5 Bahan Alternatif untuk Menghilangkan Jamur Pada Lemari Kayu

Memang sih ada begitu banyak jenis-jenis lemari berdasarkan bahan pembuatnya. Namun lemari kayu tetap selalu di hati. Sayangnya lemari ini rentan terkena serangan jamur. Organisme yang termasuk ke dalam kingdom fungi memang suka tumbuh di jamur. Biasanya jamur ini akan hidup dan berkembang biak di tempat yang lembab. Misalnya seperti kolong lemari, balik kayu, ataupun balik pintu. Sebenarnya bibit jamur ini bisa masuk ke rumah kapan saja. Ketika kondisi di rumah Anda memungkinkannya untuk tumbuh, maka bersiap-siaplah Anda akan menjumpai ladang jamur di mana-mana.

Sayangnya pembersihan dengan cara apapun tidak bisa menjamin jamur-jamur ini akan pergi selamanya dari rumah. Jamur mungkin hanya akan menghilang untuk sementara waktu, kemudian akan muncul lagi pada saat kondisi di rumah Anda sudah kembali mendukungnya untuk hidup. Termasuk jamur tersebut tumbuh di lemari kayu pun sangat mungkin bisa terjadi. Namun tentu saja Anda tak boleh membiarkan masalah ini terus berlarut-larut. Sebab tumbuhnya jamur di lemari tidak hanya merusak penampilannya saja, tetapi juga dapat merusak struktur lemari tersebut sehingga akan melemah.

Anda tidak harus menggunakan bahan khusus pembasmi jamur untuk menghilangkan jamur-jamur yang tumbuh di lemari kayu. Kenyataannya Anda pun dapat memanfaatkan bahan-bahan alternatif yang telah tersedia di rumah untuk memberantas jamur tersebut. Kira-kira apa saja yang bahan-bahan yang dapat kita gunakan? Yuk, kita cari tahu bersama-sama!

Jeruk Nipis dan Garam

Cara termudah untuk membasmi jamur yang hidup di lemari adalah memanfaatkan bahan-bahan alami yang sudah tersedia di dapur. Misalnya Anda bisa memakai kombinasi jeruk nipis dan garam. Seperti kita tahu bahwa jeruk nipis dan garam, keduanya merupakan bahan pembersih alami. Nah, jika kedua bahan ini dicampurkan menjadi satu pastinya akan menghasilkan kinerja yang lebih optimal. Silakan Anda bisa mencampurkan sari jeruk nipis dengan tambahan sedikit garam, lalu aduk rata. Oleskan cairan ini pada lemari yang berjamur memakai sikat gigi. Lakukan penyikatan secara berulang-ulang sampai kerumunan jamur tersebut benar-benar sirna dari permukaan lemari.

Cuka dan Air

Air dan cuka merupakan bahan alami selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan jamur yang tumbuh di lemari kayu. Sebenarnya Anda bisa langsung memakai cuka saja. Namun kami sarankan encerkan dengan sedikit air agar mengurangi kandungan asam pada cuka sehingga tidak membahayakan atau merusak permukaan lemari. Anda dapat memulainya dengan mencampurkan cuka putih dengan sedikit air. Lantas basuhkan cairan ini pada permukaan lemari yang terkena jamur. Untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal, Anda bisa memakai cuka saja. Namun sekali lagi kami ingatkan bahwa cuka akan menimbulkan risiko pada warna lemari kayu yang akan memudar.

Borax dan Air

Seperti kita tahu, borax merupakan bahan kimia yang yang berfungsi sebagai bahan pengawet. Borax ini bekerja dengan membunuh jamur agar tidak membusukkan suatu material. Oleh karena itu, borax juga bisa digunakan untuk membersihkan lemari Anda dari jamur. Adapun caranya yaitu campurkan 2 liter air dengan 2 mangkuk kecil borax, lalu aduk sampai tercampur rata. Setelah itu usapkan larutan borax ini ke seluruh permukaan lemari seolah-olah Anda sedang mengecatnya. Tujuannya agar seluruh permukaan lemari Anda terbebas dari jamur sampai tuntas. Jangan lupa pastikan Anda menjemur lemari tersebut sampai kering setelahnya supaya tidak lapuk.

Cairan Pemutih Pakaian

Cairan pemutih pakaian juga dapat Anda manfaatkan pada lemari kayu terutama untuk menghilangkan jamur yang menempel di permukaannya. Tetapi Anda harus melakukannya dengan hati-hati ya karena dampaknya bisa sangat berbahaya. Sebab bukan tak mungkin pemakaian cairan pemutih pakaian secara berlebihan akan melunturkan cat pada lemari kayu tersebut. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, campurkan larutan ini dengan air panas terlebih dahulu. Lantas Anda bisa membasuhkannya ke lemari menggunakan kain lap. Sekarang tinggal menunggu waktu saja, cepat atau lambat jamur-jamur yang tumbuh di lemari Anda pun pasti akan mati semuanya.

Obat Anti Nyamuk Semprot

 Semprotan nyamuk kenyataannya mengandung berbagai bahan kimia beracun yang tidak hanya ampuh untuk membunuh nyamuk, lalat, kecoa, dan serangga lainnya, tetapi juga mampu menghilangkan jamur yang ada di lemari kayu dengan efisien loh. Tidak percaya? Cobalah Annda menyemprotkan racun ini tepat ke arah permukaan lemari yang telah ditumbuhi jamur. Cukup Anda semprot secara merata saja, tanpa perlu disikat ataupun diusap memakai kain lap. Beberapa hari kemudian, semua jamur-jamur di sini pun akan hilang. Cara ini juga relatif lebih aman daripada metode-metode sebelumnya karena tidak merusak warna cat lemari kayu dan menimbulkan dampak negatif lainnya.