Cara Membersihkan HP Layar Sentuh yang Suka Bergerak Sendiri

Jaman sekarang semua produk telepon selular sudah dilengkapi dengan layar berteknologi touchscreen. Layar ini begitu canggih karena dapat memberikan respons terhadap sentuhan-sentuhan yang telah kita berikan untuknya. Saat jari tangan Anda menyentuh permukaan layar ponsel tersebut, maka sistem pun akan memberikan respons sesuai dengan perintah dari sentuhan jari Anda. Nah bagi Anda yang memiliki ponsel berteknologi touchscreen, membersihkan layarnya merupakan bentuk perawatan paling utama. Layar yang bersih tidak hanya membuat tampilannya, namun juga mendukung kinerja layar tersebut.

Akan tetapi, bagaimanakah caranya membersihkan layar HP touchscreen yang benar? Karena kesalahan Anda dalam melakukan proses pembersihan terhadap layar smartphone tersebut justru dapat menyebabkan kondisi permukaannya menjadi buram, baret, ataupun tergores cukup dalam. Bahkan di dalam kasus yang lebih parah, bukan tak mungkin layar tersebut menjadi error sampai berhenti beroperasi apabila Anda sampai salah dalam membersihkannya. Oleh karena itu, Anda membutuhkan panduan khusus membersihkan layar touchscreen yang benar dengan hasil akhir yang benar-benar maksimal.

Silakan Anda dapat mengikuti panduan di bawah ini ya! Di sini Anda cuma membutuhkan kain microfiber dan hand sanitizer saja sebagai alat pembersih dan bahan yang dipakai untuk membersihkan layar HP.

ALAT DAN BAHAN :

  • Kain microfiber
  • Hand sanitizer

LANGKAH-LANGKAH :

  1. Nonaktifkan terlebih dahulu smartphone Anda untuk menghindari terjadinya hubungan arus pendek listrik (konsleting) yang bisa menyebabkan kerusakan permanen pada sistem HP.
  2. Bersihkan seluruh permukaan ponsel memakai usapan lembut untuk menghilangkan noda-noda berukuran besar dengan kain microfiber. Usahakan pakailah kain microfiber yang lembab ya.
  3. Selanjutnya teteskan hand sanitizer ke permukaan kain microfiber secukupnya saja. Gosokkan kain tersebut ke seluruh permukaan ponsel secara merata dengan gerakan searah dan berulang.
  4. Usapkan kain microfiber dengan gerakan membentuk lingkaran kecil agar hasilnya lebih efektif. Dimulai dari bagian depan HP terlebih dahulu, kemudian casing bagian belakangnya ya.
  5. Sebagai langkah yang terakhir, Anda bisa mengelap kembali seluruh bagian HP ini memakai kain microfiber lain yang bersih. Setelah itu Anda bisa mengangin-anginkan sebentar agar mengering.

SARAN DAN LARANGAN

Membersihkan layar HP touchscreen harus dilakukan dengan sangat berhati-hati. Mengapa? Sebab jika sudah terlanjur timbul goresan pada permukaan layar tersebut akan sangat susah untuk dihilangkan. Itu sebabnya, dalam membersihkan HP layar sentuh, Anda perlu memperhatikan kiat-kiat di bawah ini agar tetap aman dan tidak menyebabkan kerusakan pada HP tersebut.

  • Anda boleh mengganti kain microfiber dengan kain pembersih kacamata atau kain katun. Di sini yang penting Anda harus menggunakan kain yang mempunyai serat yang lembut.
  • Pastikan Anda telah menonaktifkan ponsel pintar tersebut terlebih dahulu sebelum dibersihkan. Jangan sampai ada cairan yang mengenai komponen elektronika pada HP tersebut.
  • Pastikan kain yang Anda gunakan untuk mengelap layar HP dalam kondisi bersih. Karena apabila Anda memakai kain lap yang kotor, maka kotoran tadi akan menggores layar HP.
  • Hindari menghilangkan noda yang membandel pada layar HP touchsreen menggunakan kuku ya. Lebih baik Anda gunakan kain lap yang basah. Selain efektif, pemakaian kain ini juga aman.
  • Membersihkan HP dengan produk pembersih khusus benar-benar sangat kami rekomendasikan. Anda bisa mendapatkan produk pembersih layar HP di www.alatperabotan.com ya.
  • Pasangkan screen protector untuk melindungi layar ponsel Anda dari goresan. Screen protector tambahan ini sanggup memberikan perlindungan berlebih pada layar HP Anda.
  • Jangan pernah menggunakan air ludah untuk membasahi layar HP supaya gampang dibersihkan. Sebab di dalam air ludah terkandung jutaan bakteri berbahaya. HP Anda pun menjadi jorok.
  • Jangan pernah memakai produk berbahan amonia sebagai pembersih ponsel kesayangan Anda karena dapat merusak teknologi layarnya. Layar tersebut akan menjadi lambat merespons.
  • Jangan menggunakan tisu atau kertas untuk menggosok permukaan HP tersebut karena justru akan menyebabkan timbulnya goresan. Sebaiknya gunakan kain lap yang aman saja.
  • Hindari menekan kain microfiber terlalu keras ke layar touchscreen saat menghilangkan kotoran. Bukan tidak mungkin penekanan tersebut malah akan merusakn piksel-piksel di layar tadi.
  • Hindari pula menyipratkan cairan pembersih ataupun air secara langsung ke arah ponsel karena cairan tadi bisa masuk ke dalam komponen HP dan menimbulkan konsleting listrik.