Cara Perbaikan Kerusakan Pada Kolom Beton yang Retak

Pada sebuah konstruksi bangunan, struktur kolom berfungsi untuk menyalurkan beban yang berasal dari dinding dan atap sehingga tersangga dengan baik oleh pondasi. Maka dari itu, proses pembuatan kolom ini wajib memperhatikan bobot aksial atau bobot tegak yang akan ditopangnya. Perlu diketahui, tingkat kekuatan kolom akan dipengaruhi secara langsung oleh material yang digunakan dan pembuatan ukuran dimensinya. Apabila pembuatan kolom bangunan ini tidak dilaksanakan dengan tepat, maka akan timbul masalah yang pelik di kemudian hari pada kolom tersebut.

Masalah yang sering kali menimpa struktur kolom yaitu retaknya kolom bangunan tersebut. Masalah ini biasanya disebabkan oleh pemilihan material bangunan yang berkualitas rendah. Selain itu, pengukuran dimensi kolom yang kurang tepat atau tidak sesuai aturan pun dapat mengakibatkan retaknya kolom ini. Berdasarkan tingkat kerusakannya, retak kolom bisa dibedakan menjadi dua macam yaitu retak rambut dan retak struktur. Retak rambut adalah retak yang memiliki ukuran kurang dari 2 mm. Sedangkan retak yang berukuran lebih dari 2 mm dinamakan sebagai retak struktur.

Baik retak rambut maupun retak struktur yang terjadi pada struktur kolom, sama-sama membahayakan konstruksi bangunan. Oleh karena itu, Anda harus segera memperbaiki keretakan tersebut supaya tidak terjadi masalah yang lebih parah di kemudian hari.

RETAK RAMBUT

Retak rambut merupakan sebutan untuk retak yang halus sekali dengan ukuran lebar kurang dari 2 mm. Retak ini umumnya ditimbulkan oleh penggunaan air yang terlalu banyak pada saat pembuatan adukan material beton. Selain itu, gempa bumi dan tekanan angin juga bisa menimbulkan keretakan halus pada beberapa bagian kolom bangunan tersebut. Walaupun tidak begitu mengurangi kekuatan kolom, namun retak rambut ini berisiko menimbulkan korosi pada tulangan baja jika dibiarkan begitu saja. Oleh karena itu, Anda harus segera mengambil tindakan yang nyata untuk memperbaiki retak rambut ini.

RETAK STRUKTUR

Suatu kolom dikatakan mengalami retak struktur jika terdapat keretakan yang cukup lebar di atas 2 mm. Karena kerusakannya yang besar ini, kolom yang mengalami retak struktur bakal berkurang kekuatannya secara drastis. Untuk itu, retak ini harus diperbaiki sesegera mungkin karena sewaktu-waktu berpotensi mengakibatkan keruntuhan pada bangunannya. Timbulnya retak struktur ini biasanya dipengaruhi oleh ketidakmampuan struktur kolom dalam menahan beban dari luar yang terlalu kuat. Kasus keretakan ini benar-benar berbahaya serta dapat menimbulkan risiko besar bagi konstruksi bangunan.

SOLUSI YANG TEPAT

Guna mencegah terjadinya keretakan yang lebih parah, baik retak rambut maupun retak struktur harus diperbaiki dengan benar secepat-cepatnya. Adapun metode yang paling banyak digunakanadalah injeksi epoxy. Metode ini dikerjakan dengan menyuntikkan campuran bahan epoxy pada bagian-bagian struktur kolom yang yang mengalami keretakan. Sehingga permukaan kolom yang mengalami retak dan kopong tadi dapat terisi kembali oleh bahan penambal dengan kuat. Anda bisa mendapatkan bahan epoxy ini di toko bangunan terdekat dengan harga yang terjangkau.

Cara memperbaiki retak rambut pada kolom mudah sekali kok. Anda bisa memasukkan cairan epoxy ini ke dalam kolom yang retak melalui suntikan. Sedangkan perbaikan kolom yang mengalami retak struktur bisa diawali dengan mengecek terlebih dahulu seberapa buruk tingkat kerusakannya. Jika keretakannya belum terlalu parah, Anda bisa langsung mengisi retak struktur ini menggunakan cairan epoxy. Tapi bila keretakan yang timbul sudah sangat parah sekali, maka mau tak mau Anda wajib memperbesar dimensi kolom bangunan tersebut sekaligus menambal keretakannya sampai tuntas.