6 Langkah : Panduan Mengatasi Dinding Rembes dengan Mudah

Memang rasanya mengesalkan sekali ya melihat dinding yang sudah kita cat dengan bagus sekali namun tiba-tiba luntur akibat rembesan yang menimpa pada dinding. Mau Anda cat secantik apapun dinding ini tetap saja akan terlihat jelek sebab lapisan cat dindingnya selalu luntur lagi dan lagi. Maka dari itu, Anda harus mengatasi masalah dinding yang rembes tersebut terlebih dahulu. Masalah dinding yang rembes ini harus ditangani sampai tuntas sebelum Anda melakukan pengecatan ulang. Sebab kalau tidak, maka hasilnya pasti akan selalu sama. Lapisan dinding tersebut pasti akan cepat luntur lagi.

Perlu Anda ketahui, faktor-faktor yang menyebabkanya timbulnya rembesan air di dinding rumah ini ada bermacam-macam. Kadang-kadang rembesan tersebut berasal dari air tanah yang naik melalui pori-pori di dalam tembok. Ingat, salah satu sifat air adalah dapat meresap melalui celah-celah kecil (kapilaritas). Saat jumlah air di dalam dinding sudah cukup banyak, pada akhirnya air tersebut akan merembes keluar. Faktor lainnya yang dapat menyebabkan dinding menjadi rembes adalah terpaan air hujan pada dinding bagian luar yang merembes masuk ke dalam akibat jumlah airnya yang sudah terlalu banyak.

Selain faktor-faktor di atas, penyebab dinding menjadi rembes yang selanjutnya yaitu dinding tersebut berbatasan langsung dengan area-area yang selalu dalam keadaan basah. Misalnya suatu ruangan yang berhimpitan secara langsung dengan kamar mandi, maka kemungkinan besarnya permukaan dinding ini juga terkena masalah rembesan air. Adanya keretakan yang menimpa suatu dinding bahkan lebih rawan lagi dalam menimbulkan kondisinya selalu basah. Anda harus mengatasi masalah dinding yang rembes ini dengan tuntas. Barulah kemudian Anda bisa melakukan proses pengecatan ulang.

Guna mengatasi masalah dinding yang rembes tersebut, Anda dapat mengikuti panduan kerja di bawah ini!

Alat dan Bahan :

  • Cat pelapis antibocor
  • Cat dinding
  • Adukan semen
  • Cetok
  • Roller cat

Langkah-langkah :

  1. Mulailah dengan mencari tahu terlebih dahulu penyebab utama mengapa sih rembesan air bisa sampai terjadi di dinding rumah Anda. Carilah kemungkinan penyebab-penyebabnya sebanyak mungkin. Lantas, Anda bisa melakukan identifikasi yang tepat untuk mengatasinya.
  2. Lakukan upaya perbaikan terhadap masalah utama yang menyebabkan dinding menjadi rembes. Cara memperbaikinya tentu dilakukan berdasarkan biang kerok si masalahnya. Silakan Anda bisa mencari solusinya di website ini. Kami sudah membahas semuanya secara lengkap.
  3. Apabila terdapat kerusakan atau keretakan yang terjadi di dinding, Anda bisa memperbaikinya terlebih dahulu dengan mengupasnya. Lalu berikan finishing ulang secara menyeluruh. Lakukan pekerjaan ini dengan cermat seperti yang sudah kami bahas pada artikel sebelumnya.
  4. Trik yang paling gampang dilakukan untuk menambal sumber kebocoran pada dinding sehingga menyebabkan rembesan ialah menambalnya menggunakan cat pelapis antibocor. Silakan Anda aplikasikan cat tersebut secara merata di kedua sisi permukaan dinding.
  5. Tunggulah beberapa saat sampai lapisan tambalan yang sudah Anda berikan ke dinding benar-benar mengering dengan sempurna. Anda tidak boleh mengecat dinding yang masih lembab. Sebab mengecat dinding lembab justru akan menimbulkan masalah yang baru.
  6. Sebagai langkah terakhir ialah Anda dapat mewarnai dinding tersebut menggunakan cat dinding sesuai selera Anda. Pastikan cat ini sudah diencerkan terlebih dahulu supaya hasil warna yang keluar tidak belang-belang. Lakukan proses pengecatan dengan benar.

Sekarang silakan Anda mempraktekannya sendiri di rumah ya!