Ini 5 Cara Membersihkan Lantai Parket yang Benar!

Proses pembersihan lantai parket memang sedikit berbeda dibandingkan dengan keramik maupun batu alam. Bahan bakunya yang berasal dari kayu menyebabkan warna dan permukaan lantai ini lebih mudah mengalami kerusakan jika tidak dirawat dengan benar. Lantai parket merupakan lantai yang terbuat dari papan kayu yang disusun sedemikian rupa. Selain dapat menciptakan kesan tradisional dan alami, lantai ini juga kelihatan mewah berkat lapisan finishing mengkilap yang menutupi permukaannya. Khusus bagi Anda yang menginginkan ketenangann di dalam tempat tinggal, cobalah gunakan lantai parket ini.

Lantai parket adalah salah satu material lantai yang sedang populer. Lantai ini mampu menciptakan kesan natural dan mewah pada waktu yang sama. Lantai parket benar-benar sanggup membuat desain interior yang begitu elegan. Namun Anda harus merawat lantai ini dengan baik ya supaya keindahan dan pesona yang dimilikinya tetap terjaga. Kenyataannya memang lantai parket membutuhkan perawatan yang agak berbeda daripada jenis-jenis lantai yang lainnya. Bahkan Anda pun memerlukan teknik tersendiri dalam membersihkan lantai ini loh, terutama agar lantai parket tetap terawat dan tidak cepat rusak.

Lantai parket yang terkena debu dan kotoran bisa dibersihkan dengan mudah memakai metode-metode di bawah ini. Kiat-kiat yang kami bagikan ini memang terbukti bekerja dengan baik untuk membersihkan permukaan lantai parket tanpa menimbulkan efek samping karena kami sudah mencobanya sendiri.

Sedot Debu dengan Vacuum Cleaner

Karena terbuat dari bahan kayu, lantai parket mempunyai pori-pori yang cukup besar di permukaannya. Di pori-pori inilah biasanya debu berkumpul dan berubah wujud menjadi noda membandel. Anda harus rajin menyedot partikel-partikel debu yang ada di atas lantai tersebut dengan vacuum cleaner. Yap, kami sangat menyarankan Anda untuk menggunakan vacuum cleaner ketika membersihkan lantai parket ini. Hindarilah membersihkannya memakai kain pel atau sikat karena bisa menimbulkan goresan permanen pada permukaan lantai. Bersihkan lantai ini setiap hari tanpa mengenal batasan waktu.

Bersihkan Sudut Lantai dengan Sapu

Sayangnya tidak semua bagian di dalam ruangan mampu dijangkau oleh vacuum cleaner. Misalnya yaitu pada sela-sela lubang dan urat lantai parket. Sering kali ada partikel-partikel debu yang terselip di bagian ini sehingga susah dibersihkan menggunakan vacuum cleaner. Nah, Anda pun bisa membersihkan bagian lantai ini memakai sapu kecil ataupun kain yang lembut. Pembersihan sudut ruangan ini akan lebih cepat selesai apabila dikerjakan secara manual dibandingkan dengan mesin pembersih. Silakan Anda memakai sapu berbulu halus atau kain lap yang teksturnya lembut untuk membersihkan lantai parket.

Boleh Dipel Memakai Air, Asalkan…

Seperti kita tahu, material kayu memang rentan sekali mengalami kerusakan apabila terkena air. Karena air dapat membuat struktur kayu tadi menjadi lapuk. Begitu juga dengan lantai parket ini yang notabene terbuat dari kayu. Apabila sering terkena air, siap-siap lantai di rumah Anda bakal mengalami kerusakan fatal yang permanen. Sebenarnya sih boleh-boleh saja mengepel lantai parket, tetapi penggunaan airnya harus seminimal mungkin ya. Cukup basahi kain pel tersebut sampai sedikit lembab dan tak ada air yang menetes lagi. Lantas gunakanlah kain tersebut untuk mengepel permukaan lantai ini.

Kiat Mengatasi Noda Membandel

Sering kali kesalahan yang dilakukan secara tanpa sengaja dalam merawat lantai parket mengakibatkan timbulnya noda membandel di beberapa titik ruangan. Noda-noda ini juga bisa timbul karena tumpahan makanan dan minuman, serta tumpukan kotoran. Jangan khawatir terhadap noda tersebut sebab Anda masih dapat menghilangkannya dengan mudah. Sebagai bahan alternatif, Anda bisa kok menghilangkan noda tersebut memakai air hangat dan minyak kayu putih. Pastikan Anda mengusap permukaan lantai parket tersebut menggunakan kain lap yang teksturnya lembut sampai bersih ya.

Jangan Memakai Pembersih Kimia

Dalam membersihkan lantai parket, kami benar-benar menyarankan untuk tidak menggunakan produk pembersih kimia apapun. Jangan pernah memakai cairan kimia untuk membersihkan permukaan lantai ini. Meskipun sekarang juga sudah ada cairan khusus untuk pembersih lantai parket, namun Anda tetap sebaiknya tidak memakainya. Sehari-hari Anda dapat membersihkan permukaan lantai ini menggunakan vacuum cleaner. Cukup manfaatkan saja air hangat dalam membersihkan lantai parket yang terlalu kotor dengan bantuan sedikit minyak kayu putih. Penggunaan cairan pembersih kimia memiliki efek samping yaitu memudarkan warna lantai parket sedikit demi sedikit.