

Kamar mandi selalu dilengkapi dengan saluran air. Fungsinya untuk mengalirkan air dari kamar mandi ke tempat pembuangan akhir. Percaya atau tidak, selokan air juga bisa menyebabkan suasana kamar mandi di rumah Anda sangat berbau loh. Bau menyengat yang tidak sedap tersebut muncul dari dalam saluran air yang mampat. Air kotor dari kamar mandi tidak mampu mengalir dengan lancar. Alirannya terhambat sehingga menimbulkan genangan air kotor di baliknya. Anda harus mengatasi masalah tersebut supaya aliran air di dalam selokan bisa bergerak dengan lancar kembali. Sehingga bau pun akan ikut hanyut.