7 Jenis Tanaman yang Paling Cocok Ditanam di Roof Garden

Taman atap rumah dikenal pula dengan sebutan roof garden. Ini merupakan sebuah taman yang benar-benar dibangun di bagian atap suatu bangunan. Anda mungkin berencana untuk membuat roof garden dalam waktu dekat ini? Pekerjaan pertama yang mesti Anda lakukan salah satunya yaitu memilih pohon dan tumbuh-tumbuhan yang akan ditanam di taman tersebut. Roof garden akan tampil sempurna bila dihiasi dengan berbagai jenis tanaman hias yang beraneka warna dan rupa.

Pemilihan tanaman ini mutlak dilakukan dengan baik untuk menghadirkan ruangan hijau yang indah di sekitar rumah tinggal. Sebenarnya tujuan utama pembuatan roof garden ini bukanlah sekedar untuk memperindah rumah saja, tetapi juga menciptakan sebuah lingkungan tempat tinggal yang sehat serta berkualitas. Oleh sebab itu, pemilihan tanaman-tanaman yang akan menempatinya pun harus dilakukan secara bijaksana. Ada cukup banyak aspek yang perlu Anda pertimbangkan di sini.

Membuat taman atap memang tak semudah membuat taman biasa. Perlu observasi untuk mengetahui kualitas atap rumah, penyiapan lahan, sampai pemilihan tanaman. Alih-alih memperkaya desain taman atap yang cantik, jangan sampai atap rumah hancur akibat pertumbuhan tanaman yang tidak terkendali. Tanaman untuk roof garden mestilah terdiri atas tumbuh-tumbuhan yang memang aman ditanam dan ditumbuhkan di bagian atap rumah tersebut. Kami punya 7 tips untuk Anda perhatikan.

Tanaman Wajib Tahan Panas dan Air Hujan

Syarat utama tanaman yang cocok dipilih untuk ditanam di roof garden adalah tanaman tersebut harus memiliki daya tahan yang tinggi terhadap cuaca yang ekstrem. Kenapa? Sebba nantinya tanaman akan terpapar langsung oleh sinar matahari ataupun air hujan secara langsung. Apalagi lokasinya yang berada di ketinggian membuat tanaman tadi harus menanggunga ekstra cahaya mentari dan air hujan. Hal ini penting untuk diperhatikan mengingat lokasi pertumbuhan tanaman akan mempunyai jarak yang lebih dekat terhadap matahari dibandingkan taman biasa.

Pertumbuhan Akarnya Tak Membahayakan

Anda harus benar-benar memperhatikan keamanan struktur atap ke depannya sebelum merealisasikan impian memiliki roof garden. Jangan sampai deh keberadaan taman ini justru merusak atap bangunan. Selain struktur atap yang harus siap, pemilihan tanamannya pun harus tepat. Anda tak bolah menanam tumbuh-tumbuhan yang mempunyai sistem perakaran yang tumbuhnya menghujam ke arah bawah. Contohnya adalah pohon palem. Sebagai gantinya, Anda bisa menanam tumbuhan yang pertumbuhan akarnya menyebar seperti pohon pagoda.

Sebaiknya Tanaman yang Berbatang Lunak

Jenis tanaman yang paling cocok ditanam di roof garden ialah tanaman-tanaman yang memiliki batang lunak. Kelebihan memilih tanaman yang berbatang lunak adalah selain pertumbuhannya yang relatif lebih lamban, Anda pun dapat mengkreasikan batangnya supaya mempunyai bentuk desain dan pola tertentu yang menarik. Selain itu, tanaman jenis ini pun relatif aman dan tidak berbahaya bagi kualitas atap rumah. Tanaman ini tidak merusak struktur atap rumah. Contoh tanaman berbatang lunak adalah pandan kuning, aracea, lili paris, sambang darah, dan rulea.

Boleh Tanaman Berbatang Keras, Asalkan

Sebagai variasi, Anda boleh kok menanam beberapa tanaman yang memiliki batang keras. Kelebihan tanaman berbatang keras yaitu mempunyai daya tahan yang baik terhadap sinar terik dan curah hujan tinggi. Ditambah juga tanaman ini biasanya tidak membutuhkan air yang terlalu banyak sehingga lebih mudah dalam perawatannya. Usahakan dalam memilih tanaman jenis ini, pilihlah tanaman yang mampu menghasilkan buah sehingga akan menambah keindahan taman atap. Contoh tanaman berbatang keras adalah bougainville, jeruk, belimbing wuluh, cermai, dan kamboja.

Tanaman Langka Sebagai Pusat Primadona

Bukan cuma benda-benda unik saja yang efektif digunakan sebagai penghias ruangan yang menarik, tapi tanaman-tanaman yang unik mempunyai kemampuan yang sama. Tanaman unik dapat memiliki pesona yang luar biasa menarik serta mampu memikat hati semua orang yang melihatnya. Tanaman yang unik, salah satunya merupakan tanaman yang keberadaannya langka. Tanaman yang jarang dilihat oleh orang akan menghasilkan daya tarik yang jauh lebih tinggi. Contohnya seperti tanaman tin, cherry, kiwi, kurma, zaitun, bidara, blueberry, strawberry, bahkan tanaman vanili sekalipun.

Pertimbangkan Tanaman Berdaun Unik

Faktanya daun itu tidak cuma berbentuk bulat lonjong dan berwarna hijau saja loh. Tapi daun juga ada yang bentuknya hati, bundar, memanjang, atau bahkan berlubang-lubang. Begitu pun dengan warnanya, beberapa jenis tanaman mempunyai daun yang berwarna merah, hitam, cokelat, putih, kuning, jingga, dan sebagainya. Karena memiliki penampilan yang tidak biasa, tanaman yang berdaun unik ini kerap kali dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Nah, Anda dapat menanam tumbuh-tumbuhan tersebut di dalam roof garden. Misalnya yaitu aglaonema, begonia, monstera, sukulen, dan masih banyak lagi.

Tanaman Bunga Sebagai Penyempurna

Kehadiran bunga memang tidak bisa dipisahkan dari suatu taman. Bunga yang cantik dan wangi mampu menciptakan suasana roof garden yang begitu indah, nyaman, dan sedap dipandang. Jangan sampai melewatkan untuk menanam tumbuh-tumbuhan berbunga di taman atap milik Anda ya. Pilih tanaman bunga yang menjadi favorit Anda. Kalau bisa sih pilih tanaman yang memang rajin berbunga ya agar taman nampak memesona setiap hari. Contoh tanaman yang bisa Anda pilih antara lain mawar, melati, lili, anggrek, dahlia, asoka, bunga kertas, aster, anyelir, kembang sepatu, dan sebagainya.

Dapatkan aneka bibit tanaman segar dengan harga terjangkau di www.tokotanaman.com secara online!