Cara Membersihkan Earcup Headset yang Berbahan Cloth (Kain)

Sebenarnya earcup yang berbahan kain (clothing) sudah muncul sejak lama. Cuma tren penggunaan earcup ini baru mulai populer pada waktu belakangan. Kini semakin banyak headset atau headphone yang menggunakan material ini, bahkan untuk  produk yang bergaya vintage sekalipun. Pilihan ini tak terlepas dari kesan eksklusif serta berkelas yang dimilikinya. Namun Anda harus mengetahui dahulu bahwa terdapat beragam kain yang dipakai untuk produk ini seperti cloth, velour, atau suede.

Keunggulan lain dari produk earpad yang berbahan cloth antara lain kelancaran sirkulasi udara pada bagian telinga saat Anda menggunakan headset karena bahan cloth ini memiliki pori-pori. Selain itu, earpad ini juga mempunyai karakteristik suara dengan staging yang terasa lebih luas dan juga netral. Tentunya earcup ini juga terasa begitu nyaman karena bahan kain yang terasa lembut saat mengenai kulit sehingga tidak menimbulkan iritasi. Ini merupakan bahan earcup yang sangat bagus.

Jika kondisinya belum terlalu kotor, earpad yang berbahan cloth ini sebenarnya tak perlu dicuci kok. Anda hanya perlu mengelapnya saja menggunakan kain microfiber yang telah dibasahi dengan busa sabun, lalu gosokkan pada bagian earpad yang kotor secara perlahan-lahan. Gosokkan kain tersebut dengan gerakan yang searah dan berulang-ulang, bukan bolak-balik, supaya kotorannya cepat hilang. Lakukan upaya perawatan ini secara rutin agar earpad Anda senantiasa tetap bersih.

Akan tetapi apabila terdapat noda membandel yang susah untuk dihilangkan pada earpad tersebut, maka Anda dapat mengaplikasikan teknik mencuci ringan ketika membersihkannya. Dijamin earpad Anda pun bakal bersih sempurna layaknya produk yang baru. Silakan Anda dapat mengikuti panduan kerjanya sebagai berikut :

  1. Silakan Anda bisa memulainya dengan melepas bagian earpad dari mangkuk earcup produk speaker headset tersebut terlebih dahulu.
  2. Masukkanlah earpad tersebut ke dalam ember yang berisi sedikit air yang sudah dicampur dengan cairan sabun pembersih ataupun detergen.
  3. Biarkanlah earpad tadi tetap terendam di dalam air sabun selama beberapa waktu supaya kotoran-kotoran yang menempel bisa terangkat semuanya.
  4. Kemudian Anda dapat menekan earpad selama beberapa kali. Kerjakan dengan pelan-pelan supaya busanya tidak mengalami deformasi yang bisa merusak serat kain.
  5. Kalau sudah bersih, Anda bisa menekan busa earpad ini sehingga semua airnya keluar. Lalu Anda dapat mengangin-anginkannya hingga keringi.
  6. Barulah selanjutnya Anda bisa memasang earpad tersebut kembali pada posisinya. Pastikan Anda telah memasangnya dengan benar.

Kenyataannya memang gampang sekali bukan untuk dapat mencuci earpad tersebut? Namun sekali lagi kami beritahukan bahwa kegiatan pencucian earpada ini tidak wajib untuk dilakukan. Kalau Anda bisa menjaga kebersihan earpad tersebut secara rutin, maka Anda tidak perlu mencucinya lagi.