6 Cara Membersihkan Jendela Sesuai dengan Masalahnya

Kebersihan jendela merupakan salah satu aspek yang mesti Anda jaga dengan baik karena berpengaruh langsung terhadap keindahan rumah secara keseluruhan. Jendela yang bersih tentu akan mempermanis tampilan rumah Anda, baik ketika dilihat dari segi pandang luar maupun dalam. Rumah dengan jendela yang bersih akan terlihat sangat menarik, begitu mewah dengan kilauannya, serta tampak lebih modern. Bersihkan jendela dengan tepat setiap hari untuk menjaga pesonanya.

Faktanya memang ada saja hal-hal yang dapat mengotori jendela di rumah. Mulai dari partikel-partikel debu, sidik jari tangan, tanah, goresan, asap, sampai jamur. Apalagi permasalahan yang bisa menimpa pada jendela pun bukan cuma permukaan kacanya yang kotor saja, tetapi kusen kayu yang membingkai kaca jendela tersebut juga bisa terserang jamur, atau gorden kain yang melengkapinya pun bisa menjadi sarang debu. Oleh sebab itu, cara membersihkannya pun mesti disesuaikan dengan sumber masalahnya.

Masalah : Muncul Bintik-Bintik Noda di Kaca Jendela Setelah Dicuci

Solusi :

Gunakanlah alat pembersih khusus untuk jendela yang dikenal dengan sebutan squeegee. Anda dapat memperolehnya di www.alatperabotan.com dengan harga yang terjangaku. Squeegee sudah dilengkapi dengan karet halus di bagian ujungnya sehingga efektif sekali dipakai untuk membersihkan permukaan  kaca. Alternatif lainnya, Anda menggunakan koran bekas untuk membersihkan kaca jendela. Lakukanlah pembersihan kaca ini secara bertahap. Hindarilah mengelap kaca saat terkena matahari langsung karena cairan pembersih yang digunakan di permukaannya akan lebih cepat mengering sehingga menimbulkan bekas. Pagi dan sore hari merupaka waktu yang tepat untuk membersihkan jendela.

Masalah : Gorden Menjadi Sumber Debu dan Kotoran yang Menempel di Jendela

Solusi :

Sering-seringlah Anda mencuci gorden yang terpasang pada jendela menggunakan cairan antiseptik. Paling tidak, Anda perlu membersihkan gorden ini minimal 3 bulan sekali. Sebaiknya gorden tersebut direndam terlebih dahulu untuk melarutkan semua kotoran yang menempel ke air. Agar kondisinya tetap terjaga, jangan mencuci gorden memakai mesin cuci. Hendaknya Anda mengucek gorden tersebut sampai bersih menggunakan tangan. Sedangkan untuk menghindari debu yang menempel di permukaan kaca, Anda bisa menyemprotkan cairan antistatik pada kaca jendela setelah selesai membersihkannya. Dengan begini, godern jendela pun akan terbebas dari tumpukan debu.

Masalah : Ada Jamur/Cendawan yang Tumbuh di Permukaan Kusen Jendela

Solusi :

Khusus untuk kusen kayu, kusen ini bisa ditumbuhi oleh jamur dan cendawan jika kondisinya dibiarkan kotor dalam tempo yang cukup lama. Anda tidak boleh membiarkannya karena jamur tersebut dapat merusak struktur kayu serta berkembang menjadi bibit penyakit. Untuk mengatasi jamur pada jendela, pertama-tamu Anda bisa mengelap permukaan kusen menggunakan campuran air deterjen. Kemudian basuh sekali lagi memakai campuran deterjen dan pemutih dengan perbandingan 1 : 2. Sikatilah kusen jendela ini secara perlahan-lahan sampai jamur yang berbentuk bintik-bintik hitam di permukaan kusen jendela tersebut mulai menghilang. Setelah dibiarkan selama 15 menit, bilaslah dengan air bersih.

Masalah : Kaca Jendela Bagian Luar Mudah Sekali Menjadi Kotor

Solusi :

Jika rumah Anda berbatasan langsung dengan jala yang kondisinya selalu ramai, maka dapat dipastikan kalau permukaan kaca-kaca jendela yang melengkapi rumah tersebut pasti gampang sekali kotor. Hal ini semata-mata terjadi lantaran banyaknya partikel-partikel debu di jalanan yang diterbangkan oleh angin dan mendarat tepat di permukaan jendela. Agar debu-debu ini tak gampang menempel di permukaan jendela rumah Anda, silakan tambahkan lapisan lilin yang biasa digunakan untuk melindungi lantai pada permukaan kaca tersebut. Lapisan lilin ini dapat menghalau debu dan kotoran, serta membuatnya tidak mudah menempel. Teknik yang sama juga bisa Anda terapkan untuk melindungi kusen jendela.

Masalah : Permukaan Kaca Jendela Rumah Bagian Dalam Cepat Kotor

Solusi :

Tidak sedikit pemilik rumah yang mengeluh justru kaca jendela bagian dalam yang cepat menjadi kotor. Tentu ini merupakan sebuah kasus yang aneh apalagi kalau Anda memang selalu menjaga kebersihan interior rumah. Itu sebabnya, Anda mesti mencari tahu penyebab utamanya terlebih dahulu sebelum bisa mengatasinya dengan tepat. Apabila masalah ini terjadi di ruang interior yang dilengkapi AC, maka Anda bisa mencoba membersihkan filter AC terlebih dahulu. Sebab bisa jadi filter AC yang kotor adalah biang keroknya. Faktanya memang interior rumah modern cenderung mengandung kotoran dan debu yang lebih banyak manakala sistem filtrasi pada perangkat elektrik yang melengkapinya bermasalah.

Masalah : Ada Noda di Kaca Jendela yang Ditimbulkan oleh Asap Rokok

Solusi :

Jangan khawatir kalau ada noda di permukaan kaca jendela. Sebab kenyataannya Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan benar. Terlebih jika noda tersebut ditimbulkan oleh asap rokok yang notabene gampang dihilangkan. Adapun caranya yaitu Anda dapat mencuci permukaan kaca jendela tersebut menggunakan cairan pembersih kaca khusus. Disarankan memilih bahan pembersih yang beraroma lemon supaya jendela menjadi lebih segar. Nah, Cairan yang mengandung bahan amonia ini ternyata sangat efektif loh dimanfaatkan untuk menghilangkan noda bekas rokok pada jendela. Apalagi aroma lemon yang dimilikinya pun mampu membuat seisi rumah menjadi begitu segar.