Membersihkan Mobil Sendiri di Rumah Tanpa Harus ke Salon

Apakah Anda berniat untuk mencuci mobil Anda sendiri? Belum tahu bagaimana tekniknya supaya tidak menimbulkan goresan di body mobil? Jika dibandingkan dengan mencuci sepeda motor, mobil lebih sulit dicuci. Mengapa sih? Selain karena ukuran kendarannya yang lebih besar, komponen-komponennya pun lebih kompleks. Sehingga membutuhkan teknik yang berbeda-beda untuk membersihkan mobil ini. Anda mesti membersihkan mobil dengan sebaik-baiknya. Kesalahan dalam melakukan proses pembersihan ini justru dapat menyebabkan kondisi mobil tersebut menjadi rusak dan semakin kotor.

Sebelum berlanjut pada proses pencucian, terlebih dulu Anda perlu memahami faktor-faktor apa saja yang harus diperhatikan saat mencuci mobil tersebut, antara lain :

  • Bersihkan debu yang melekat pada mobil, sebelum diguyur air bersih.
  • Waktu ideal untuk mencuci mobil adalah jam 8 pagi atau 5 sore.
  • Jangan mengeringkan mobil dengan menjemur di bawah terik matahari.
  • Biasakan mengelap bagian mobil yang terbuat dari besi agar tidak berkarat.
  • Gunakan cairan pembersih khusus untuk mobil.
  • Hindari memakai deterjen pakaian karena partikel-partikelnya bisa menggores mobil.
  • Mulailah dari interior apabila ingin mencuci seluruh bagian mobil
  • Gunakan dua lembar kain non-fiber untuk mencuci bagian atas mobil dan bagian bawahnya.

Kondisi mobil memang harus Anda perhatikan dengan baik. Sebab bagaimanapun juga kebersihan mobil tersebut berpengaruh besar terhadap penampilannyaa. Berikut ini petunjuk lengkap bagaimana sih cara membersihkan mobil yang baik dan benar!

INTERIOR MOBIL

Mencuci interior mobil membutuhkan ketelatenan yang ekstra karena selain proses pembersihan, kita juga dituntut untuk mengeringkannya supaya tidak menimbulkan jamur di bagian ini. Mulailah dengan melepaskan bagian jok agar pembersihan lebih mudah dilakukan. Selanjutnya bersihkan semua kotoran dan noda yang ada sampai berkilau kembali. Noda dari tumpahan minuman ataupun makanan biasanya cukup sulit untuk dihilangkan. Oleh karena itu, Anda perlu bantuan sikat untuk menyekanya. Jangan lupa juga untuk membersihkan sudut-sudut di dalam mobil karena ini merupakan berkumpulnya tumpukan-tumpukan debu. Terakhir adalah mengelap kaca bagian dalam memakai cairan pembersih kaca biasa.

EKSTERIOR MOBIL

Pada saat membersihkan bagian body luar mobil, dibutuhkan pemahaman dan kehati-hatian agar tidak menimbulkan gores. Usahakan memakai busa sabun yang banyak supaya debu bisa langsung terangkat. Pertama-tama, tutuplah semua pintu dan jendela supaya air pembersihan tidak masuk ke dalam. Kedua, semprotkan air sebentar saja untuk menghapus kotoran serta debu-debu yang melekat. Ketiga, lakukan lah proses pembersihan dengan mengutamakan bagian atas mobil terlebih dahulu, kemudian bagian di bawahnya. Cucilah mobil sampai seluruh permukaannya tersapu bersih. Akhiri dengan mengelap mobil tersebut menggunakan kain microfiber yang lembab agar cepat kering.

MESIN MOBIL

Untuk bagian mesin mobil, pembersihan cukup dikerjakan dengan mengelapnya saja menggunakan kain yang kering. Sebab di bagian ini terdapat rangkaian elektronika yang kompleks sehingga membuat mesin tersebut menjadi sangat rentan apabila terkena air. Anda harus berhati-hati dalam membersihkan mesin mobil ini ya. Silakan gunakan kain lap yang lembab untuk menghilangkan partikel-partikel debu yang ada di permukaan komponen-komponen mesin mobil. Kalau Anda cukup paham mengenai komponen mesin ini, maka tak ada salahnya kok untuk melepaskannya barang sebentar supaya proses pembersihan tadi dapat dilakukan dengan lebih mudah serta hasilnya pun menjadi lebih maksimal.

BAN MOBIL

Pencucian ban dilakukan supaya tampilan mobil Anda terlihat sempurna, bersih dari atas sampai bawah. Mencuci ban membutuhkan tenaga yang lebih banyak karena bagian ini paling kotor. Mulailah dengan menyemprot ban mobil terlebih dahulu agar kotoran-kotoran yang menempel dapat lepas. Selanjutnya, sikat seluruh ban untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang melekat di sela-selanya. Kemudian, basuh sekali lagi untuk meluruhkan kotoran-kotoran tersebut. Pastikanlah permukaan ban sudah bersih. Lalu, Anda bisa mengelapnya sebentar untuk menghilangkan airnya. Berikan shampo ban supaya tampilannya menjadi hitam mengkilap seperti baru.