Solusi Membersihkan Jendela Kaca yang Berdebu agar Mengkilap

Membersihkan jendela rumah harus dilakukan secara berkala supaya pesonanya tetap berkilau. Desain jendela yang kondisinya bersih tentu akan terlihat lebih indah dan menarik daripada jendela yang kotor. Terlebih fungsi utama jendela sebagai ventilasi udara dan cahaya pun dapat terus dipertahankan apabila kondisinya senantiasa bersih. Sinar matahari dan juga udara yang segar bisa menembus jendela tersebut dengan maksimal. Tentunya kondisi jendela yang bersih ini juga mampu mendukung desain rumah Anda secara keseluruhan. Penampilan rumah pun akan terlihat menarik dengan jendela yang bersih.

Tetapi sayangnya membersihkan jendela, walaupun kelihatan mudah, namun kadang-kadang kita enggan mengerjakannya. Apalagi kalau permukaan jendela tersebut mudah sekali kotor, maka Anda pun merasa semakin malas untuk membersihkannya. Karena setiap kali jendela tersebut dibersihkan, maka tak lama kemudian kondisinya pun akan langsung kotor lagi. Sehingga lama-kelamaan Anda merasa malas sendiri untuk membersihkan jendela tersebut. Oleh sebab itu, Anda perlu cara yang tepat untuk membersihkan jendela yang ampuh supaya kebersihannya tetap terjaga dalam waktu yang lebih lama.

Lantas, bagaimana caranya membersihkan jendela bagian luar dan dalam agar kondisinya tetap bersih dalam waktu yang lama serta tidak gampang kotor lagi? Kami mempunyai solusinya yang tepat untuk Anda.

Alat dan Bahan :

  • Kain lap bersih
  • Squeegee (alat pembersih kaca)
  • Busa/spons
  • Kemoceng
  • Botol spray
  • Ember
  • Cuka putih
  • Air hangat
  • Tepung jagung

Langkah-langkah :

  1. Buatlah cairan pembersih dari campuran air hangat, cuka putih, dan tepung jagung secukupnya. Kemudian masukkan sebagian cairan ini ke dalam botol spray dan biarkan sisanya tetap di dalam ember. Cairan yang ada di botol ini dapat digunakan untuk membersihkan jendela bagian dalam agar interior tidak basah. Sedangkan satunya lagi untuk membersihkan bagian luar.
  2. Bersihkan seluruh permukaan jendela memakai kemoceng terlebih dahulu untuk menghilangkan debu-debu yang mengotori permukaannya. Berikanlah perhatian yang lebih di bagian pinggiran jendela dan kusen karena pada bagian sudut-sudut ini biasanya banyak debu yang mengumpul dan menempel sangat kuat. Anda harus membersihkannya dengan tuntas.
  3. Sebaiknya pembersihan jendela dilakukan mulai dari bagian dalamnya terlebih dahulu. Adapun caranya yaitu semprotkan cairan pembersih tadi ke permukaan jendela. Lalu, bersihkan jendela tersebut menggunakan squeegee. Biar hasilnya bersih bersinar, jangan lupa keringkan squeegee dengan kain lap setiap kali digunakan untuk menghapus satu bagian permukaan kaca.
  4. Untuk membersihkan jendela bagian luar, Anda dapat memakai bantuan spons terlebih dahulu. Mula-mula celupkanlah spons tersebut ke ember berisi cairan pembersih. Peraslah sedikit spons agar tidak terlalu berair. Selanjutnya, gosokkan spons ini ke permukaan jendela terutama bagian sudutnya. Anda pun perlu memakai squeegee pada tahap terakhir agar jendela kembali jernih.
  5. Kadang-kadang bagian tepi jendela dan kusen sering menjadi tempat berkumpulnya air bekas pembersihan. Jika Anda membiarkan kusen tersebut tetap lembab, hal ini mampu menyebabkan kondisinya berjamur. Maka solusinya, jangan lupa menyeka kembali bagian-bagian jendela yang berbahan kayu ini dengan kain lap untuk mengeringkannya. Kerjakan dengan sungguh-sungguh.

Membersihkan jendela sebaiknya dikerjakan setiap hari atau setidak-tidaknya seminggu sekali. Karena bagaimanapun juga, jendela merupakan elemen yang penting pada desain eksterior rumah. Jendela ini menjadi salah satu focal point dari dekorasi rumah Anda pada bagian luarnya. Itu sebabnya, Anda harus betul-betul memperhatikan kondisi rumah tersebut dan kebersihannya. Jendela yang bersih tentu akan terlihat begitu memesona. Penampilan jendela tersebut nampak menarik sekali.