Langkah-langkah Cara Mengatasi Saluran Air yang Tersumbat

Masalah saluran air tersumbat atau mampet kenyataannya hampir pernah dirasakan oleh semua orang loh. Jadi Anda jangan sampai merasa yang paling menderita ya. Penyebabnya pun berbeda-beda. Mulai dari banyaknya rambut yang menutupi saluran pipa peralon, sampah dari dapur, sisa-sisa makanan, tisu dan pembalut yang dibuang, plastik bekas, sampai peralatan mandi yang tak sengaja tercebur ke dalam saluran. Mampetnya saluran air di rumah tentu membuat Anda merasa kesal. Sebab selain mengganggu aktivitas di kamar mandi, masalah ini juga bisa memicu kedatangan serangga dan kuman berbahaya.

Terdapat dua macam bentuk kasus tersumbatnya saluran air di rumah. Kasus yang pertama adalah air menggenang namun tetap dapat mengalir secara perlahan-lahan. Sedangkan kasus yang kedua yaitu air menggenang secara total serta tak mampu mengalir sama sekali. Penanganan terhadap masing-masing kasus tersumbatnya saluran air tersebut berbeda-beda karena memang bentuk masalahnya pun tidak sama. Kasus pertama relatif lebih mudah diperbaiki mengingat masalah mampetnya belum terlalu parah daripada kasus kedua. Anda tak perlu khawatir sebab kami akan memberikan solusinya secara total.

Saluran Air Tersumbat Sebagian

Untuk melancarkan kembali saluran air di kamar mandi yang mampet sebagian, Anda bisa menggunakan soda api. Sekali lagi, nama produknya adalah soda api, bukan soda kue ya. Soda api ini bisa Anda pakai untuk memperbaiki saluran air yang tersumbat karena bersifat basa sehingga sanggup menghancurkan sampah-sampah di dalam got air. Sebaiknya Anda memilih produk soda api yang mempunyai sifat yang sangat keras sehingga performanya dalam menghancurkan kotoran penyumbat di dalam saluran air menjadi lebih efektif dan efisien. Anda bisa meminta rekomendasi dari penjualnya.

Adapun langkah-langkah menggunakan soda api untuk mengatasi saluran air yang tersumbat adalah sebagai berikut :

Alat dan Bahan :

  • Soda api
  • Air panas
  • Masker
  • Sarung tangan
  • Ember
  • Tongkat kayu

Langkah-langkah :

  1. Siapkan soda api secukupnya. Soda api ini bisa Anda beli di toko bangunan, bentuknya cair atau bubuk, dan dibanderol dengan harga yang berbeda-beda sesuai kemasannya.
  2. Gunakan masker dan sarung tangan plastik untuk menghindari efek negatif yang tak diinginkan apabila kulit Anda terkena soda api. Semoga jangan sampai terjadi.
  3. Masukkan soda api ke dalam sebuah ember yang kering. Sebaiknya Anda menggunakan ember plastik. Jangan pakai wadah logam karena soda api ini dapat mengikisnya.
  4. Tambahkan air panas secukupnya ke dalam logam. Di sini kita sengaja memakai air panas untuk mempercepat proses pelarutan soda api dengan air sehingga bisa lebih cepat digunakan.
  5. Aduk supaya soda api tercampur dengan air panas secara merata. Gunakan tongkat kayu yang cukup panjang. Hati-hati ya agar kulit Anda tidak terkena air tersebut.
  6. Siramkan cairan soda api dan air panas ini ke dalam lubang saluran pipa air di kamar mandi. Jika Anda sulit memasukkannya langsung, biarkan saja sampai cairan ini terserap sendiri ke saluran.
  7. Anda tidak boleh kaget ya karena setelah air soda api panas ini dimasukkan ke saluran air lantas biasanya akan terdengar suara seperti gemuruh yang cukup keras. Hal ini wajar kok.
  8. Saran kami sih jangan gunakan kamar mandi Anda terlebih dahulu agar cairan soda api ini dapat bekerja secara maksimal. Anda bisa membiarkannya selama semalaman penuh.

Sebaiknya langkah-langkah kerja di atas dilaksanakan pada malam hari ya saat saluran air tidak dipakai. Anda dapat memusyarawatkan terlebih dahulu dengan anggota keluarga yang lainnya kapankah upaya pembersihan selokan air yang tersumbat ini dilakukan? Tapi sebagai konsekuensinya semua orang harus taat untuk tidak menggunakan kamar mandi terlebih dahulu. Tambahkan cairan cuka ke dalam saluran air untuk menciptakan suatu efek dorongan yang cukup kuat. Untuk masalah yang cukup parah biasanya dibutuhkan 3-5 kali penerapan soda api agar saluran air menjadi lancar kembali.

Saluran Air Tersumbat Penuh

Kasus yang kedua adalah saluran air tersumbat penuh, di mana air benar-benar tak bisa meresap sedikit pun ke dalam saluran tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya Anda menyewa jasa sedot wc atau saluran air untuk membersihkannya karena memang prosesnya rumit sekali sih dan membutuhkan tenaga yang besar. Selain itu, Anda pun harus mampu menahan rasa jijik saat membersihkan saluran air kotor ini. Dengan menyerahkan masalah ini kepada orang yang lebih ahli, kami jamin masalah tersebut akan teratasi dengan tuntas tanpa Anda harus bersusah payah.

Tapi kalau Anda pun mau membersihkan saluran air yang tersumbat dengan tenaga sendiri, kami sangat menghargai niat baik Anda tersebut. Silakan Anda dapat mengikuti instruksi langkah-langkah kerjanya di bawah ini!

  1. Anda dapat memulai pekerjaan ini dengan membersihkan semua sampah yang ada di saluran air masuk terlebih dahulu. Ambil seluruh sampah yang dapat dijangkau menggunakan tangan Anda. Anda juga dapat memakai alat pencapit untuk mengambil kotoran yang letaknya agak di dalam saluran air.
  2. Pekerjaan dilanjutkan dengan membersihkan sampah-sampah yang berada di saluran air keluar. Lokasi saluran air keluar ini biasanya berhubungan langsung dengan selokan. Silakan Anda ambil seluruh sampah yang ada. Gunakan pula tongkat dan pencapit untuk mengeluarkan kotoran dan sampah yang masih ada di dalamnya.
  3. Cobalah Anda memasukkan air ke dalam saluran tersebut untuk mengecek apakah sudah lancar atau belum? Jika aliran airnya sudah lancar berarti pekerjaan Anda telah selesai dikerjakan. Tapi bila aliran air di dalam saluran ini masih tersumbat, mampet, dan tersendat-sendat, Anda harus melakukan jurus selanjutnya.
  4. Jurusnya cukup merepotkan karena Anda harus membongkar bagian-bagian belokan di saluran air tersebut. Mengapa harus di bagian kelokan? Sebab faktanya memang bagian ini sering kali menjadi tempat menumpuknya sampah. Biasanya ada begitu banyak kotoran yang terkumpul di dalam belokan ini.
  5. Jika Anda sudah berhasil membongkar bagian-bagian belokan pada saluran air yang bermasalah tersebut, kini waktunya bagi Anda untuk membersihkan semua kotoran yang ada. Silakan Anda keluarkan semua sampah apapun itu dari dalam saluran air sampai benar-benar bersih. Niscaya saluran air ini pun tidak akan mampet lagi.