Cara Menyambung Marmer yang Pecah/Patah dengan Lem

Semua orang tentunya menginginkan rumah yang indah dan terasa begitu nyaman. Tidak hanya sebagai tempat peristirahatan semata, rumah impian tersebut juga dapat menjadi tempat terbentuknya sebuah keluarga kecil yang bahagia. Oleh karena itu, Anda melakukan upaya sedemikian rupa demi mewujudkan rumah impian yang sesungguhnya. Salah satunya Anda bisa menambatkan hati kepada marmer sebagai bahan bangunan untuk menutupi lantai. Material yang satu ini memiliki kelebihan-kelebihan tersendiri dibandingkan material lantai lainnya yang membuat harga belinya terbilang mahal.

Di bawah ini merupakan keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh lantai marmer, yaitu :

  • Penampilan antai marmer terlihat begitu mewah
  • Lantai marmer mempunyai keindahan yang alami
  • Kekuatan yang dimiliki lantai marmer sangat baik
  • Permukaan lantai marmer tidak mudah tergores
  • Perawatan terhadap lantai marmer sangat gampang
  • Ragam warna dan motif lantai marmer cukup banyak
  • Lantai marmer memiliki daya dukung yang tinggi
  • Lantai marmer mampu bertahan hingga ratusan tahun

Namun sekuat apapun struktur marmer, apabila jatuh dari ketinggian atau terbentur benda-benda yang keras tentu akan pecah maupun patah. Kasus yang demikian ini biasanya terjadi pada saat pemasangan lantai marmer sedang berlangsung. Bisa juga lantai marmer rusak akibat tidak mendapatkan perawatan yang baik. Terlalu ramainya aktivitas orang-orang di atas lantai marmer juga dapat menyebabkan lantai tersebut tiba-tiba pecah atau patah karena tak kuat lagi menahan beban yang ada di atasnya. Akibatnya adalah penampilan lantai tersebut pun menjadi buruk sekali. Jauh dari kesan kemewahan.

Untuk memperbaiki lantai marmer yang pecah atau patah, Anda bisa menyambungnya kembali asalkan kerusakannya tidak terlalu parah. Silakan Anda dapat mengikuti panduan di bawah ini ya!

ALAT DAN BAHAN :

  • Pecahan/patahan marmer
  • Resin (lem batu); Anda bisa membeli lem batu ini di www.alatperabotan.com
  • Katalis marmer
  • Kain lap
  • Ampelas nomor 400-600
  • Waterpass
  • Kertas koran
  • Cutter

LANGKAH KERJA :

Bersihkan semua potongan-potongan marmer yang akan disambung. Gunakanlah kain yang kering untuk mengelap semua bagian lantai marmer tersebut. Pastikan tak ada lagi bagian marmer yang lembab atau basah karena dapat menyebabkan kegagalan dalam penambalannya. Anda harus selalu ingat bahwa lem tidak akan bekerja dengan maksimal apabila terkena air. Jadi keringkan dahulu marmer tersebut ya.

Buatlah adukan perekat yang terbuat dari campuran resin dan katalis. Silakan ikuti petunjuk pemakaian yang tertera pada kemasan produk tersebut untuk mendapatkan hasil adukan yang bagus dan memiliki daya rekat yang sangat erat. Biasanya perbandingannya ialah 5 sendok makan resin dan 3-5 tetes katalis. Setelah itu, aduklah campuran bahan-bahan tersebut sampai terbentuk adukan yang rata.

Proses penyambungan pada marmer harus dilakukan secara bertahap dan terstruktur agar hasilnya rapi. Anda tidak boleh menyambung potongan-potongan marmer tersebut sekaligus. Misalnya jika terdapat 3 potongan marmer, maka Anda harus menyambung 2 potongan terlebih dahulu. Barulah setelah kondisi sambungan ini benar-benar kering, maka dapat disambungkan lagi dengan 1 potongan sisanya.

Adapun cara menyambung marmer yang benar dimulai dengan mengoleskan adukan perekat yang telah dibuat di atas terlebih dahulu ke permukaan potongan marmer yang hendak disambungkan. Anda dapat mengoleskan adukan perekat ini secukupnya saja ke sisi-sisi marmer yang nantinya akan dipertemukan. Oleskan adukan lem secara merata ya. Ingat, cukup pada permukaan yang akan saling ditempelkan.

Hamparkan selembar kertas koran di atas bidang kerja yang permukaannya benar-benar rata. Kemudian taruh kedua potongan marmer yang sudah diolesi adukan perekat tadi di atas kertas koran. Selanjutnya pertemukan kedua sisinya yang sesuai supaya menempel sempurna. Pastikan posisi penyambungannya benar sebab kalau sudah mengering tidak bisa diubah lagi. Karena sambungan tersebut sangat kuat.

Biarkanlah potongan-potongan marmer yang telah disambung ini tetap berada di bidang kerja selama 30 menit supaya mengering secara alami. Setelah itu, pindahkan marmer tersebut ke tempat terbuka untuk dijemur di bawah terik sinar matahari selama 30 menit pula. Sehingga sambungan marmer tersebut pun mampu mengering dengan sempurna, tetapi tidak mengalami keretakan sama sekali.

Selama menjemur marmer di tempat terbuka, sebaiknya Anda juga membersihkan sisa-sisa adukan lem perekat yang mungkin timbul keluar dari bekas sambungan. Anda dapat memakai cutter atau silet untuk mengikis lapisan adukan perekat yang tidak rata. Kemudian rapikan memakai ampelas. Dijamin Anda tak akan bisa membersihkannya lagi apabila adonan perekat ini sudah kering betul.

Kini lantai marmer tersebut sudah berhasil disambung dengan sempurna. Silakan Anda ulangi proses ini hingga semua potongan-potongan marmer yang pecah/patah tadi berhasil disambung kembali menjadi satu. Sekarang kita memang beruntung sekali karena sudah ada produk lem khusus yang dapat dipakai untuk menyambungkan marmer. Gunakan lem ini dengan hati-hati karena bisa menempel sangat kuat.