Cara Mengusir Curut Secara Ampuh agar Tidak Masuk Rumah

Meskipun curut tergolong hewan bertubuh kecil, tetapi seekor curut saja mampu menyebabkan kekacauan dan kerusakan pada seisi rumah Anda. Jika Anda ingin mengusir hewan pengerat ini, tentu Anda sudah mencari tahu beberapa cara yang biasa dipakai sebelumnya kan? Salah satu di antaranya adalah dengan memanfaatkan racun dan perangkap curut.

Penggunaan racun curut sangat tidak kami sarankan karena berbahaya bagi anak-anak dan hewan peliharaan. Begitu pula pada penggunaan jebakan/perangkap, di mana Anda nantinya mau tidak mau harus berdekatan dengan curut yang tertangkap. Tidak menutup kemungkinan, curut tersebut bisa menularkan suatu penyakit ke tubuh Anda.

Jadi, cara paling mudah dan aman untuk menyingkirkan curut adalah dengan membuat mereka tidak kerasan di tempat tinggal kita. Bagaimana caranya?

Menciptakan Suasana Rumah yang Dibenci Curut

Cara termudah untuk memastikan rumah Anda bebas curut adalah dengan membuat curut-curut tersebut tidak berminat masuk ke rumah Anda. Seperti kita tahu, curut tidak hanya menyukai tempat yang kotor, tetapi mereka juga mengincar makanan dan membuat sarang di rumah kita.

Oleh karena itu, Anda bisa mempersulit curut untuk mendapatkan apa yang diinginkannya itu. Biasakanlah menyimpan semua hidangan dan bumbu-bumbu yang Anda miliki dalam suatu wadah berbahan dari logam. Pastikan juga curut tidak bisa membuat sarang di dalam rumah Anda dengan menyimpan semua kain, plastik, karpet, dan selimut di kotak dari logam berat. Hindari memakai tempat penyimpanan dari kardus dan kotak plastik karena curut mampu menggerogotinya.

Memakai Bahan Alami

Secara alami, curut benci dengan aroma cengkeh, cabai rawit, dan daun mint. Sehingga, Anda bisa memakai bahan-bahan ini sebagai pengusir curut alami. Adapun cara mengolahnya cukup dengan menumbuk salah satu dari bahan di atas sampai keluar air sarinya. Lantas, buatlah butiran-butiran kapas yang berukuran kecil. Setelah itu, oleskan butiran kapas ini ke dalam sari yang telah dibuat tadi.

Alternatif lain adalah dengan mengeringkan cabai rawit, daun mint, dan cengkeh ini. Kemudian bungkus dengan kain dan taruh di tempat-tempat penyimpanan untuk mengusir curut.

Menggunakan Zat Amonia

Amonia merupakan suatu zat kimia yang memiliki bau seperti urin. Amonia ini ampuh untuk menipu curut agar mereka mengira ada curut raksasa yang tinggal di rumah kita. Caranya adalah dengan menaruh segelas amonia di beberapa sudut yang strategis sehingga curut-curut tidak berani mendekatinya.

Memanfaatkan Pelembut Kain

Anda pasti tidak pernah menyangka jika pelembut kain bisa digunakan untuk mengusir curut dengan mudah? Kebalikan dari amonia, pelembut kain mempunyai aroma wangi yang sangat kuat. Faktanya, curut justru tidak menyukai aroma dari pelembut pakaian ini.

Adapun penggunaannya masih sama seperti amonia, yakni dengan menaruhnya ke wadah kecil. Lalu, tempatkan wadah ini di daerah yang biasa dilalui oleh curut. Niscaya curut enggan lagi melewati tempat tersebut karena penciumannya akan terganggu.

Gelombang Suara Elektromagnetik

Produk terbaru dari jebakan curut paling modern berupa alat yang mampu menghasilkan suatu gelombang elektromagnetik. Nah, gelombang inilah yang akan mengganggu pendengaran curut-curut yang berada di sekitarnya. Sehingga mereka pun tidak akan berani lagi berjalan lebih dekat ke arah sumber gelombang tadi.

Meskipun begitu, beberapa orang mengaku alat ini tidak bekerja efektif di rumah mereka. Namun, banyak juga yang telah merasakan keampuhan dari alat ini sehingga rumahnya bebas dari curut. Mungkin, jumlah dan kondisi rumah juga berpengaruh terhadap keberhasilan Anda mengusir curut dengan memakai alat ini.