Cara Menghilangkan Karat Pada Peralatan Dapur dengan Tuntas

Apakah yang Anda rasakan ketika melihat peralatan dapur kesayangan Anda tiba-tiba menjadi berkarat? Pastinya Anda merasa kesal bukan main ya. Apalagi kalau peralatan dapur tersebut merupakan barang kesayangan Anda di dapur. Wah, pasti rasa kesalnya meningkat sampai tiga kali lipat. Hal ini wajar sekali sebab karat memang akan menyebabkan peralatan dapur Anda menjadi kotor, kondisinya tidak higienis, sampai merusak struktur peralatan dapur tersebut. Anda harus lekas mengambil solusi yang tepat guna menghilangkan lapisan karat ini agar barang kesayangan Anda terselamatkan.

Apabila kondisi karat yang menempel pada peralatan dapur tadi belum begitu parah, Anda masih dapat menghapusnya dengan trik yang sederhana kok. Pada dasarnya, karat ini terbentuk saat logam bertemu dengan oksigen. Karat merupakan hasil dari proses oksidasi antara logam dan oksigen. Umumnya karat akan terbetuk mulai dari bagian permukaan karat, menyebar, lalu merasuk ke dalamnya. Selama lapisan karatnya masih berada di permukaan peralatan dapur, maka Anda masih bisa membersihkannya dengan tuntas layaknya sebuah peralatan dapur yang baru. Bagaimana cara melakukannya?

Membersihkan karat yang ada di peralatan dapur memang gampang sih. Cuma kalau metode yang Anda lakukan salah justru akan merusak peralatan tersebut. Kendati lapisan karat yang terdapat di peralatan dapur Anda bisa dihilangkan, tapi struktur peralatan dapur tadi pun ikut terkikis akibat Anda salah dalam menghilangkannya. Anda harus waspada terhadap risiko yang buruk ini. Jangan sampai niat baik Anda untuk membersihkan peralatan tersebut malah berdampak buruk terhadap kerusakan. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan metode yang benar dalam menghilangkan lapisan karat ini.

Silakan Anda dapat mengikuti panduan mudah dari Arafuru di bawah ini ya!

Alat dan Bahan :

  • Minyak tanah
  • Air bersih
  • Asam sitrat (sitrun)
  • Serabut kelapa
  • Sabun cuci piring
  • Ember

Langkah-langkah :

  1. Rendamlah peralatan dapur Anda yang berkarat di dalam minyak tanah selama kurang lebih 2-3 jam. Biarkanlah senyawa yang terkandung pada minyak tanah ini melunakkan lapisan karat yang menempel pada permukaan peralatan dapur tersebut.
  2. Angkatlah peralatan dapur tadi dari minyak tanah. Lalu gosok permukaannya memakai serabut kelapa. Gosoklah secara perlahan-lahan dengan gerakan memutar. Berikan sedikit tekanan agar lapisan karat di peralatan dapur ini terhapus seluruhnya.
  3. Rendamlah sekali lagi peralatan dapur ini di dalam seember air yang telah ditambahi asam sitrat sebanyak 1-2 sendok makan. Biarkan selama semalaman supaya lapisan karat yang masih tersisa di permukaannya menjadi luntur dengan sendirinya.
  4. Silakan Anda bilas peralatan dapur tersebut menggunakan air sampai bersih. Lantas periksa hasil akhirnya. Kalau masih ada sedikit lapisan karat yang masih menempel, Anda bisa menghilangkan dengan serabut kelapa dan minyak tanah secukupnya.
  5. Sebagai langkah terakhir, Anda bisa mencuci kembali peralatan dapur tersebut memakai sabun cuci piring beraroma lemon agar bau minyak tanah dan asam sitratnya hilang. Sehingga akhirnya peralatan dapur Anda pun menjadi benar-benar bersih dan segar.

Pada saat Anda mencoba menghilangkan karat yang terdapat di peralatan dapur, kami sarankan untuk tidak mengikisnya memakai ampelas, sikat kawat, kape, pisau, obeng, dan peralatan yang tajam lainnya. Mengapa? Sebab walaupun trik tersebut cukup ampuh menghilangkan lapisan karat, namun di sisi yang lain juga dapat menimbulkan kerusakan permanen pada peralatan dapur. Jangan sampai deh peralatan dapur menjadi rusak dan tak bisa digunakan lagi akibat Anda salah dalam membersihkannya. Jika sudah terlanjur begini, Anda sendiri yang nantinya akan menyesal, kan?

Sebaiknya Anda gunakan trik rekomendasi kami di atas untuk membersihkan peralatan dapur yang ada karatnya. Walaupun prosesnya memakan waktu yang cukup lama, tapi tak ada efek samping yang timbul dari metode tersebut. Peralatan dapur Anda benar-benar akan bersih kembali seperti baru serta bebas dari karat. Jikalau Anda sudah berhasil melaksanakannya dengan baik, kami sarankan untuk melapisinya dengan cairan anti-karat yang bisa Anda dapatkan di toko bangunan terdekat. Pilihlah produk cairan anti karat yang aman digunakan serta tahan terhadap suhu panas yang ekstrem.