Begini Loh Cara Merawat Sofa Berbahan Kulit yang Benar!

Merupakan suatu kebanggaan bisa menghiasi interior rumah dengan sofa berbahan kulit. Seperti halnya sepatu kulit, tas kulit, ataupun jaket kulit, sofa kulit ini memang sangat menarik sehingga masih menjadi primadona sampai sekarang. Hal ini tidak terlepas dari karena kesan mewah yang dimilikinya. Sayangnya dibalik kelebihannya tersebut, sofa kulit merupakan perabotan yang memerlukan perawatan yang cukup rumit. Anda harus merawatnya dengan baik agar sofa kulit tersebut tak mudah rusak. Anda harus rajin membersihkannya kalau ingin tampilan sofa tersebut senantiasa terjaga dengan baik.

Kenyataannya memang ada banyak sekali faktor-faktor yang dapat memicu kerusakan pada sofa kulit. Di antaranya yaitu jamur, tumpahan air, minyak, debu, keringat, sampai cuaca yang ekstrem. Apabila Anda tidak mengantisipasinya dengan baik, maka sofa tersebut akan cepat rusak. Kondisi ini biasanya ditandai dengan permukaan kulit sofa yang akan rusak menjadi pecah-pecah dan tidak cantik lagi. Anda tak boleh membiarkan kerusakan tersebut sampai terjadi sebab bakal sulit untuk memperbaikinya dan perlu biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu, Anda harus bersungguh-sungguh merawat sofa kulit tersebut.

Perawatan Harian untuk Sofa Kulit

Perawatan harian ini mesti dilaksanakan secara rutin guna menjaga kebersihan permukaan sofa kulit, terutama untuk memastikan kondisinya bebas dari debu. Cara membersihkannya mudah sekali kok tapi sedikit tricky karena kalau salah bisa merusak kulit sofa tersebut. Anda bisa menyapunya terlebih dahulu memakai kemoceng untuk menghilangkan debu yang menempel. Setelah itu, sekalah permukaan kulit sofa ini dengan kain katun yang basah, lalu segera keringkan memakai kain microfiber. Begitu pula jika ada noda membandel, cara pembersihannya pun masih sama menggunakan kedua kain ini saja.

Kalau Anda mau hasilnya lebih bersih lagi, sebaiknya gunakanlah vacuum cleaner untuk membersihkan sofa kulit. Mesin penyedot debu ini mampu menghisap seluruh debu yang terdapat di permukaan sofa sampai partikel-partikel debu yang terselip di dalam bagian celah-celah yang sempit. Anda hanya perlu mengarahkan moncong vacuum cleaner ke seluruh permukaan sofa kulit secara merata, niscaya seluruh debu yang ada pun akan terhisap ke dalamnya. Di sisi lain, hendaknya Anda menghindari penggunaan cairan pembersih kimia sebab dapat merusak permukaan sofa kulit.

Perawatan Mingguan untuk Sofa Kulit

Perawatan mingguan ini dikerjakan seminggu sekali untuk menjaga kualitas kulit serta penampilan sofa. Di sini Anda dapat memanfaatkan cairan pelembab dan pembersih khusus untuk kain kulit yang banyak tersedia di pasaran. Cairan ini telah terbukti kalau bisa juga diaplikasikan pada sofa kulit. Cara memakai cairan khusus ini mudah sekali. Anda hanya perlu menyemprotkan cairan pembersih ini pada kain lap yang bersih terlebih dahulu. Selanjutnya Anda usapkan kain ini secara merata pada seluruh permukaan sofa, lalu biarkan selama 5 menit. Kemudian usap sekali lagi memakai kain yang bersih.

Kadang-kadang sofa kulit terserang oleh jamur. Ciri-cirinya yaitu muncul bercak-bercak berwarna putih pada permukaan sofa tersebut. Jika Anda membiarkannya saja, tentu kondisi bagian sofa yang terserang jamur akan mengalami kerusakan. Itu sebabnya, Anda harus segera mengatasi jamur yang menyerang sofa tersebut sampai ke akarnya. Sekali lagi kami ingatkan, Anda sama sekali tidak boleh menggunakan produk kimia dalam merawat sofa kulit, termasuk ketika hendak memberantas jamur yang menyerang sofa. Silakan Anda ikuti solusi dari kami di bawah ini yang terbukti lebih aman.

Di bawah ini merupakan panduan efektif untuk menghilangkan jamur di sofa kulit :

  1. Campurkan semangkuk air bersih dengan beberapa tetes sabun cair bayi. Lantas aduklah sampai bahan-bahan ini tercampur rata.
  2. Gunakanlah spons lembut yang sudah dicampur dengan campuran air dan sabun bayi di atas untuk menggosok permukaan sofa yang terkena jamur.
  3. Gosok spons ini secara merata ke seluruh permukaan sofa, lebih-lebih pada bagian sudut yang biasanya mudah terkena jamur.
  4. Selanjutnya lakukan proses pengelapan tahap kedua memakai kain cotton yang basah untuk membilas sisa-sisa jamur yang masih menempel
  5. Keringkan permukaan sofa dengan kain microfiber bersih. Anda mungkin harus menggosoknya beberapa kali sampai kondisinya cukup kering.
  6. Usapkan pelembab sofa atau bisa juga diganti dengan pelembab kulit manusia alias hand and body lotion secara merata ke permukaan sofa kulit.

Supaya tampilan desain sofa kulit yang Anda miliki selalu terjaga keindahannya, sebaiknya Anda jangan pernah memakai cairan pembersih kimi, sabun, atau deterjen untuk membersihkan sofa kulit. Kenapa? Sebab kandungan kimia yang ada di dalam cairan tersebut mampu membuat warna kulit menjadi pudar dan merusak strukturnya secara perlahan-lahan. Selain itu, hindarkan juga sofa kulit dari terpaan sinar matahari langsung maupun daerah-daerah yang lembab. Tips merawat sofa kulit yang terakhir adalah pasanglah sofa cover pada bagian sandaran dan lengan sofa karena dua bagian ini yang gampang sekali kotor.