Cara Menghilangkan Kerak Bandel di Keramik Dinding Kamar Mandi

Kondisi kamar mandi tentunya harus benar-benar bersih ya. Baik bagian dinding maupun lantai ruangan tersebut harus benar-benar bersih. Begitu pula dengan kondisi peralatan mandi yang terdapat di dalam kamar mandi pun harus dijaga kebersihannya. Bagaimana mungkin Anda sekeluarga bisa membersihkan diri apabila kondisi ruangannya saja begitu kotor, kan? Oleh sebab itu Anda harus memerhatikan aspek kebersihan di dalam kamar mandi ini dengan sebaik-baiknya. Caranya tentu saja dengan membersihkan ruangan tersebut secara berkala semaksimal mungkin.

Jangan pernah setengah-setengah dalam membersihkan kamar mandi ya. Anda perlu membersihkan semua bagian dari ruangan tersebut dengan baik. Bukan cuma lantainya saja, melainkan bagian dinding kamar mandi pula. Kenyataannya dinding kamar mandi biasanya kurang terawat. Tak sedikit orang yang hanya membersihkan lantai kamar mandi saja tanpa memedulikan bagian dinding. Akibatnya yaitu area dinding kamar mandi ini menjadi sangat kotor serta ditumbuhi oleh lumut dan jamur. Anda pun harus mengatasinya dengan optimal untuk membuatnya bersih kembali.

Memang benar kalau proses membersihkan kamar mandi yang sudah terlanjur kotor sekali itu sangatlah susah. Anda tidak bisa mengerjakannya dengan cara yang biasa-biasa saja. Tetapi Anda membutuhkan trik tersendiri yang ampuh untuk mengatasi semua kotoran tersebut dan menghilangkannya dari dinding kamar mandi. Hasilnya yakni kondisi dinding kamar mandi pun menjadi benar-benar bersih.

Sikatilah Permukaan Dinding Terlebih Dahulu

Mulailah dengan membersihkan permukaan dinding terlebih dahulu. Fokus kita untuk yang pertama ini yaitu membersihkan permukaan tersebut tanpa perlu memedulikan noda membandel yang ada di sana. Anda membutuhkan sikat sebagai alat utamanya dan sabun detergen untuk bahan pembersih. Silakan Anda bisa membasahi permukaan dinding kamar mandi terlebih dahulu. Lantas taburkan bubuk sabun detergen secara acak di permukaan tersebut secukupnya saja.

Siapkan sikat lantai yang memiliki bulu yang rapat. Gunakan sikat tersebut untuk menggosok permukaan dinding kamar mandi secara menyeluruh. Anda bisa memulainya dari bagian atas terlebih dahulu. Gosok dengan tekanan sikat yang cukup kuat agar seluruh kotoran di sana hilang semuanya. Kemudian Anda bisa melanjutkannya ke sisi bagian samping dan bawahnya. Begitulah langkah ini terus dilakukan hingga seluruh dinding kamar mandi tersebut berhasil Anda sikati permukaannya secara merata.

Keringkan Memakai Lap dan Biarkan Sejenak

Dinding kamar mandi yang telah disikati memakai sabun detergen tadi bisa Anda bilas menggunakan air bersih. Basuhlah semua bagiannya sampai tak ada lagi bekas sabunnya ya. Barulah kemudian Anda bisa mengelap permukaan dinding kamar mandi tersebut memakai kain lap yang bersih tentunya. Gunakan kain lap yang dapat menyerap air karena di sini kita perlu mengeringkan area permukaan dinding kamar mandi sampai benar-benar kering. Memang harus kerja ekstra keras ya.

Anda perlu menyiapkan kain lapnya terlebih dahulu. Di sini Anda bisa memakai kain lap dari bahan katun ataupun kain chamois yang mempunyai kemampuan menyerap air yang lebih tinggi. Dimulai dari bagian atas dinding kamar mandi, Anda dapat mengusapkan kain lap tersebut sambil agak ditekan sehingga air yang ada di permukaannya akan terserap ke dalam kain. Ulangi langkah ini sampai kondisi permukaan dinding menjadi tidak basah lagi. Setelah itu Anda bisa membiarkannya selama 20-30 menit agar dinding menjadi kering sempurna.

Waktunya Menghilangkan Noda Membandel

Untuk menghilangkan noda membandel yang terdapat di permukaan dinding kamar mandi, kami biasa menggunakan cairan pembersih kloset. Bagaimanapun cairan ini sudah terbukti sangat manjur dalam membersihkan kloset kamar mandi dan menghilangkan noda-noda kotoran ataupun noda membandel yang ada di sana. Untuk kloset yang memiliki pori-pori sangat kecil saja, cairan ini benar-benar ampuh, apalagi untuk permukaan dinding kamar mandi yang notabene mempunyai pori-pori lebih besar.

Cek terlebih dahulu kondisi permukaan dinding untuk memastikannya sudah benar-benar kering. Kalau sudah, Anda bisa menuangkan cairan pembersih kloset ini ke permukaan dinding kamar mandi secara acak. Fokuslah pada area yang ada noda membandelnya dahulu. Biarkan selama 5 menit, lalu gosoklah memakai sikat yang kering untuk meratakan cairan pembersih tadi. Tunggu lagi selama 20-30 menit dan sikati sekali lagi. Setelah menunggu 30 menit, Anda bisa membilas permukaan dinding kamar mandi dan melihat hasilnya. Kini area tersebut jadi terlihat lebih bersih, cerah, dan bebas dari noda.