Ciri-ciri Septic Tank Penuh, Tanda Anda Harus Panggil Sedot WC

Seperti kita tahu, septic tank berfungsi sebagai tempat penampungan serta pengolahan limbah manusia. Setiap hari limbah yang masuk melalui kloset bakal dipindahkan menuju ke dalam septic tank ini melalui pipa. Semakin bertambahnya usia pakai septic tank tersebut, maka jumlah limbah yang ada di dalamnya pun akan semakin banyak. Apalagi jika sistem pengolahan limbah di dalamnya tak berjalan dengan baik, maka kapasitasnya pasti bakal cepat penuh. Anda harus mengatasi masalah tersebut sesegera mungkin supaya septic tank tadi bisa digunakan dengan normal kembali.

Septic tank penuh merupakan salah satu masalah yang paling berbahaya di rumah loh. Mengapa? Sebab septic tank yang kapasitas volumenya telah terlalu penuh ini mengakibatkan Anda sama sekali tidak bisa menggunakan kloset. Sedangkan Anda sekeluarga harus membuang kotoran setiap hari. Jadi perbaikan masalah ini harus dilakukan secepat mungkin sebelum masalahnya semakin bertambah parah. Penyebab utamanya ialah kurangnya perawatan terhadap septic tank tersebut sehingga bakteri di dalamnya tidak dapat mengolah limbah sesuai perencanaan. Akibatnya septic tank pun cepat penuh.

Tappi sayangnya tak ada solusi lain untuk mengatasi masalah ini selain menyedot isi di dalam septic tank tersebut. Anda tinggal menghubungi jasa sedot wc terdekat, kemudian meminta bantuan mereka untuk menyedot habis isi kotoran yang terdapat di dalam septic tank. Mereka benar-benar mampu menyedot seluruh kapasitas septic tank tersebut sampai kosong kembali. Namun sebelum Anda menghubungi jasa sedot wc tersebut, alangkah baiknya jika Anda memastikan terlebih dahulu bahwa memang septic tank di rumah Anda sudah penuh. Sehingga biaya yang Anda keluarkan pun berfungsi dengan maksimal.

Apabila Anda memperhatikan dengan baik, sebenarnya ada loh ciri-ciri yang ditunjukkan oleh septic tank manakala kapasitas di dalamnya sudah terisi penuh. Supaya lebih mudah mendeteksinya, Anda bahkan bisa mengetahui kondisi septic tank tersebut apakah sudah penuh atau tidak melalui tanda-tanda yang terdapat pada kloset maupun saluran pembuangan gas sisa. Jikalau Anda mengalaminya di rumah, maka kami sangat menyarankan untuk menghubungi jasa sedot wc terbaik untuk mengatasi masalah tersebut. Jangan menunggu sampai masalahnya semakin parah ya.

Di bawah ini merupakan 3 tanda utama sebagai ciri-ciri septic tank yang sudah penuh, antara lain :

Genangan Air Turun Perlahan

Apakah Anda memang sudah yakin kalau kondisi septic tank di rumah sudah penuh? Untuk memastikan anggapan tersebut, cobalah menyiram kloset menggunakan air secukupnya. Kalau genangan air di kloset tersebut bisa berkurang secara perlahan-lahan tetapi pasti, ini merupakan tanda kuat bahwa septic tank tersebut memang sudah benar-benar penuh. Namun bila genangan air di kloset tadi sama sekali tak mau berkurang ataupun berkurang tetapi alirannya lambat sekali, maka kemungkinan besar sumber masalah ini cuma berasal dari saluran pipanya yang tersumbat. Anda bisa mengatasinya tanpa perlu sedot wc.

Tiba-tiba Muncul Limbah di Kloset

Suatu hari ketika Anda masuk ke dalam kamar mandi, Anda mendapatkan ada limbah yang tergenang di dalam kloset. Kemudian Anda pun menanyakan ke seluruh penghuni rumah mengenai asal-usul limbah tersebut sebab barang kali ada yang lupa menyiramnya. Namun mereka semua mengatakan sejujurnya bahwa tidak ada satu pun yang baru saja membuang limbah. Limbah tersebut keluar sendiri dari dalam kloset. Masalah ini memang bisa saja terjadi kok. Salah satu penyebab masalah tersebut ialah penuhnya kapasitas septic tank sehingga menyebabkan limbah yang sudah masuk akan dikeluarkan kembali.

Aroma Busuk yang Sangat Menyengat

Septic tank yang baik selalu dilengkapi dengan pipa khusus sebagai saluran ventilasi udaranya. Kegunaan saluran ini yaitu untuk memasukkan oksigen yang dibutuhkan oleh bakteri untuk berkembang biak, serta mengeluarkan sisa pengolahan limbah dalam bentuk gas. Jadi jangan heran kalau udara yang keluar dari saluran tersebut akan tercium busuk. Sebab memang udara tersebut merupakan gas yang terbentuk dari sisa pengolahan limbah di dalam septic tank. Namun bila udara yang keluar dari saluran ini sudah terlalu menyengat dan timbul bau septic tank yang sangat busuk, maka salah satu penyebabnya yaitu kapasitas limbah di dalam septic tank tersebut sudah penuh. Anda harus segera menyedotnya.