Cara Mengkilapkan Lantai Marmer yang Kusam agar Jadi Kinclong

Apakah Anda menggunakan marmer sebagai material penutup lantai ruangan? Bosan melihat tampilan permukaan lantai yang kusam dan tak sesuai dengan harapan? Apa Anda  ingin tahu bagaimana caranya mengkilapkan lantai marmer tersebut suaya permukaannya berkilau? Cobalah panduan selengkapnya di bawah ini. Seperti kita tahu, marmer merupakan material yang mempunyai kualitas tinggi dan harganya pun selangit. Maka tidak heran hanya rumah-rumah mewah saja yang berani menggunakan material ini sebagai penutup lantainya. Apakah rumah Anda juga termasuk di antaranya?

Tahukah Anda, batu marmer terbentuk dari batu kapur yang sudah mengalami proses kristalisasi selama ribuan tahun lamanya. Corak yang terdapat di batu ini terbentuk secara alami dari kotoran-kotoran yang menumpuk di permukaannya selama proses pengkristalan berlangsung. Pada awalnya, batu marmer ini mempunyai permukaan yang kusam karena karakteristiknya yang mudah menyerap air. Namun dengan menerapkan teknik pemolesan tertentu, Anda bisa membuat lantai marmer terlihat mengkilap dan lebih indah. Pemolesan ini juga sebaiknya dilakukan secara berkala pada lantai yang telah dipasang.

Bagi Anda yang baru pertama kali mengerjakannya sendiri, Anda dapat mengikuti panduannya di bawah ini untuk mengkilapkan lantai marmer tersebut. Pada dasarnya, tidak terlalu sulit kok!

ALAT DAN BAHAN :

  • Kuas
  • Vacuum cleaner
  • Mesin pemoles
  • Pel lantai
  • Mesin diamond disc
  • Coating : akemi atau cnol
  • Resin
  • Pewarna sesuai warna marmer
  • Air
  • Ember

LANGKAH KERJA :

Anda dapat memulainya dengan membersihkan lantai marmer terlebih dahulu. Gunakanlah kuas untuk membersihkan permukaan lantai marmer secara detail, khususnya pada bagian nat dari tumpukan debu dan kotoran. Anda harus mengerjakannya dengan penuh kesabaran. Pokoknya jangan sampai ada debu atau kotoran yang terlewat deh. Kenapa? Sebab kotoran-kotoran ini akan mengganggu jalannya proses pemolesan lantai marmer. Setelah itu, hisaplah partikel-partikel kotoran tersebut menggunakan vacuum cleaner sampai permukaan marmer menjadi bersih sempurna.

Kemudian Anda bisa menyiapkan bahan coating khusus untuk lantai marmer. Bahan coating ini biasanya berupa akemi atau cnol. Anda bisa mendapatkannya di toko bangunan terdekat. Apabila tidak ada, Anda dapat membelinya secara online di www.alatperabotan.com dengan harga yang terjangkau. Setelah itu, Anda dapat mengaplikasikan bahan coating tersebut di permukaan nat secara merata. Fungsinya adalah untuk melindungi nat pada permukaan lantai marmer sehingga tak gampang berjamur, tidak berlumut, dan tidak berembun. Coating ini akan melindungi nat tersebut dengan baik.

Setelah lapisan coating sudah mengering, Anda bisa mengaplikasikan campuran resin dan pewarna pada permukaan nat. Ini merupakan langkah yang sangat penting. Dengan demikian, keberadaan nat mampu tersamarkan sebab warnanya telah menyatu dengan warna lantai marmer di sekelilingnya. Silakan Anda menerapkan campuran resin dan bahan pewarna ini secara seksama di permukaan nat. Kerjakan proses ini dengan cermat dan teliti. Bagaimanapun juga Anda harus membuat keberadaan nat ini menjadi tidak terlihat atau samar-samar supaya lantai marmer terlihat menyatu seluruhnya.

Kini saatnya meratakan permukaan nat sehingga memiliki ketinggian yang sama dengan lantai marmer. Bagaimana caranya? Anda bisa menggunakan mesin pemoles dengan gerakan yang searah agar hasilnya rapi. Silakan Anda lakukan proses pemolesan tahap awal untuk menyamarkan keberadaan nat tersebut dan membuat tampilan lantai marmer jauh lebih rapi. Untuk memastikan kondisi nat sudah benar-benar rata, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengepel lantai marmer tersebut sampai bersih. Setelah lantai mengering, periksa hasil pekerjaan Anda dengan sungguh-sungguh ya.

Setelah langkah-langkah di atas sudah selesai Anda kerjakan dengan baik, barulah kemudian Anda dapat mengurusi permukaan marmer yang nampak kusam. Untuk mengkilapkannya, Anda bisa memanfaatkan mesin diamond disc atau batu poles untuk menghaluskan pori-pori lantai marmer sehingga terlihat lebih mengkilap. Silakan Anda gunakan mesin diamond disc tersebut sesuai dengan petunjuk yang sudah kami share di artikel sebelumnya. Bilas kembali seluruh lantai marmer yang sudah dipoles tadi untuk melihat hasilnya. Terbukti kan? Sekarang lantai marmer tersebut nampak lebih bersinar.

Untuk memperoleh hasil kilau yang maksimal, proses pemolesan lantai marmer ini semestinya dibarengi dengan proses kristalisasi. Sebab pada proses kristalisasi ini, tujuan utama kita memang untuk membuat lantai marmer tersebut mengalami pengkristalan sehingga penampilannya bakal menjadi lebih menarik lagi. Pesona marmer yang sudah mengkristal ini akan semakin bertahan lama serta kilauannya juga tidak cepat memudar. Silakan Anda dapat mengikuti panduan dari Arafuru.com di sini untuk bisa melakukan kristalisasi terhadap lantai marmer tersebut. Selamat mencoba!