Langkah-langkah Membersihkan Kamar Mandi dengan Tuntas

Apakah kamar mandi di rumah Anda terlihat kotor sekali? Anda bingung bagaimana solusi mudah untuk membersihkannya? Tenang saja sebab kami akan memandu Anda membersihkan kamar mandi tersebut sehingga menjadi bersih sempurna seperti baru. Niscaya suasana di kamar mandi Anda pun akan terasa jauh lebih nyaman daripada biasanya. Kamar mandi sendiri merupakan ruangan yang berfungsi sebagai tempat untuk membersihkan tubuh. Segala macam kotoran dibuang dan dihanyutkan di ruangan ini. Tak heran jika kemudian kondisi kamar mandi pun mudah sekali kotor.

Anda tentu tidak boleh membiarkan situasi di dalam kamar mandi ini tetap kotor. Anda harus mengatasi masalah tersebut dengan baik sesegera mungkin. Bagaimana pun kamar mandi yang kotor merupakan sarangnya kuman dan bakteri. Jangan biarkan Anda sekeluarga terkena penyakit yang serius akibat tidak menjaga kebersihan kamar mandi. Selain itu kamar mandi yang kotor juga sangat memalukan. Bisa Anda bayangkan bagaimana kalau ada seorang tamu yang meminjam kamar mandi tetapi dia mengurungkan niatmua sebab melihat kondisi ruangan yang kotor sekali? Anda pasti akan merasa malu.

Oleh sebab itulah, Anda wajib senantiasa menjaga kebersihan kamar mandi. Jagalah kondisi ruangan ini tetap bersih setiap hari. Caranya tentu dilakukan dengan rutin membersihkannya secara total. Panduan di bawah ini akan membantu Anda dalam membersihkan kamar mandi supaya hasilnya optimal.

LANTAI

Bagian lantai kamar mandi wajib Anda bersihkan setiap hari. Pasalnya ada begitu banyak kotoran yang terjatuh di sini. Anda tak boleh membiarkannya sebab kotoran tersebut bisa menjadi noda membandel yang susah dihilangkan kalau sudah terlalu lama menempel di permukaan lantai. Sebaiknya Anda dapat menyediakan sikat lantai khusus untuk membersihkan lantai kamar mandi. Sikat ini umumnya berukuran lebih besar dengan bulu sikat yang lebih kasar. Anda bisa mendapatkannya di www.alatperabotan.com dengan harga yang terjangkau. Anda bisa menyikat permukaan lantai kamar mandi dengan sikat ini.

DINDING

Sama halnya seperti lantai, bagian dinding kamar mandi juga gampang sekali kotor. Bahkan tidak jarang, jamur dan lumut tumbuh di permukaan dinding tersebut. Dengan rutin membersihkannya, Anda dapat memastikan kondisi dinding tersebut senantiasa tetap bersih tanpa noda membandel di permukaannya. Anda bisa menggunakan sikat berbulu kasar untuk menggosok permukaan dinding. Jangan lupa untuk menaburkan sabun pembersih secukupnya saja. Bubuk sitrun bisa Anda manfaatkan untuk menghapus noda membandel yang terlanjur ada di permukaan dinding keramik kamar mandi.

KERAN AIR

Meskipun terus-menerus terkena air, keran sering kali kotor. Kalau kotorannya tidak segera dihilangkan, permukaan keran tersebut akan tertutupi oleh noda membandel yang sulit dibersihkan. Akibatnya keran air berubah menjadi kusam. Cara membersihkan keran air sebenarnya gampang sekali kok. Di sini Anda perlu menyiapkan baby oil dan kain halus. Silakan Anda gosok permukaan keran air yang kotor memakai bantuan kain yang sudah diberi baby oil secukupnya. Gosoklah secara merata seluruh permukaan keran tersebut. Kini kondisi keran pun sudah bersih dan mengkilap lagi.

LEMARI

Keberadaan lemari di kamar mandi bisa digunakan sebagai tempat menaruh berbagai peralatan mandi. Hanya saja terkadang kita masih meletakkan wadah-wadah yang sudah tidak ada isinya lagi. Oleh sebab itu, lemari tersebut tak ubahnya seperti tempat sampah. Saran kami sih periksalah kondisi lemari secara rutin. Buanglah botol-botol yang telah kosong dan sampah yang masih tersimpan di dalam lemari. Untuk mempercantik tampilannya, Anda bisa meyimpan bunga segar di sekitar lemari tersebut. Anda juga bisa meletakkan aromaterapi di dalamnya agar kamar mandi semakin harum.

WASTAFEL

Wastafel di kamar mandi biasanya digunakan untuk membasuh muka dan mencuci tangan. Tangan yang masih kotor sering kali menyentuh permukaannya. Maka tak heran, permukaan wastafel pun kerap kali terlihat bernoda. Ada banyak sekali kotoran yang menempel di permukaannya. Anda tentu tidak boleh membiarkan masalah tersebut. Untuk membersihkan wastafel, Anda dapat memanfaatkan baking soda atau cuka guna menghapus kotoran membandel. Sedangkan untuk memperbaiki saluran wastafel yang mampet dan tersumbat, Anda bisa menggunakan soda api.

BATHTUB

Campuran garam dan jeruk bali sangat efektif membersihkan permukaan bathtub. Caranya yaitu belah buah jeruk bali menjadi dua bagian. Taburkan garam di permukaan dalamnya. Setelah itu, gunakan jeruk bali yang telah digarami ini layaknya sikat. Gosoklah permukaan bathtub secara menyeluruh. Anda harus mengusap semua bagian bathtub secara merata tanpa terkecuali. Tekanlah jeruk bali ini dengan tenaga yang kuat agar kotoran di permukaan bathtub hilang. Berikan perhatian yang lebih pada bagian-bagian sudut dan celah-celah. Lihat hasilnya dengan membilas bathtub tersebut dengan air bersih.

KLOSET

Faktanya memang kloset menjadi salah satu bagian dari kamar mandi yang mudah sekali kotor. Kendati Anda sudah membersihkannya hari ini, bukan tak mungkin kondisi kloset tersebut akan kotor sekali jika Anda tidak membersihkannya besok. Agar Anda lebih gampang dalam membersihkan kloset, gunakanlah campuran cuka putih dan baking soda dengan perbandingan 1:1. Tuangkanlah cairan ini ke permukaan kloset secara acak. Kemudian sikat permukaan kloset sampai bersih. Biarkan sekitar 30 menit agar cairan tersebut bekerja membunuh kuman. Terakhir, Anda bisa membilasnya dengan air bersih.

CERMIN

Cermin yang ada di kamar mandi sering kali terlihat berembun. Kondisi tersebut akan membuat desain kamar mandi Anda kelihatan tidak menarik. Keberadaan cermin yang seharusnya dapat mempercantik tampilan kamar mandi tetapi justru memperburuk desainnya karena Anda tidak menjaga kebersihanya dengan baik. Anda harus rutin membersihkan permukaan cermin tersebut supaya tetap tampil menarik. Untuk menyeka kabut uap air ini, Anda dapat menggunakan air teh atau alkohol. Bisa juga dengan cairan cuka dan air panas. Jangan lupa lap kembali permukaan cermin memakai kain microfiber ya.

KACA

Kamar mandi yang menggunakan shower umumnya dilengkapi dengan ruangan khusus sebagai tempat shower. Supaya lebih menarik dan berkelas, Anda bisa membuat tempat shower yang ditutup memakai kaca. Ruangan khusus untuk mandi dengan shower ini dapat Anda berikan partisi dari dinding kaca. Hal ini akan membuat suasana kamar mandi Anda jauh lebih mengesankan. Tapi Anda harus rajin mengelap permukaan kaca tersebut agar senantiasa tetap bersih ya. Gunakan kain microfiber dengan sabun kaca untuk membersihkannya. Anda harus mengelap kaca ini setiap hari.