Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Kapur Ajaib dan Bahan Alami

Membasmi kutu rambut memang membutuhkan ketelatenan yang cukup tinggi. Karena serangga yang satu ini cepat sekali berkembang biak. Sepuluh kutu berhasil Anda basmi, tiga puluh ekor anak kutu lahir kembali. Sudah zaman modern seperti sekarang apakah Anda masih mempunyai kutu rambut di kepala? Pastinya Anda malu sekali dengan masalah tersebut, kan? Apalagi jika saat berada di keramaian orang, Anda merasakan gatal yang luar biasa akibat gigitan kutu-kutu ini. Ingin sekali rasanya menggaruk-garuk kepala, namun pasti bakal malu bukan lain kalau sampai ketahuan orang.

Kutu rambut merupakan parasit yang biasanya hidup di bagian kepala manusia. Kutu ini dapat bertahan hidup dengan menghisap darah. Kutu ini bisa menular dengan cepat dari satu orang ke orang lainnya melalui sentuhan langsung dengan rambut yang bermasalah. Kutu ini juga mampu melompat ke kepala orang lain serta melalui sisir, topi, handuk, dan bantal. Diketahui bahwa kutu rambut betina sanggup bertelur sebanyak 6-10 butir/hari. Telur ini akan melekat kuat pada batang rambut. Dalam kurun waktu sekitar 8 hari kemudian, telur ini akan menetas.

Apabila saat ini rambut Anda sedang diserang oleh kutu kepala, Anda harus lekas mengatasinya. Anda bisa menggunakan bahan-bahan di bawah ini untuk menghilangkan kutu rambut dari kepala serta membasmi telur-telurnya.

KAPUR AJAIB

Ada sebuah kapur kesehatan yang biasa dijual di apotek bernama kapur ajaib. Dilabeli demikian karena memang kapur ini memiliki manfaat yang ajaib yakni sanggup membunuh berbagai serangga, termasuk kutu rambut. Hebatnya lagi nih tak cuma kutu saja yang mati, telur-telurnya pun lambat laun akan mati. Cara memakai kapur ajaib ini gampang sekali kok. Anda cukup menggoreskannya ke kulit kepala secara merata, lalu biarkan semalaman serta bilaslah di pagi harinya. Sebaiknya upaya ini dilakukan saat Anda hendak tidur karena kapur ajaib bisa menimbulkan efek sedikit panas pada kulit kepala.

SHAMPO MINT

Saat ini sudah ada banyak sekali produk shampo yang tersedia di pasaran. Namun shampo yang mampu membunuh kutu rambut hanyalah shampo yang mengandung mint saja. Perlu Anda ketahui, daun mint merupakan salah satu bahan alami pembasmi serangga. Untungnya kini Anda bisa menemukan shampo berbahan mint dengan mudah sehingga tidak perlu repot membuatnya sendiri. Cara memakainya yaitu Anda bisa mencoba keramas dengan shampo dan biarkan selama 20-30 menit agar kutu di rambut Anda menjadi mabuk. Barulah kemudian Anda bisa membilasnya sampai bersih.

DAUN SIRIH

Seperti kita ketahui, daun sirih merupakan salah satu desinfektan alami yang mempunyai khasiat sangat ampuh mengatasi berbagai kuman, bakteri, dan serangga. Kandungan nutrisi di dalam daun sirih mampu menyucikan setiap permukaan benda. Bahkan kutu rambut pun seketika akan mati apabila terkena daun sirih tersebut. Mudah sekali kok memanfaatkan daun sirih sebagai pembasmi kutu rambut. Anda dapat mengambil beberapa lembar daun sirih yang cukup tua, lalu tumbuk sampai halus. Berikan sedikit air ke untuk mendapatkan air sarinya. Silakan pakai air sari daun sirih ini untuk keramas.

JERUK NIPIS

Sama halnya seperti daun sirih, jeruk nipis juga dikenal sebagai salah satu bahan pembersih alami. Anda dapat memanfaatkan air sari buah jeruk nipis ini sebagai shampo alami untuk memberantas semua kutu rambut yang bersarang di kepala Anda. Apabila Anda rutin melakukannya, niscaya semua kutu rambut di kepala Anda pasti akan lenyap tak tersisa. Anda hanya perlu mengoleskan air sari jeruk nipis tersebut di seluruh rambut, lalu biarkan kurang lebih selama 1 jam. Barulah kemudian Anda bisa membilasnya pakai air bersih. Dalam kurun waktu 3-5 hari, populasi kutu rambut di kepala Anda akan punah.

OBAT KHUSUS

Kenyataannya memang saat ini telah ditemukan berbagai produk obat kimia yang khusus berguna untuk membasmi kutu rambut. Biasanya obat ini berupa salep ataupun cream. Anda dapat memilih obat anti-kutu rambut yang mengandung permethrin 1%. Permethrin merupakan sejenis insektisida, namun aman bagi manusia. Zat ini sangat ampuh membunuh kutu rambut loh. Dengan rutin memakainya, kami jamin deh semua kutur rambut yang tinggal di kepala Anda pasti akan mati tak tersisa. Untuk lebih detailnya, Anda bisa menanyakannya pada dokter spesialis kulit atau petugas apotek terdekat.

Kalau rambut di kepala Anda sudah terbebas dari kutu rambut, Anda harus segera mengubah gaya hidup Anda selama ini supaya tidak terserang kutu rambut lagi. Anda harus mengaplikasikan gaya hidup sehat dengan memberikan perhatian yang lebih pada kondisi rambut Anda. Anda harus senantiasa menjaga kebersihan rambut setiap saat. Sebab bagaimanapun juga rambut merupakan mahkota kepala kita, kan? Jadi Anda harus merawatnya dengan baik.

Silakan Anda ikuti kiat-kiat di bawah ini untuk mencegah kutu rambut menyerang kepala Anda lagi.

  1. Gunakan sisir secara mandiri, tidak berbagai, dan tidak bergantian dengan orang lain.
  2. Keramas dengan shampo yang mengandung mint ataupun mentol minimal 3 kali per minggu.
  3. Jangan pernah meminjam peralatan apapun yang berhubungan dengan rambut atau kepala.
  4. Jaga jarak Anda terhadap orang-orang yang sering terlihat menggaruk-garuk kepalanya.
  5. Segera keramaslah sampai bersih apabila Anda merasakan gatal-gatal di rambut dan kepala.