Langkah Mudah : Cara Membuat Peredam Suara Sendiri di Rumah

Fitur peredam suara umumnya dibutuhkan oleh ruangan yang memiliki fungsi tambahan sebagai tempat hiburan. Misalnya seperti ruang keluarga, ruangan menonton tv, dan home theatre. Hal ini dimaksudkan supaya suara yang dikeluarkan oleh perangkat-perangkat multimedia tersebut tak terdengar bising dan mengganggu lingkungan di sekitarnya. Anda yang berada di dalam ruangan juga tidak akan terganggu dengan suara berisik di luar. Selain itu, bagi Anda yang menginginkan ketenangan di dalam kamar tidur dan ruang kerja, Anda juga bisa mempertimbangkan memasang fitur peredam suara ini.

Membuat fitur peredam suara di rumah bisa Anda kerjakan sendiri jika mau. Secara garis besar, proses pembuatan peredam suara untuk rumah tinggal ini terbilang sederhana. Kami yakin Anda pun dapat langsung menyelesaikannya dengan benar setelah mempelajari panduan di bawah ini. Kunci dari proses pembuatanyan supaya berhasil terletak pada pemilihan material peredam serta proses perawatannya. Anda dapat menggunakan glass wool atau rock wool. Untuk lebih menghemat anggaran, Anda juga bisa menggunakan bahan peredam suara alternatif seperti kardus, busa, ataupun serabut kelapa.

Berikut ini alat dan bahan yang Anda butuhkan untuk membuat peredam suara, di antaranya :

  • Gypsum board
  • Rangka hollow
  • Glass wool
  • Rock wool
  • Talk cornice (bubuk compond)
  • Karpet
  • Layer
  • Sekrup
  • Bor listrik
Gambar Glass Wool
Gambar Rock Wool

Langkah-langkah pembuatannya adalah sebagai berikut :

  1. Mulailah dengan membersihkan ruangan dan mengeluarkan semua benda di dalamnya terlebih dahulu. Pastikan kondisi di ruangan tersebut kering dan tidak lembab.
  2. Cari tahu luas permukaan masing-masing sisi dinding dengan mengukur panjang dan lebarnya.
  3. Pasang rangka hollow ke dinding ruangan dengan jarak setiap rangka antara 40 sampai 60 cm. Gunakan bor listrik untuk mempermudah pemasangan sekrup ke dinding.
  4. Setelah rangka hollow terpasang dengan benar, proses selanjutnya adalah pemasangan glass wool dan rock wool di sela-sela rangka ini. Agar hasilnya nanti tampak rapi dan sesuai dengan keinginan, pasanglah peredam suara ini secara bertahap dan hati-hati.
  5. Langkah berikutnya, Anda dapat menutupi peredam dengan papan gypsum di lapisan terluar. Pastikan pemasangan gypsum juga dilakukan dengan rapi agar tidak terjadi kebocoran suara.
  6. Untuk memastikan suara tidak bisa keluar ruangan, Anda dapat menambal celah-celah pada sambungan gypsum memakai bubuk compond. Aplikasikan bubuk compond tersebut secara rapat dan merata.
  7. Agar terlihat lebih menarik, Anda bisa memberikan finishing pada papan gypsum menggunakan cat atau wallpaper dinding.
  8. Proses berikutnya adalah pemasangan peredam suara di lantai berupa layer. Pengerjaannya terbilang sangat mudah, karena Anda tinggal menghamparkan lembaran layer-layer tersebut di atas lantai dan menyusunnya dengan rapi.
  9. Di atas layer ini, Anda dapat menutupinya memakai karpet yang cukup tebal untuk membantu meredamkan suara sekaligus pemanis lantai.
  10. Sekarang peredam suara bikinan Anda sendiri pun telah berhasil dibuat. Anda dapat mencoba mengetesnya langsung untuk menilai hasilnya. Seharusnya suasana di dalam ruangan tersebut kini menjadi lebih tenang dan damai.

Selamat mencoba!