Cara Merawat Lantai Marmer agar Terlihat Selalu Kinclong

Anda bisa membangun rumah dengan desain sesuka hati sebab saat ini sudah ada banyak sekali material bangunan yang dapat mendukung terwujudnya rumah impian Anda tersebut. Jika Anda termasuk salah seorang penggemar desain rumah yang bergaya mewah nan elegan, maka marmer adalah material yang wajib Anda pakai. Marmer mempunyai pesona yang indah sekali dengan warna, corak, dan kilauan yang sangat menarik. Oleh karena itu, marmer wajib Anda gunakan manakala ingin membuat dekorasi rumah mewah. Material ini akan bekerja bagus di sini.

Bahan marmer ini paling banyak diaplikasikan pada lantai interior rumah. Pesona dari lantai yang satu ini seketika akan menciptakan nuansa penuh kemewahan di dalam tempat tinggal Anda. Kalau ingin tampil berbeda dan unik, tidak ada salahnya kok memasang marmer di dinding ruangan. Sekarang juga sedang menjadi tren sebuah meja dapur yang dihiasi dengan marmer di bagian atasnya. Struktur marmer yang sangat kuat dengan pori-pori yang ukurannya super kecil membuat material tersebut bersifat anti-gores, awet, tahan terhadap tekanan, dan mudah dibersihkan.

Proses perawatan terhadap marmer harus dilakukan secara menyeluruh. Anda tak boleh hanya sekadar membersihkan permukaannya yang kotor saja. Tetapi lebih dari itu, Anda juga harus menjaganya supaya kondisi marmer tersebut senantiasa bersih berkilau setiap saat. Jangan sampai deh struktur rumah Anda yang terbuat dari marmer ini kehilangan pesonanya akibat tampilannya yang kusam. Kalau sudah begini, Anda sendiri yang akan menyesal nantinya. Sebab mengkilapkan lantai marmer agar berkilau kembali itu jauh lebih susah dibandingkan merawatnya secara rutin.

Setidaknya terdapat 3 pekerjaan utama yang perlu Anda laksanakan dengan baik supaya lantai marmer di rumah Anda tetap berkilau. Anda bisa membersihkannya setiap hari, memastikan tidak ada kotoran di atas lantai tersebut, dan memanfaatkan bahan-bahan pembersih yang alami untuk menjaga kondisinya.

Mengelap Permukaan Marmer Setiap Hari

Wajib hukumnya membersihkan permukaan lantai marmer ini setiap hari menggunakan kain lap sampai bersih. Anda bisa menyeka seluruh bagian dari permukaan marmer tersebut hingga ke sudut-sudutnya. Hindari perilaku malas atau ogah-ogahan kalau ingin tampilan rumah Anda senantiasa indah ya. Jangan pernah pula membiarkan kotoran berada di atas permukaan marmer ini terlalu lama sehingga menjadi noda yang membandel. Permukaan marmer yang bersih tidak hanya akan sedap di pandang mata, tetapi juga dapat mendukung kesehatan Anda sekeluarga.

Pada dasarnya, lantai marmer mempunyai struktur yang sangat kuat. Sehingga tidak diperlukan kiat-kiat khusus untuk membersihkan lantai marmer ini. Anda dapat memulainya dengan menyapu permukaan lantai untuk menghilangkan partikel-partikel debu dan kotoran yang ada di sini. Jika ada vacuum cleaner, Anda juga dapat memanfaatkannya agar lebih mudah membersihkan lantai tersebut. Setelah itu, Anda bisa mengepel permukaan lantai. Gunakan bahan pembersih lantai yang terbuat dari bahan-bahan alami ya sehingga kilau lantai marmer ini tetap terjaga dengan baik.

Jangan Biarkan Ada Kotoran di Atas Lantai

Walaupun secara keseluruhan marmer termasuk material bangunan yang sangat kuat dan kokoh sekali, tetapi di bagian permukaannya rentan mengalami goresan loh. Bahkan partikel-partikel debu, kotoran, ranting pepohonan, atau alas kaki yang bersudut tajam pun sanggup menimbulkan bekas goresan yang cukup dalam dan permanen pada permukaan lantai tersebut. Akibatnya adalah nampak garis-garis yang berukuran halus bekas goresan di permukaan bahan marmer tersebut. Tentu saja Anda harus mengatasi masalah ini supaya pesona lantai marmer tidak memudar ya.

Selain itu, noda yang berjenis basah seperti minyak, tinta, cat, bekas makanan, dan sebagainya juga bisa memicu timbulnya jamur di lantai marmer apabila tidak segera dibersihkan. Hal ini akan berakibat pada perubahan warna dan kilauan di permukaan lantai marmer. Lantai marmer yang tadinya terlihat sangat mewah dengan warnanya yang tajam dan berkilau pun menjadi pudar dan kusam akibat tertutup jamur. Satu-satunya jalan keluar untuk mencegah terjadinya hal ini yaitu Anda tidak boleh membiarkan adanya kotoran di marmer yang dapat menyebabkan permukaannya menjadi kusam.

Pemakaian Bahan yang Ramah Lingkungan

Anda mungkin merasa heran kenapa marmer yang sudah rutin dibersihkan setiap hari dan dijaga dengan baik supaya tak ada kotoran yang menempel di permukaannya tetap saja mengalami perubahan warna. Material tersebut menjadi tampak berwarna pucat serta permukaannya pun tidak terlalu berkilau lagi. Bahkan di beberapa bagian ruangan ini terlihat noda keputih-putihan yang sulit sekali untuk dihilangkan. Kemungkinan besarnya yaitu Anda salah teknik dalam membersihkan bahan marmer tersebut atau bisa juga karena pemakaian bahan pembersih yang terbuat dari obat-obatan kimia yang keras.

Jadi meskipun kelihatannya marmer menjadi bersih setelah Anda mengelapnya, sebenarnya ada sedikit bagian dari lantai marmer ini yang mengalami kerusakan. Efeknya baru akan terlihat dalam jangka waktu yang lama, di mana terjadi pemudaran warna di beberapa bagian lantai. Direkomendasikan untuk selalu membersihkan permukaan marmer menggunakan kain microfiber. Pakailah bahan-bahan alami sebagai pembersihnya. Jeruk nipis, garam, dan baking soda merupakan bahan-bahan yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan lantai marmer tanpa menimbulkan efek samping apapun.