7 Langkah : Cara Mudah Membersihkan Kulkas dan Isinya dengan Benar

Kulkas atau lemari es merupakan titik fokus dekorasi dan pusat kegiatan memasak di lingkungan dapur. Keberadaannya sangat membantu kita dalam mengolah masakan. Hal ini tidak terlepas dari fungsinya yang notabene sebagai tempat penyimpanan bahan makanan supaya tetap segar hingga waktunya tiba bagi kita untuk memasaknya. Berkat adanya lemari es di dapur, kita dapat menyimpan makanan dengan mudah serta membuat stock makanan sendiri di rumah.

Sayangnya penggunaan kulkas sering dilakukan secara berlebihan. Misalnya seperti mengisinya dengan bahan makanan sampai penuh, baik itu makanan yang masih fresh maupun makanan sisa masakan hari ini. Saking banyaknya makanan yang disimpan di dalam kulkas, tak jarang ada saja makanan yang terlupakan sampai menjadi kadaluwarsa. Alhasil bau tak sedap pun keluar dari dalam kulkas, berkumpul menjadi satu, dan membuat aktivitas memasak menjadi tidak menyenangkan.

Anda harus mau membersihkan kulkas secara berkala supaya kinerjanya terjaga dengan baik sehingga kesegaran bahan-bahan makanan di dalamnya terjamin. Lantas, bagaima sih cara membersihkan kulkas yang benar agar kondisinya benar-benar bersih dan tak berbau busuk lagi? Silakan Anda bisa mengikuti panduan selengkapnya di bawah ini. Langkah-langkah pengerjaannya mudah sekali kok. Kami yakin Anda pasti bisa langsung mengikutinya dengan baik.

Langkah 1. Mengeluarkan Semua Makanan dari Kulkas

Silakan Anda padamkan terlebih dahulu kulkas tersebut dengan mencabut kabel powernya dari terminal listrik. Kemudian Anda bisa mengeluarkan semua makanan yang ada di dalamnya. Lakukan penyortiran terhadap baan-bahan makanan ini. Buanglah makanan yang sudah lama serta kadaluwarsa ke tempat sampah. Sementara itu, simpanlah makanan yang masih layak dimakan ke dalam wadah khusus yang ditambah dengan es di bagian bawahnya supaya kondisinya tetap fresh.

Langkah 2. Keluarkan Rak dan Laci dengan Hati-hati

Anda perlu membersihkan rak dan laci penyusun kulkas. Oleh sebab itu, keluarkanlah semua rak dan laci dari dalam lemari es tersebut. Khusus untuk rak/laci yang terbuat dari bahan plastik dan logam, Anda bisa langsung mencucinya menggunakan campuran air panas dengan sabun cuci piring sampai bersih. Sementara untuk rak dan laci yang terbuat dari kaca dan keramik, sebaiknya dibilas memakai air hangat terlebih dahulu. Barulah kemudian dicuci menggunakan air panas dan sabun agar tidak retak. Kadang-kadang Anda perlu merendam rak dan laci ini sebelum mengelapnya.

Langkah 3. Bersihkan Bagian Bawah Kulkas dengan Lap

Gunakan kain lap dengan campuran air bersih dan deterjen untuk membersihkan bagian dasar kulkas. Jangan lupa untuk mengusap bagian sisi-sisinya juga dari atas ke bawah agar permukaan yang sudah bersih tidak kotor kembali. Letakkan plastik atau kain di sekitar kulkas agar air tidak membasahi lantai dapur. Bilas kain sampai bersih atau gunakan beberapa lembar kain untuk memastikan kebersihannya. Perhatikan pada bagian celah-celah bawah dan belakang kulkas, di mana sering ada noda membandel di sini. Jangan lupa untuk mengusap bagian bawah pintu juga.

Langkah 4. Bersihkan Bagian Dalam Kulkas dan Keringkan

Bagian dalam lemari es merupakan tempat penyimpanan bahan makanan yang sesungguhnya. Di sini, berbagai jenis bahan makanan Anda simpan dalam waktu yang cukup lama. Tak hanya makanan kering, namun banyak pula makanan yang segar di dalamnya. Maka tak heran kalau baunya pun tidak karuan. Untuk membersihkan bagian dalam lemari es, Anda bisa menggunakan kain lap bersih atau handuk kecil. Bersihkan ruangan tersebut sampai benar-benar bersih. Gunakan baking soda dan jeruk nipis untuk mengusir aroma tidak sedap. Jangan lupa juga untuk mengeringkannya lagi ya.

Langkah 5. Membersihkan Freezer yang Melengkapi Kulkas

Di bagian dalam freezer biasanya terdapat bongkahan-bongkahan yang begitu banyak. Anda tak boleh mencongkelnya karena dapat merusak freezer dan menghanguskan masa garansinya. Di atas kami telah menyarankan ke Anda untuk langsung mencabut kabel power kulkas dari terminalnya. Setelah lemari es padam, maka freezer pun akan ikut berhenti bekerja dan membuat es di dalamnya mencair perlahan-lahan. Kini Anda bisa mengeluarkan semua bongkahan es tersebut dengan mudah. Lantas, bersihkan bagian dalam freezer ini menggunakan jeruk nipis supaya lebih bersih dan aromanya segar kembali.

Langkah 6. Membersihkan Bagian Luar Kulkas dengan Tuntas

Mulailah membersihkan bagian luar lemari es Anda dari bagian atas dengan menggunakan campuran air hangat dan deterjen. Jika kulkas Anda terbuat dari stainless steel, Anda sebaiknya menggunakan kain lembut yang tidak memiliki serat kasar dengan tambahan cuka untuk menjaga permukaannya tetap mengkilap. Disarankan memakai kain microfiber untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan lupa juga untuk membersihkan pegangan pintu kulkas yang terbuat dari karet dengan sabun dan air hangat. Kotoran biasanya mengumpul di sini dan mengakibatkan kulkas Anda terkesan jorok. Barulah kemudian Anda bisa mengeringkannya dengan kain lap yang bersih.

Tips tambahan lainnya saat Anda membersihkan kulkas yaitu :

  • Seka setiap tumpahan makanan sesegera mungkin agar tidak menjadi noda membandel.
  • Buanglah makanan sisa di kulkas minimal setiap minggu untuk menjaga kebersihannya.
  • Taruhlah semangkuk kecil baking soda untuk menghilangkan bau busuk di kulkas dan freezer.

cara-membersihkan-kulkas.jpg

Langkah 7. Mengganti Tempat Makanan dan Botol Air

Sebelum Anda menaruh kembali bahan-bahan makanan ke dalam kulkas, gantilah tempat makanannya terlebih dahulu menggunakan wadah yang baru. Buat apa sih? Selain untuk memberikan kesan lemari es yang sudah bersih, pemakaian wadah yang baru akan membuat usia simpan makanan atau minuman di dalamnya akan semakin lama. Misalnya seperti botol jeli atau saus botol yang sudah berkerak di bagian penutupnya, yang telah digunakan. Berhati-hatilah jika Anda memilih membersihkan tempat makanan ini daripada menggantinya, pastikan benar-benar kering sebelum digunakan kembali.