Cara Membersihkan Jam Tangan Kulit dan Merawatnya

Jam tangan bukanlah sekadar alat penunjuk waktu. Tapi lebih dari itu, jam tangan ini pun juga mampu mendukung penampilan kita sehari-hari. Jam tangan merupakan aksesori yang dapat membuat penampilan diri kita tampak lebih menarik. Anda bisa memakainya kapan saja. Tidak hanya dalam suasana formal, jam tangan juga dapat dipakai saat di acara santai. Dengan jam yang menghiasi tangan, riasan kita akan terlihat semakin trendi.

Tingginya minat masyarakat terhadap jam tangan membuat para produsen terus melakukan inovasi. Kini ada banyak sekali bahan pembuat jam tangan. Salah satu yang paling disukai yaitu jam tangan yang terbuat dari bahan kulit, baik kulit asli maupun kulit sintetis. Jam tangan kulit terlihat begitu mewah dengan warna cokelat dan kilauan yang ditampilkannya. Kami jamin Anda pun pasti akan langsung jatuh hati dengan jam tangan yang satu ini.

Akan tetapi, merawat jam tangan kulit justru yang paling sulit dilakukan. Pasalnya jam tangan yang satu ini membutuhkan teknik perawatan secara khusus. Terutama saat membersihkannya, Anda harus mengerjakannya dengan benar. Jam tangan kulit harus dibersihkan secara tepat sesuai dengan bahan pembuatnya. Kesalahan yang Anda lakukan saat membersihkan jam ini akan mengakibatkan kerusakan yang fatal. Anda harus berhati-hati.

Kenali Material Kulit yang Digunakan

Dinamakan jam tangan kulit karena produk ini memang terbuat dari bahan kulit. Tapi apakah jam tangan tersebut memakai kulit asli atau kulit sintetis? Jika menggunakan kulit asli, kulit apa yang digunakannya? Sebab setiap bahan kulit membutuhkan perlakuan yang berbeda ketika Anda membersihkannya. Terutama kulit sintetis yang paling rentan rusak dan robek apabila Anda memakai bahan pembersih yang salah. Mengetahui jenis kulit yang digunakan akan membantu Anda dalam membersihkannya secara tepat.

Apakah Jam Tangan Anda Bersifat Anti-Air?

Perlu Anda ketahui, musuh utama bahan kulit adalah air. Air dengan mudah merusak bahan ini hingga membuat permukaannya mengalami kerusakan. Dimulai dari keretakan berukuran kecil, permukaannya robek, sampai akhirnya bahan tersebut terlepas sendiri. Anda harus mewaspadai kemungkinan yang paling buruk ini. Cari tahu apakah jam tangan Anda bersifat waterproof atau tidak. Jam tangan yang anti-air masih mungkin dibersihkan menggunakan air. Sedangkan jam tangan yang tidak bersifat waterproof tidak boleh dibersihkan memakai air. Anda bisa menggunakan minyak khusus untuk membersihkannya.

Gunakan Bahan Pembersih yang Tepat

Pakailah bahan pembersih yang aman pada saat Anda membersihkan jam tangan kulit. Hindari menggunakan bahan-bahan yang bersifat keras, meskipun bahan tersebut memang terbukti ampuh dalam menghilangkan noda. Mengapa? Sebab bahan-bahan yang sifatnya keras justru dapat merusak serat bahan kulit pada jam tangan. Jam Anda pun akan cepat rusak. Disarankan memakai bahan pembersih khusus untuk bahan kulit. Anda bisa menggunakan produk pembersih yang sama seperti yang biasa dipakai untuk membersihkan jaket kulit atau sepatu kulit.

Pakai Semir Sepatu agar Mengkilap

Setelah selesai membersihkan jam tangan, jangan lupa untuk mengeringkannya. Anda tidak boleh menjemur jam tersebut di bawah terik sinar matahari secara langsung. Anda cukup mengangin-anginkannya di tempat yang sejuk sampai kondisi jam tangan benar-benar kering. Barulah kemudian Anda bisa mengoleskan semir sepatu di permukaan kulit jam tersebut agar tampak mengkilap. Cobalah menggunakan produk semir sepatu cair yang transparan untuk memberikan tampilan yang mewah dari kilauannya.