Cara Membasmi Tikus yang Merajalela di Loteng dan Plafon

Semua orang tentu ingin rumah tinggalnya senantiasa bersih. Termasuk Anda salah satunya. Kebersihan ialah sebagian dari iman. Rumah yang bersih pasti akan membuat semua orang yang tinggal di dalamnya bakal senantiasa sehat, baik jiwa maupun raganya. Lantas Anda pun melakukan usaha sedemikian rupa untuk memastikan tempat tinggal Anda sekeluarga tersebut selalu dalam kondisi yang bersih. Salah satu usaha yang bisa Anda kerjakan untuk menciptakan rumah yang sehat yaitu memasang plafon. Plafon ini dipasang persis di bawah atap dan tersambung langsung dengan rangka atap bangunan.

Struktur yang satu ini berguna untuk mencegah kotoran dari atap jatuh ke bawah, menghalangi percikan air hujan, serta meredam panas dari cahaya matahari. Adanya plafon ini juga membuat tampilan interior nampak lebih rapi. Pemasangan plafon secara otomatis akan membentuk ruangan baru yang dinamakan loteng. Loteng terletak persis di antara plafon dan atap. Jika ukuran loteng di rumah Anda cukup tinggi, Anda bisa memanfaatkannya menjadi ruangan tambahan di sini. Contohnya seperti kamar tidur, gudang penyimpanan, tempat membaca, ruang bersantai, ataupun ruangan menarik yang lainnya.

Tetapi kalau ukuran loteng tersebut tidak terlalu besar, maka Anda hanya dapat menjadikannya sebagai ruangan yang kosong saja. Sayangnya loteng yang kosong acap kali menjadi sarang tikus. Kondisi ini akan membuat rumah menjadi sangat jorok. Selain itu, keberadaan tikus yang tinggal di loteng tersebut juga dapat membahayakan struktur kayu yang ada di sana. Oleh karena itu, Anda tidak boleh membiarkannya saja. Anda dapat mengikuti kiat-kiat berikut ini supaya loteng di rumah Anda bebas dari tikus. Kiat-kiat di bawah ini akan memastikan kondisi loteng di rumah Anda menjadi lebih bersih!

Bersihkan Loteng Secara Rutin

Anda harus memeriksa kondisi loteng paling tidak setiap 2 minggu sekali. Cek seluruh sudut loteng untuk memastikan bahwa tidak ada tikus yang bersarang di dalamnya. Kemudian lakukan pembersihan secara menyeluruh terhadap bagian dalam loteng tersebut. Anda bisa menyapu seluruh kotoran yang terdapat di dalamnya. Atau Anda juga bisa menggunakan vacuum cleaner untuk membantu menghisap debu dan kotoran yang ada di permukaan lantai loteng tersebut. Anda cukup mengarahkan saja bagian moncong vacuum cleaner ke segala arah, maka debu pun akan tersedot dengan sendirinya.

Pastikan Kondisinya Selalu Kering

Tikus sangat menyukai tempat yang lembab dan gelap. Tikus-tikus ini akan hidup dengan damai di loteng yang mempunyai suhu udara yang ideal. Oleh karena itu, Anda harus menjaga kondisi lantai senantiasa dalam keadaan yang kering. Tujuannya tak lain agar suhu udara di dalam loteng tersebut menjadi panas sehingga tikus pun tak akan betah tinggal di dalamnya. Apabila ada genangan air akibat atap yang bocor atau percikan air hujan, maka Anda wajib segera mengelapnya. Trik ini juga akan bermanfaat terhadap kondisi plafon di bawahnya agar tidak terkena noda membandel akibat rembesan air.

Bikin Sirkulasi Udara Lancar

Tidak sedikit loteng yang dibuat dengan kondisi benar-benar tertutup atau minim ventilasi udara. Hal ini lantas membuat suasana di dalamnya menjadi pengap. Karena udara tidak dapat berputar dengan baik, maka kondisi loteng pun lama-kelamaan menjadi sangat lembab sehingga disukai oleh para tikus untuk dijadikan sebagai tempat tinggalnya. Sebaiknya Anda memberikan beberapa lubang ventilasi di loteng ini dalam jumlah yang cukup supaya udara di dalamnya dapat bersirkulasi dengan baik. Anda juga dapat menginstal exhausted fan yang menghubungkan loteng tersebut.

Tutuplah Akses Masuk Tikus

Mengapa tikus bisa masuk ke dalam loteng? Tak lain karena adanya lubang yang dapat dilaluinya. Perlu Anda ketahui, tikus merupakan binatang yang sangat unik dan cenderung nekat. Mereka bisa memasuki lubang yang berukuran sangat kecil asalkan kepalanya saja muat masuk ke lubang tersebut. Anda dapat mencegah tikus memasuki loteng dengan memasang kawat kasa di balik lubang-lubang yang terdapat di loteng. Sebaiknya Anda tidak menutup lubang tersebut dengan rapat karena kita masih membutuhkan aliran udara segar di sini. Cukup tutup saja lubang-lubang ini memakai kawat kasa.

Buat Loteng Beraroma Menyengat

Anda pasti sudah tahu kalau tikus mempunyai indera penciuman yang sangat baik, kan? Bahkan indera penciuman yang dimiliki oleh tikus ini jauh lebih tajam daripada manusia. Jadi tidak mengherankan kalau para tikus menjadikan hidungnya sebagai indera utamanya. Nah, Anda dapat mengganggu tikus dengan meletakkan benda-benda beraroma menyengat di loteng ini. Kalau tidak mau repot, maka gunakan saja beberapa produk pengharum ruangan. Anda dapat memilih bahan pengarum yang memiliki aroma yang sangat tajam. Lantas, letakkan bahan-bahan tersebut di dalam loteng.

Pasang Jebakan Tikus di Loteng

Jangan biarkan para tikus ini mengganggu ketenteraman Anda sekeluarga tinggal di dalam rumah. Anda harus menanggulangi tikus-tikus tersebut secara total hingga tak menyisakan seekor pun. Cobalah pakai jebakan-jebakan tikus yang banyak dijual di pasar. Anda bisa memasang jebakan kawat, jebakan berduri, jebakan pisau, dan sebagainya. Anda juga dapat memakai produk modern bernama Johny Cat yang ada di www.alatperabotan.com loh. Biar hasilnya semakin optimal, taburkan pula beberapa bahan makanan yang telah diberi racun tikus di loteng tersebut. Meskipun cukup merepotkan, ini merupakan solusi yang paling ampuh untuk membuat loteng benar-benar bebas dari tikus.