Cara Memperbaiki Bak Mandi Keramik dan Fiber yang Bocor

Kamar mandi merupakan salah satu ruangan yang wajib ada di rumah Anda. Di sini Anda sekeluarga bisa membersihkan diri menggunakan air yang begitu menyegarkan. Kebanyakan rumah-rumah di Indonesia  lebih suka memakai bak mandi daripada shower ataupun bathtub. Bak mandi memungkinkan kita dapat mandi dengan air yang lebih banyak sehingga rasanya lebih menyegarkan. Bak mandi ini pada dasarnya memiliki fungsi sebagai wadah untuk menampung air. Di sini Anda bisa menyimpan air dari keran dalam jumlah yang cukup banyak untuk digunakan pada saat mandi nanti.

Ada dua jenis bak mandi berdasarkan bahan baku pembuatnya yaitu bak mandi keramik serta bak mandi fiber. Bak mandi keramik merupakan bak yang terbuat dari pasangan bata yang diberi finishing dari keramik. Bak ini umumnya dibuat sendiri menggunakan jasa tukang bangunan. Sementara itu bak mandi fiber ialah bak yang terbuat dari bahan fiber. Bak ini dibuat oleh pabrik. Jadi Anda hanya perlu  memasangnya saja di kamar mandi. Silakan Anda dapat memilihnya sesuai selera dan kebutuhan sebab masing-masing dari bak tersebut mempunyai plus minusnya sendiri.

Tetapi bak mandi keramik dan bak mandi fiber sama-sama dapat mengalami kebocoran. Kasus bak mandi yang bocor ini biasanya disebabkan oleh tekanan air di dalamnya yang terlalu besar atau aliran air yang berasal dari keran yang terlalu kencang. Penyebab kebocoran yang selanjutnya dapat juga timbul karena mutu bahan baku untuk membuat bak mandi tersebut yang mempunyai kualitas yang rendah. Sehingga struktur bak mandi pun tidak mampu menopang kekuatan air lagi sampai menimbulkan kasus kebocoran. Anda harus segera memperbaiki kebocoran tersebut.

Antara bak mandi yang terbuat dari keramik serta fiber, penanganan kebocorannya agak berbeda. Namun secara garis besar, proses perbaikannya cukup mudah dilakukan. Bahkan kalau mau, Anda dapat mengerjakannya sendiri loh.

Memperbaiki Bak Mandi Keramik yang Bocor

Mengatasi kebocoran pada bak mandi yang terbuat dari keramik bisa dibilang sangat mudah. Mengingat hampir mustahil suatu keramik itu bisa mengalami bocor sehingga Anda dapat memastikan jikalau letak titik kebocorannya pasti terdapat pada bagian nat keramik tersebut. Tugas Anda sekarang yaitu mencari bagian bak yang bocor, kemudian menambalnya dengan tuntas. Berikut ini panduan selengkapnya untuk memperbaiki masalah tersebut yang bisa Anda coba sendiri.

Alat dan Bahan :

  • Waterproofing
  • Semen
  • Air
  • Kuas
  • Ember kecil

Cara Memperbaiki :

  1. Mulailah dengan menguras bak mandi terlebih dulu hingga air di dalamnya kosong. Anda mesti menunggunya sampai ari di bak benar-benar habis ya.
  2. Masukkan waterproofing secukupnya ke dalam suatu ember yang berukuran kecil. Anda juga bisa menambahkan semen yang diencerkan dengan air.
  3. Oleskan adukan waterproofing dan semen ini ke seluruh permukaan nat memakai kuas. Berikan sedikit tekanan agar adukan ini bisa masuk ke celah-celah lubang kebocoran.
  4. Lakukan proses penerapan adukan waterproofing paling tidak sebanyak tiga lapisan agar lubang kebocorannya benar-benar tertutup. Setiap lapisan diberi jeda selama 10 menit.
  5. Jangan lupa untuk mengolesi permukaan luar bak mandi juga dengan adukan waterproofing dan semen ini juga ya. Sama seperti sebelumnya, Anda juga perlu melakukan sebanyak 3 lapisan.
  6. Jika terdapat keramik yang mengalami keretakan, maka perbaikan satu-satunya harus dilakukan melalui pembongkaran. Selanjutnya bidang bak yang telah dibongkar tersebut dibangun kembali menggunakan adukan semen dan material yang lebih baik.

Memperbaiki Bak Mandi Fiberglas yang Bocor

Untuk kasus bak mandi berbahan fiber yang mengalami kebocoran, maka penangannya agak sulit dibandingkan dengan bak mandi keramik. Kesulitan yang paling utama di saat kita mencari di mana saja titik-titik kebocoran yang terdapat pada bak mandi tersebut. Anda harus mencarinya dengan cermat dan teliti supaya bisa menemukan semuat titik kebocorannya dengan tepat. Barulah kemudian Anda dapat melakukan upaya-upaya perbaikan untuk menambalnya. Silakan Anda mengikuti panduan di bawah ini!

Alat dan Bahan :

  • Cutter
  • Lem silikon
  • Waterproofing
  • Pensil

Cara Memperbaiki :

  1. Isilah bak mandi Anda dengan air hingga penuh. Perhatikan dari titik mana saja air di bak dapat mengalir keluar. Bila memungkinkan, tandai titik-titik kebocoran tersebut memakai pensil.
  2. Sumber kebocoran juga bisa berasal dari dinding bak mandi yang retak. Jadi Anda harus melihat dan memperperhatikan seluruh bagian bak tersebut dengan sangat teliti.
  3. Kupaslah permukaan bak yang telah ditandai memakai cutter. Tidak perlu terlalu besar. Cukup seukuran kuku jari. Hal ini bertujuan agar penambalan bisa dilakukan lebih mudah dan rapi.
  4. Terapkanlah lem silikon pada bagian yang telah dikupas Anda tadi. Pastikan pemberian lem ini dilakukan hingga l berhasil masuk ke dalam rongga tengah dan menembus ke sisi lawannya.
  5. Tunggu agar lem mengering. Lantas ratakan bekas lem yang timbul ke permukaan bak memakai cutter. Lakukan dengan hati-hati agar penambalan yang Anda lakukan terlihat lebih rapi.
  6. Sebagai langkah yang terakhir, Anda dapat melapisi bagian tambalan pada bak mandi tersebut menggunakan waterproofing agar tidak mudah dijebol oleh air.

Sekarang pekerjaan Anda sudah selesai. Silakan Anda bisa mencobanya sendiri di rumah ya!