Cara Mudah Memperbaiki Shower yang Mampet dengan Cuka

Desain kamar mandi modern selalu dilengkapi oleh peralatan mandi yang modern. Shower dan bathtub merupakan piranti yang wajib ada di dalam kamar mandi ini. Keduanya benar-benar dapat menciptakan sebuah kamar mandi yang penuh dengan nuansa modern. Akan tetapi, saluran air pada shower ataupun bathtub ini bisa mengalami masalah, terutama saluran air di shower. Masalah yang paling sering terjadi yaitu saluran air tersebut tersumbat alias mampet. Akibatnya air tidak bisa keluar dari shower ini. Anda pun mengalami kesulitan untuk dapat menggunakan shower di kamar mandi.

Memperbaiki shower yang mampet kadang-kadang membutuhkan cara yang rumit. Tak jarang, kita pun lebih memilih memanggil tukang yang lebih ahli ketimbang mengatasinya sendiri. Sebenarnya sih kalau Anda mau mencobanya, bukan tidak mungkin Anda pun dapat memperbaiki shower yang mampet. Perlu Anda ketahui, masalah ini biasanya muncul karena adanya kotoran yang terbawa air. Meski ukurannya sangat kecil, kotoran yang berkumpul ini lama-kelamaan mampu menyumbat lubang-lubang di shower. Jadi, perbaikannya pun cukup dengan membersihkan kotoran-kotoran tersebut.

Panduan di bawah ini akan membantu Anda dalam memperbaiki shower yang mampet agar alirannya menjadi lancar kembali. Ini merupakan panduan yang sangat gampang dikerjakan. Jadi kami harap Anda pun mampu melaksanakannya sendiri untuk mengatasi shower di kamar mandi yang tersumbat.

Alat dan Bahan :

  • 1 liter air panas
  • 1 botol kecil cuka
  • Air bersih secukupnya
  • Ember kecil

Langkah-langkah :

  1. Siapkan air panas terlebih dahulu. Disarakan untuk memakai air panas yang baru mendidih agar lebih efektif digunakan untuk menghilangkan partikel-partikel kotoran yang menyumbat bagian dalam saluran shower. Silakan Anda tuangkan air panas tersebut ke dalam ember kecil.
  2. Anda juga perlu menyiapkan sebotol cuka dapur. Selain untuk bumbu masakan, cuka ternyata juga ampuh sekali dalam menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel di shower loh. Hal ini tak terlepas dari sifatnya sebagai cairan dengan pH asam. Tambahkan cuka ke ember.
  3. Sekarang waktunya Anda untuk mengaduk cairan di dalam ember agar tercampur secara merata dan menyeluruh. Anda bisa menggunakan sendok untuk mengaduknya supaya aman. Hati-hati ya karena di sini Anda bekerja dengan air yang suhunya sangat panas.
  4. Kini Anda bisa mulai membersihkan shower supaya tidak mampet lagi. Anda dapat memulainya dengan melepaskan kepala shower dari gagangnya terlebih dulu. Lalu rendamlah bagian kepala shower ini ke dalam campuran cuka panas selama 20-30 menit.
  5. Sembari menunggu waktu perendaman bagian kepala shower selesai, Anda bisa membersihkan bagian gagangnya. Seba bukan tak mungkin ada kotoran di dalamnya, kan? Caranya Anda cukup menyalakan shower tersebut. Niscaya air yang keluar sekaligus akan membersihkannya.
  6. Shower yang sudah direndam di dalam cairan cuka yang panas tadi seharusnya sudah bebas dari kotoran. Anda juga dapat mencoba menggosoknya dengan sikat gigi yang bersih secara merata. Jangan lupa untuk membilas kepala shower ini menggunakan air bersih ya.
  7. Kepala shower yang telah selesai dibersihkan lantas bisa Anda pasangkan kembali pada gagang shower. Pasanglah dengan benar seperti posisi yang sebelumnya. Kemudian cek apakah shower tersebut sudah tidak mampet lagi atau masih tersumbat?
  8. Kalau ternyata shower Anda masih mampet berarti masih terdapat kotoran yang menyumbat di salurannya. Anda dapat merendam kembali bagian kepala shower tersebut ke dalam cairan cuka selama 1-2 jam supaya lebih bersih. Niscaya shower tersebut pun tak mampet lagi.

Silakan Anda bisa mencoba mengerjakannya sendiri di rumah ya!