Cara Membersihkan Keramik yang Kusam dengan Belimbing Wuluh

Ternyata untuk mengembalikan kilauan pada permukaan keramik lantai jauh lebih mudah dilakukan bila Anda menggunakan belimbung wuluh sebagai bahan pembersihnya loh. Yap, buah yang dikenal memiliki rasa yang sangat masam ini mempunyai getah yang bersifat asam sehingga ampuh mengangkat kotoran. Anda tidak usah repot-repot membeli cairan pembersih lantai yang justru akan membuang uang segala. Cukup gunakan saja buah belimbing wuluh yang biasa digunakan untuk membuat sayur asam ataupun pepes ikan ini sebagai bahan pembersihnya. Dijamin keramik pun akan berkilau lagi.

Keramik memang menjadi salah satu material penutup lantai yang paling populer di Indonesia. Rumah-rumah di sini banyak sekali yang menggunakan keramik untuk melengapi dekorasi rumahnya. Alasannya sebab keramik merupakan material yang harganya cukup terjangkau, memiliki variasi motif yang banyak, mudah dipasang, dan tersedia di semua toko bangunan. Begitu pula untuk perawatan lantai keramik ini termasuk cukup mudah dibandingkan material lantai yang lainnya. Begitu pula dalam kasus permukaan keramik yang nampak kusam, Anda bisa mengembalikannya cukup dengan belimbing wuluh.

Lantas, bagaimana sih caranya membersihkan keramik menggunakan belimbing wuluh itu? Sebenarnya mudah saja kok. Silakan Anda dapat mengikuti panduan langkah-langkahnya secara lengkap sesuai cara di bawah ini!

Alat dan Bahan :

  • Belimbing wuluh
  • Pisau cutter
  • Sikat gigi
  • Kain lap

Langkah-langkah :

  1. Kupaslah bagian kulit ari belimbing wuluh menggunakan pisau. Tujuannya agar buah belimbing tersebut lebih mudah dihancurkan dengan tangan pada saat proses pembersihan dilaksanakan. Di sini sebaiknya Anda menggunakan buah belimbing wuluh yang sudah cukup tua ya.
  2. Gosokkan belimbing wuluh tersebut ke permukaan keramik sambil sedikit ditekan agar buahnya hancur. Hal ini dimaksudkan supaya getah yang dikeluarkan oleh buah belimbing wuluh ini lebih banyak sehingga mampu menutupi seluruh permukaan keramik secara merata.
  3. Anda perlu membiarkan keramik tersebut selama kurang lebih 10 menit supaya getah belimbng bekerja. Kadar asam yang tinggi ampuh mengangkat noda membandel penyebab kusam. Selain itu, getah belimbing juga akan memastikan permukaan keramik bersih mengkilap.
  4. Untuk membantu menghilangkan kotoran pada bagian nat keramik, Anda dapat menggunakan sikat gigi. Gosoklah permukaan nat keramik tersebut memakai bantuan sikat dengan arah gerak yang seirama. Lakukan beberapa kali sampai permukaan nat terlihat lebih bersih.
  5. Sebagai langkah terakhir, jangan lupa bersihkan kembali permukaan keramik menggunakan kain lap basah untuk melihat hasilnya ya. Anda bisa mengepel lantai keramik tersebut menggunakan cairan pembersih khusus dengan tambahan bahan-bahan pewangi alami.

Sekarang marilah kita lihat hasilnya. Permukaan keramik pun menjadi lebih cerah dan mengkilap karena kotorannya sudah sirna. Sudah tidak ada lagi kotoran membandel yang menyelimuti permukaan keramik tersebut. Jadi sekarang giliran Anda untuk mencobanya ya. Semoga berhasil.