Cara Mudah Membersihkan Lantai Marmer agar Mengkilap

Saat ini ada banyak pemilik rumah yang memilih marmer sebagai penutup lantainya. Kebanyakan orang tersebut memakai material ini lantaran suka dengan tampilan mewahnya serta daya tahan marmer yang sangat awet. Perlu Anda ketahui, marmer merupakan salah satu jenis batu lunak yang dikeraskan secara khusus melalui proses kristalisasi. Proses inilah yang berperan penting dalam membentuk lantai marmer menjadi lantai yang begitu tangguh dan kokoh sekali. Berhubung harganya memang sangat tinggi, lantai marmer umumnya diaplikasikan pada rumah-rumah yang mewah.

Meskipun marmer terbuat dari batu alam, tapi pesonanya benar-benar indah sekali. Lantai ini tak hanya mempunyai pesona dari guratan motif dan warna alami yang dimilikinya saja, tetapi penampilannya pun indah sekali dengan permukaan yang mengkilap. Kilauan ini tak terlepas dari proses finishing yang telah diberikan ke permukaan lantai marmer. Dengan finishing tersebut, lantai marmer menjadi sangat indah. Namun Anda harus merawatnya dengan baik supaya kilauan pada lantai marmer tetap bertahan. Sebab jika tidak dirawat, lama-kelamaan lantai marmer ini akan menjadi kusam.

Merawat Lantai Marmer agar Kilaunya Terjaga

Jadi untuk membuat lantai marmer di rumah Anda senantiasa kinclong, Anda harus merawatnya dengan benar. Adapun tahap-tahap yang dapat dilakukan untuk menjaga kilauan lantai marmer adalah sebagai berikut :

  1. Bersihkan tumpahan air pada permukaan lantai marmer sesegera mungkin. Apabila Anda sering membiarkan tumpahan tersebut begitu saja sampai mengering, maka akibatnya akan terbentuk noda membandel yang sulit dihilangkan.
  2. Aplikasikan coating secara rutin setiap 3-6 bulan sekali. Coating ini merupakan bahan yang dapat melapisi permukaan marmer sehingga terhindar dari kotoran, jamur, dan lumut. Dengan coating tersebut, marmer menjadi lebih terlindungi.
  3. Hindari meletakkan gelas berisi air panas di atas lantai marmer secara langsung. Kalau pun Anda terpaksa, Anda wajib menggunakan tatakan gelas. Sebab bila tidak, gelas berisi air panas ini akan menimbulkan noda putih melingkar di lantai.
  4. Bersihkan lantai marmer menggunakan cairan pembersih khusus. Sebagai alternatifnya, Anda bisa memanfaatkan cairan pemoles mobil supaya hasilnya permukaan marmer lebih kinclong. Lakukan proses pembersihan ini minimal setiap 2 bulan sekali.
  5. Jangan pernah mengoleskan pelitur ke permukaan lantai marmer ya. Walaupun kelihatannya permukaan lantai marmer akan mengkilap, sebenarnya pelitur justru akan merusak warna asli marmer. Jadi trik ini harus Anda hindari.

Mengkilapkan Lantai Marmer dengan Bahan Alternatif

Di samping bentuk-bentuk perawatan di atas, Anda juga dapat memanfaatkan bahan-bahan yang bisa ditemukan dengan mudah di dapur untuk mengkilapkan lagi kilauan pada permukaan lantai marmer. Di antaranya yaitu :

Garam dan Jeruk Nipis

Campuran garam dan jeruk nipis ternyata sangat ampuh digunakan untuk menghapus noda membandel di permukaan lantai marmer. Seketika noda di lantai ini pun akan sirna apabila Anda mengaplikasikan campuran bahan-bahan ini. Caranya gampang sekali kok. Anda hanya perlu membuat campuran garam dan jeruk nipis terlebih dahulu. Kemudian usapkanlah campuran tersebut pada permukaan lantai yang ada noda membandelnya. Setelah menunggu sekitar 15-30 menit, basuhlah permukaan lantai marmer ini menggunakan cairan pembersih lantai dan bilas kembali memakai air bersih.

Soda Kue

Soda kue ternyata bagus juga dimanfaatkan untuk membersihkan lantai marmer. Bahkan bahan yang sering digunakan untuk mengembangkan adonan kue ini dapat mengangkat noda-noda membandel di lantai marmer dengan cepat sekali. Anda bisa memulainya dengan membuat pasta dari campuran soda kue dan air secukupnya. Setelah itu, gosokkan pasta tersebut pada marmer. Diamkan selama beberapa menit supaya pasta soda kue bekerja mengangkat noda yang ada di permukaan lantai marmer. Barulah kemudian Anda dapat membersihkannya dengan air hangat.

Cairan Pemutih Pakaian

Bahan alternatif selanjutnya yang bisa Anda pakai untuk membersihkan lantai marmer agar permukaan lantai tersebut mengkilap adalah cairan pemutih pakaian. Cairan yang satu ini ternyata efektis sekali loh dimanfaatkan sebagai produk pembersih marmer. Caranya yaitu celupkanlah kapas pada cairan pemutih pakaian yang mengandung senyawa H2O2. Kemudian letakkan kapas ini di atas noda pada lantai marmer. Berikutnya tutup menggunakan plastik. Biarkan selama 6-10 jam. Setelah noda benar-benar menghilang, Anda bisa membersihkan bekas cairan pemutih ini memakai air hangat.

Amoniak

Amoniak merupakan bahan kimia yang bersifat basa/alkali sehingga dapat menghilangkan semua debu, kotoran, dan noda membandel yang melekat di permukaan lantai marmer hingga tak tersisa. Kalau tidak percaya, Anda bisa membuktikannya sendiri secara langsung. Tidak usah khawatir bakal bingung sendiri ya sebab proses pengerjaannya gampang banget. Anda dapat membuat cairan pembersih dari amoniak terlebih dahulu dengan mencampurkan 1 sendok makan amoniak bersama 1 gelas air. Setelah itu, Anda bisa memanfaatkan cairan ini untuk mengkilapkan lantai marmer.

Hidrogen Peroksida

Jenis alkali lain yang dapat diandalkan untuk membersihkan lantai marmer adalah hidrogen peroksida. Sama halnya amoniak, hidrogen peroksida juga sanggup menghilangkan semua kotoran di permukaan lantai marmer serta membuat penampilannya terlihat lebih mengkilap. Bahan ini bagus sekali digunakan untuk menghapus noda-noda di lantai yang umumnya bersifat asam. Untuk mengaplikasikannya, Anda bisa mencelupkan kain lap ke dalam cairan hidrogen peroksida. Setelahnya, gunakan kain tersebut untuk mengelap permukaan lantai marmer. Niscaya lantai marmer pun akan kelihatan lebih bersih.