10 Tips Membangun Desain Taman Minimalis di Rumah Sendiri

Pesona rumah minimalis akan semakin indah manakala dilengkapi dengan sebuah taman yang bergaya minimalis pula. Ibarat sebuah pakaian, taman merupakan aksesori yang sanggup membuat penampilan Anda kelihaan lebih menarik. Begitu juga dengan keberadaan taman di rumah tersebut yang notabene berfungsi sebagai asken/penghias. Anda dapat membangun sebuah taman minimalis di halaman bagian depan. Tak masalah apakah area yang tersedia berukuran kecil atau besar, Anda tetap bisa memakainya untuk merancang taman rumah minimalis di tempat tersebut.

Taman minimalis memang tak pernah kehilangan pesonanya. Bahkan sekarang taman minimalis ini kian disukai di tengah-tengah tren rumah minimalis yang terus semakin meningkat. Walaupun mempunyai tampilan yang sederhana, tetapi taman minimalis nampak begitu elegan, mewah, dan berkelas. Hal ini tidak terlepas dari kreativitas dalam membangunnya. Kreativitas yang dibutuhkan saat membuat taman minimalis ini memang lebih banyak. Sehingga meskipun taman tersebut nampak sederhana, tapi pesona serta daya tarik yang dimilikinya begitu indah dan kuat sekali.

Dengan pesona yang dimilikinya tersebut, maka tak heran bila taman minimalis mempunyai penggemar yang banyak sekali. Salah satunya adalah Anda yang memang ingin membuat sebuah taman minimalis di rumah pribadi. Taman minimalis memang begitu indah sekaligus unik. Taman ini mempunyai pesona yang luar biasa dengan keunikan yang dimilikinya. Jika mau, Anda bisa mewujudkan impian memiliki taman minimalis menjadi sebuah kenyataan. Anda dapat menciptakan rumah minimalis dengan usaha sendiri loh. Silakan simak baik-baik 10 tips di bawah ini ya!

  1. Konsep Dasar Desain Taman Minimalis

Taman minimalis pada dasarnya cocok sekali diterapkan oleh Anda yang memang mencintai kebersihan dan kerapian serta perawatan yang sederhana. Konsep ini banyak digunakan pada lingkungan perkotaan yang mayoritas penduduknya sangat sibuk. Mulai dari para pebisnis muda, penggemar rumah minimalis, sampai mereka yang sering meninggalkan rumahnya. Orang-orang ini cenderung lebih menyukai jenis-jenis tanaman yang mudah dirawat. Selain soal tanaman, taman minimalis biasanya juga dihiasi dengan patung dan kolam air. Penghiasan taman dilakukan untuk menciptakan nuansa yang unik.

  1. Menghias Taman dengan Ornamen

Proses perancangan taman minimalis dilakukan secara efektif untuk memanfaatkan ruang kosong yang tersedia di depan rumah. Sebenarnya Anda hanya membutuhkan sedikit tanah untuk membuat taman tersebut. Anda juga hanya memerlukan sedikit tanaman di sini. Namun hasilnya tetap kelihatan menarik sekali karena proses penghiasan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya memakai ornamen-ornamen yang bentuknya unik. Anda bisa membuat beberapa bentuk lanskap yang unik untuk memaksimalkan desain taman dan melengkapi keindahan tumbuh-tumbuhan yang ada.

  1. Menciptakan Lanskap yang Menarik

Memilih tanaman hias yang tepat memang merupakan kunci utama dari pembuatan taman minimalis. Akan tetapi, Anda juga membutuhkan sebuah lanskap yang bisa tampil di depan serta mampu mengikat suasana taman tersebut. Lanskap inilah yang sejatinya menjadi focal point dari sebuah taman bergaya minimalis. Anda bisa membuat lanskap alami dari tumbuh-tumbuhan atau sebuah lanskap yang terbuat dari beton. Buatlah sebuah taman yang nampak begitu unik dan bergaya, tapi tetap mengandung unsur minimalis, sederhana, dan modern.

  1. Gunakan Material Baku yang Sama

Proses pembuatan desain taman minimalis memerlukan trik tersendiri yang berbeda dari desain lainnya. Bahkan desain minimalis ini berkebalikan dengan desain klasik yang memiliki kaidah-kaidah yang sangat kompleks. Sejatinya desain minimalis ini bersifat bebas namun tetap memerlukan trik khusus pada saat Anda mendesainnya. Contohnya pada pembuatan patung dan tembok usahakan memakai material baku yang sama. Fungsi penggunaan material yang sama adalah agar keindahan patung juga bisa mengalir ke seluruh tembok yang mengelilinginya.

  1. Atur Pencahayaan di Dalam Taman

Aturlah tata letak pencahayaan taman di sekitar teras untuk mempercantik nuansa taman di kala senja datang. Pencahayaan ini begitu penting bagi taman minimalis, baik sebagai sumber penerangan maupun memperindah tampilan taman tersebut. Hal ini akan menjadikan taman terlihat sempurna ketika siang sampai malam hari. Untungnya sekarang sudah ada berbagai jenis lampu yang dapat Anda manfaatkan untuk mendukung keindahan taman minimalis. Anda bisa menggunakan lampu yang mempunyai cahaya berwarna putih supaya taman nampak begitu modern.

  1. Air untuk Menciptakan Ketenangan

Salah satu cara yang ampuh digunakan untuk menciptakan suasana yang menenangkan di dalam suatu taman ialah menggunakan ornamen. Anda juga bisa membangun taman minimalis yang ideal memakai fitur air. Aliran air yang tenang mampu menghasilkan area refleksi yang menenangkan dan bagus untuk tempat meditasi. Keberadaan ornamen air ini juga bisa menghapus kesan kaku yang biasanya terdapat pada taman minimalis. Silakan Anda bisa menghadirkan air ini dalam bentuk kolam, air mancur, ataupun air terjun yang menjadi background taman.

  1. Carilah Inspirasi Lewat Mana Saja

Berhubung desain taman minimalis saat ini sedang begitu booming, maka seharusnya tak akan sulit bagi Anda untu mencari inspirasinya di kehidupan nyata. Melihat gambar-gambar desain taman di internet memang lebih mudah. Sayangnya Anda hanya bisa menikmati keindahan gambar tersebut tanpa mampu merasakan suasana taman yang sesungguhnya. Jadi penting sekali bagi Anda untuk mencari inspirasi di kehidupan nyata tentang desain taman minimalis ini. Pada dasarnya, taman minimalis ialah taman yang modern, sederhana, unik, dan berkelas.

  1. Memakai Material-material Keras

Baja, kayu, kaca dan beton merupakan bahan-bahan yang sering digunakan untuk mendesain taman minimalis. Sayangnya material-material ini terlihat kaku dan dingin apabila berdiri sendiri-sendiri. Oleh karena itu, Anda bisa memadukannya satu sama lain supaya pesonanya terasa semakin hangat dan juga lebih mengundang. Sebagai contoh nih, Anda bisa memaksimalkan fungsi kayu, sedangkan besi dibentuk bergelombang untuk menciptakan fokus taman. serta cermin digunakan untuk permainan cahaya agar kesan luas di taman tersebut bisa muncul.

  1. Tanamlah Tumbuhan Secara Horizontal

Taman minimalis memiliki ciri khas yaitu suasana yang rapi. Hal ini tidak terlepas dari pola penanaman tumbuh-tumbuhan di dalamnya yang berbentuk horizontal. Tidak hanya semak yang bisa Anda tanam dengan pola ini, tetapi juga pepohonan seperti pakis dan cemara. Keuntungan lain dari sistem tanam seperti ini adalah kemampuan akar tanaman dalam menahan air di dalam tanah jauh lebih besar dan mampu menekan pertumbuhan gulma di sekitarnya. Sehingga taman tersebut tidak perlu mendapatkan perawatan yang terlalu rumit.

  1. Hati-hati Menata Area Depan dan Belakang

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan pada taman minimalis adalah membuat barisan depan dan belakang nampak simetris. Sebetulnya hal ini tidak perlu dilakukan sebab taman akan terlihat tidak dinamis jika menggunakan pola simetris ini. Ingat, taman minimalis pada dasarnya sudah terlihat cukup kaku. Jadi sebaiknya Anda jangan membuatnya semakin kaku dengan mengaplikasikan desain taman yang simetris antara bagian depan dan belakangnya. Untuk memunculkan pola yang asimetris, Anda bisa menambahkan patung dan kolam tepat di tengah-tengah area taman.