Cara Mengisi Nat Keramik yang Kuat Memakai Sandal Jepit

Pekerjaan mengisi nat keramik merupakan salah satu rangkaian dari proses pemasangan keramik lantai maupun keramik dinding. Walapun kelihatannya sepele, pekerjaan ini berpengaruh besar terhadap hasil akhir dari proses pemasangan keramik tersebut. Penerapan nat yang bersih akan membuat penampilan keramik terlihat rapi. Sebaliknya apabila nat ini nampak belepotan maka keramik pun yang akan menjadi korbannya. Supaya tidak terjadi hal buruk tersebut, Anda harus mengaplikasikan nat keramik ini dengan tepat. Buatlah nat yang rapi sehingga tampilannya pun begitu bersih dan menyatu dengan keramik.

Dahulu kala nat keramik biasanya dibuat menggunakan semen biasa ataupun semen putih. Tetapi berkat kemajuan dunia arsitektur, saat ini sudah tersedia produk khusus nat keramik di toko bangunan. Nat ini jauh lebih mudah diaplikasikan daripada semen. Pilihan warnanya juga bermacam-macam. Ada nat yang berwarna merah, biru, hijau, kuning, cokelat, hitam, dan lain-lain. Anda dapat memilihnya sesuai warna keramik agar terlihat serasi. Selain itu, nat ini juga lebih mudah dibersihkan daripada semen loh. Jangan heran deh. Keramik di rumah mewah selalu bersih natnya karena memang menggunakan produk ini.

Seperti yang sudah kami ungkapkan di atas, proses mengaplikasikan nat di sambungan-sambungan ubin keramik memang tidak terlalu sulit. Bahkan kalau mau, Anda pun dapat mengerjakannya sendiri loh. Jadi Anda bisa menghemat biaya sebab tidak perlu meminta bantuan jasa tukang bangunan. Trik yang paling mudah untuk menerapkan nat keramik adalah menggunakan sandal jepit. Yap, sandal jepit ini ternyata dapat kita manfaatkan loh sebagai alat untuk mengisikan adukan nat yang basah ke celah-celah keramik. Hasilnya, nat keramik di rumah pun menjadi lebih rapi karena Anda mengisinya sendiri dengan hati-hati.

ALAT DAN BAHAN :

  • Nat
  • Air
  • Karet sandal
  • Spons/busa
  • Ember kecil
  • Kain lap
  • Kape
  • Kuas
  • Cairan HCl
  • Pisau
  • Obeng

LANGKAH-LANGKAH :

Bukalah kaleng berisi nat menggunakan pisau atau obeng. Ambil nat secukupnya lalu masukkan ke dalam ember. Anda bisa membeli produk nat khusus ini di toko bangunan terdekat. Harganya bervariasi tergantung merek dan berat bersihnya. Tambahkan air sedikit saja ke dalam ember berisi nat. Lalu aduk merata untuk mengecerkan nat. Hati-hati jangan menuangkan air terlalu banyak karena justru akan membuat adukan nat terlalu encer sehingga tidak bisa dipakai lagi.

Sebelum proses pengisian nat dilakukan, sebaiknya bersihkan dulu celah-celah keramik tersebut menggunakan kape. Hal ini bertujuan agar nantinya tak ada kotoran yang terjebak di bawah nat yang dapat mengakibatkan nat cepat rusak. Sehingga nat bisa dipasang dengan kuat.

Cara menerapkan adukan nat tersebut adalah gunakan sandal untuk mengambil adukan dengan ujung sandal secukupnya saja. Lalu oleskan ke barisan celah-celah keramik, baik yang membujur maupun melintang. Oleskan beberapa kali agar nat benar-benar mengisi celah tersebut.

Anda bisa mengaplikasikan adukan nat ke celah-celah keramik menggunakan trik di atas sampai seluruh nat yang ada telah terisi nat. Sambil mengoleskan sandal tadi, Anda juga harus menekan ke bawah supaya adukan nat ini bisa masuk dengan maksimal ke dalam celah keramik.

Untuk celah-celah keramik yang ukurannya terlalu sempit, seperti pojokan lantai atau dinding, Anda tidak bisa menjangkaunya dengan sandal saja. Sebagai gantinya, Anda dapat mengoleskan adukan nat di bidang ini menggunakan kuas. Kerjakan dengan teliti ya.

Tunggu beberapa saat supaya adukan nat agak mengering. Setelah itu, Anda bisa membersihkan permukaan keramik yang terkena nat menggunakan kain lap dan spons. Lakukan pembersihan sampai ke batas tepi antara keramik dan nat sehingga hasilnya pun terlihat rapi.

Biasanya adukan nat tersebut akan mengering sempurna dalam waktu 24 jam kemudian. Lantas keesokan harinya, barulah Anda bisa mengepel keramik memakai cairan pembersih khusus agar permukaannya nampak bersih bersinar dan bebas dari noda membandel bekas nat.

Kami sarankan untuk menggunakan cairan pembersih keramik yang mengandung HCl saat Anda membersihkan keramik yang baru dipasang supaya hasilnya bersih sempurna. Silakan bersihkan permukaan keramik tersebut menggunakan kain pel. Harus sampai bersih ya.