Cara Efektif Membasmi Rumput Liar dan Gulma di Rumah

Pengertian gulma adalah semua tumbuh-tumbuhan yang hidup serta berkembang biak di tempat yang salah. Jadi semua tanaman liar bisa disebut sebagai gulma tanpa terkecuali. Kehadiran gulma ini benar-benar tidak diinginkan. Mengapa? Sebab gulma dapat mengganggu proses pertumbuhan dan kehidupan tanaman utama. Gulam dapat menjadi pesaing bagi tanaman utama untuk mengambil oksigen, nutrisi, air, dan sinar matahari. Beberapa gulma seperti rumput liar, teki-tekian, dan alang-alang bahkan mampu merusak kehidupan tumbuhan utama yang kita tanam.

Sayangnya Anda tak bisa betul-betul mencegah supaya rumput liar sama sekali tidak tumbuh di halaman ataupun taman di depan rumah Anda. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali faktor-faktor yang memicu tumbuhnya gulma tersebut. Misalnya saja benih gulma yang diterbangkan oleh angin, benih yang ada di kotoran binatang, sistem akar rumput yang begitu rumit, kelakuan orang yang jahil, dan lain sebagainya. Walaupun demikian Anda tidak perlu cemas karena masih dapat memperlambat atau mengendalikan gulma-gulma tersebut sehingga tidak membahayakan.

Silakan Anda dapat mencoba mengaplikasikan kiat-kiat di bawah ini untuk mengatasi semua gulma yang tumbuh di lingkungan eksterior rumah Anda.

Membasmi Rumput Liar di Tanah Terbuka

Tanah terbuka yang belum diolah biasanya menjadi sasaran empuk bagi rumput liar untuk mendirikan kerajaannya. Dalam kurun waktu yang sebentar saja, tanah tesebut sudah ditumbuhi oleh gulma yang lebat sekali. Cara mengatasinya yaitu Anda dapat menutupi seluruh permukaan tanah menggunakan sampah organik, koran bekas, lembaran plastik, mulsa hitam perak, atau karpet bekas. Trik ini berguna untuk mempertahankan tingkat kelembaban tanah sehingga gulma tidak akan bisa tumbuh. Gulma pun tak bisa mendapatkan sinar matahari sehingga mereka tidak mampu berfotosintesis dan akhirnya mati. Anda juga bisa menyemprotkan herbisida untuk mematkan gulma yang sudah terlanjur tumbuh.

Mengendalikan Rumput Liar di Pojok Taman

Pencabutan rumput liar secara manual hanya bisa memberantasnya dalam waktu sesaat. Tidak butuh menunggu lama, gulma pun akan tumbuh kembali. Yang benar, Anda harus mencangkul tanah agar bisa membuang gulma sampai ke akarnya. Tentu pekerjaan ini harus secepat mungkin dilakukan mengingat tingkat perkembangbiakan gulma yang sangat cepat. Hindari penggunaan herbisida untuk membasmi gulma kecuali memang terpaksa. Herbisida mengandung zat kimia beracun yang mampu mengubah sifat dan komponen penyusun tanah. Pemakaian herbisida yang berlebihan juga dapat merusak tanah.

Beberapa spesies rumput liar mempunyai umbi yang menjadi cikal bakal dari beberapa rumput yang tumbuh secara menyebar. Ciri-ciri dari rumput jenis ini adalah memiliki daun yang berurutan sepanjang batang dalam tiga baris, titik tumbuhnya tersembunyi, penampang lintang batang berbentuk segitiga yang membulat dan tidak berongga, serta tidak memiliki lidah daun. Pembasmian rumput jenis ini agak sedikit lebih sulit dibandingkan jenis gulma yang lainnya karena Anda juga harus membuang umbi yang tertanam di dalam tanah. Artinya Anda harus menggali tanah dan mengeluarkan umbinya.

Memberantas Rumput Liar di Paving Block

Gulma bisa tumbuh di mana saja. Apalagi dengan kondisi tanah di Indonesia yang sangat subur, gulma ini bahkan sanggup tumbuh di tempat-tempat yang tidak terduga. Contohnya yaitu permukaan paving block pun dapat ditumbuhi oleh gulma loh. Untuk mengatasi gulma yang tumbuh di paving block, Anda harus membersihkannya sampai tuntas. Gunakan pisau atau sikat berbulu kasar untuk mengikis benih-benih rumput liar yang menempel di paving. Tetapi kalau area paving block tersebut berukuran cukup luas, cara ini menjadi kurang efisien. Sebagai alternatifnya, silahkan Anda memakai semprotan api (mirip seperti mesin las) untuk membunuh gulma sampai ke benihnya.

Mematikan Rumput Liar di Halaman

Saat ini, ada berbagai macam pestisida untuk mengendalikan rumput. Jika Anda lebih memilih herbisida, ada cara aman dalam penggunaannya. Yakni Anda cukup mengoleskan herbisida tersebut ke daun atau batang gulma yang akan dimatikan tanpa mengenai tanah. Niscaya cepat atau lambat gulma tersebut pun akan menjadi layu hingga akhirnya mati. Trik ini memungkinkan Anda dapat menggunakan herbisida dengan aman tanpa menimbulkan efek samping sama sekali. Anda bisa mengerjakannya di waktu yang senggang. Ikuti instruksi tata cara pemakaian herbisida tersebut.

Upaya pengendalian gulma dan rumput liar juga bisa dilaksanakan dengan menanam rumput hias yang mampu melawan gulma tersebut. Rekomendasi dari kami adalah Anda bisa menanam rumput jepang atau rumput gajah mini. Rumput jepang dan rumput gajah mini bisa berlomba-lomba menyerap nutrisi tanah dan tidak memberi peluang bagi rumput liar untuk tumbuh. Sedangkan untuk mengatasi rumput liar yang berbunga, pastikan Anda telah mengamankan bunga tersebut. Sebab karena pertumbuhannya yang mudah dan cepat, rumput liar ini bisa tumbuh hanya bermodalkan biji yang ada di bunganya saja.

Membasmi Rumput Liar di Pot dan Polybag

Kadang-kadang rumput liar juga bisa tumbuh di pot dan polybag. Gulma tersebut akan menjadi pesaing  bagi tanaman yang Anda pelihara di dalam pot/polybag. Gulma tadi akan menghabiskan semua nutrisi di dalamnya. Mencabut rumput sampai ke akarnya merupakan solusi yang efektif untuk mengendalikan gulma yang tumbuh d dalam pot maupun polybag. Jangan lupa, tutupi pot/polybag tersebut memakai pupuk kompos untuk menghalangi pertumbuhan gulma. Kerikil atau kulit kerang juga bisa dimanfaatkan sebagai mulas sekaligus memperindah tampilan pot. Kini gulma pun tak akan bisa tumbuh lagi.