7 Langkah : Menghilangkan Tungau di Kasur Sampai ke Telurnya!

Tungau merupakan hewan avertebrata berkaki delapan yang memiliki ukuran yang sangat kecil. Tungau ini berbeda dengan kutu. Bedanya dengan kutu, tungau tergolong dalam keluarga laba-laba. Sedangkan kutu tergolong ke dalam kelompok serangga. Keberadaan tungau ini di kasur bisa menjadi permasalahan yang serius lantaran dapat mengganggu kenyamanan waktu tidur Anda di rumah. Selain membuat tubuh terasa gatal, tungau juga sanggup menularkan penyakit-penyakit yang berbahaya. Oleh karena itu, wajib hukumnya bagi Anda untuk memastikan kasur Anda benar-benar terbebas dari tungau.

Tungau biasanya akan memasuki kamar tidur Anda manakala kondisinya kotor. Tungau ini akan datang ke kamar tidur Anda satu per satu. Kemudian dalam waktu yang relatif singkat, tungau tersebut beranak pinak sehingga jumlahnya pun akan menjadi semakin banyak. Akibatnya yaitu kondisi kamar tidur Anda menjadi buruk sekali. Kamar tidur Anda akan dipenuhi oleh tungau yang membuatnya menjadi tak sehat untuk dihuni. Anda harus mengatasinya dengan tepat supaya tungau tersebut lenyap. Anda tidak boleh memberinya ampunan sama sekali. Tapi bagaimana cara menghilangkan tungau di kamar tidur?

Anda bisa mengikuti panduan di bawah ini untuk mengatasi tungau yang tinggal di kamar tidur Anda. Ini merupakan solusi yang sangat praktis dan efektif yang patut Anda coba. Silakan Anda bisa mengerjakan di akhir pekan ya!

ALAT DAN BAHAN :

  • Deterjen
  • Sikat
  • Air
  • Air panas
  • Hairdryer
  • Kain lap

LANGKAH KERJA :

Keluarkan sprei, selimut, gorden, sarung bantal, kelambu, taplak meja, dan benda-benda berbahan kain lainnya yang ada di dalam kamar tidur. Apabila ada karpet yang menutupi area lantai, jangan lupa untuk ikut dikeluarkan supaya dibersihkan sekalian. Anda harus mengeluarkan semua benda yang terbuat dari kain ini. Mengapa? Sebab di sinilah tempat tinggalnya tungau. Tungau memang senang sekali membuat sarangnya di dalam benda-benda dari kain ini.

Cucilah dengan menyikati barang-barang yang terbuat dari kain menggunakan deterjen. Kemudian bilas di air mengalir sampai busa-busanya menghilang. Berikutnya barang-barang tersebut lantas direndam di air panas minimal selama 1 jam untuk mematikan tungau-tungau yang mungkin masih hidup. Air panas ini sangat efektif untuk membunuh tungau pada kain. Dengan demikian, sisa tungau yang terdapat pada benda tersebut akan benar-benar sirna tak tersisa.

Untuk karpet, Anda bisa mencucinya secara efisien dengan mengikuti panduan di sini. Disarankan untuk menjemur kedua sisi karpet tadi di bawah terik matahari langsung supaya kondisinya suci kembali. Anda membutuhkan trik khusus dalam mencuci karpet tersebut agar hasilnya bersih sempurna. Jika Anda mau hasilnya maksimal, maka Anda harus membersihkannya secara menyeluruh. Anda perlu menyikati kedua sisi karpet tersebut agar tidak ada lagi tungau di sana.

Kasur serta bantal juga perlu dijemur di tempat yang terbuka untuk menghilangkan tungau-tungau yang biasanya menghuni bagian sudut atau lipatannya. Pukul-pukul sedikit pada permukaan kasur dan bantal tersebut agar debunya rontok berterbangan, lalu menghilang. Sinar matahari ini memang sangat efektif dimanfaatkan untuk membersihkan kasur dan bantal. Cahaya alami tersebut mampu membunuh kuman dan bakteri yang tinggal di kasur/bantal.

Kalau bed cover yang Anda memiliki ukurannya cukup tebal, maka sebaiknya Anda memanaskan seluruh permukaannya memakai hairdryer dengan tingkat panas yang cukup tinggi. Ini adalah solusi yang praktis dalam membersihkan bed cover. Hati-hati saat melakukannya, jangan sampai hairdryer menggosongkan kasur kesayangan Anda. Namun kalau Anda mau sedikit repot, Anda dapat mencuci bed cover tersebut sampai bersih. Kemudian jemurlah di bawah terik matahari ya.

Sembari menunggu proses penjemuran barang-barang yang berbahan kain ini sudah selesai, serta bantal dan kasur yang Anda jemur pun dapat mengering dengan sempurna, ada baiknya Anda membersihkan ruangan kamar tidur. Berikanlah perhatian yang lebih pada celah-celah furnitur karena sering kali tungau lebih suka berada di tempat ini. Usahakan Anda juga mengelap perabotan-perabotan di kamar tidur tadi memakai cairan pembersih yang terbuat dari lysol.

Agar tungau tidak balik lagi ke dalam kamar tidur Anda, biasakan untuk mencuci sprei dan selimut setiap seminggu sekali. Jangan lupa untuk merendamnya di air panas pula. Dan yang paling penting yaitu Anda harus mandi memasuki kamar tidur. Pastikan tubuh Anda sudah bersih supaya tidak ada tungau ataupun serangga pengganggu lainnya yang ikut tinggal di dalam kamar tidur tersebut. Selain itu, Anda juga wajib membersihkan kamar tidur secara rutin ya.