Cara Mencuci Gorden yang Benar Sesuai Jenis Bahan Kainnya

Kita sering kali terlupa untuk membersihkan gorden-gorden yang tergantung dengan indah di beberapa jendela rumah. Sehingga pada saat kita tersadar untuk membersihkannya, kondisi gorden tersebut telah terlanjur kotor sekali. Hampir semua bagian permukaannya tertutupi oleh kotoran dan debu. Bahkan tak jarang ada sarang laba-laba di balik lipatan gorden. Faktanya yaitu gorden ini memang tidak perlu dicuci setiap waktu. Namun Anda tetap wajib menjaga kebersihannya supaya tidak merusak keindahan rumah. Caranya dengan merawat gorden tersebut dan mencucinya secara berkala.

Waktu yang paling tepat untuk mencuci gorden adalah setiap tiga bulan sekali. Sementara untuk bagian vitrasenya dapat Anda bersihkan setiap seminggu sekali karena lebih cepat kotor. Tentunya Anda harus menyesuaikan dengan kondisi kebersihan gorden tadi. Pokoknya jangan pernah merasa malas deh kalau soal urusan menjaga kebersihan rumah ini. Toh, Anda sekeluarga sendiri yang bakal menikmati manfaat rumah yang bersih nantinya. Termasuk salah satunya yaitu membersihkan gorden ini ya. Bagaimanapun juga Anda mesti menjaga kebersihan gorden tersebut agar tetap terlihat menarik.

Apakah Anda masih ingat kapan terakhir kali jadwal mencuci gorden Anda kerjakan? Kebanyakan orang memang mengaku kurang suka mencuci gorden sebab ukurannya yang cukup lebar membuat pekerjaan yang satu ini terasa sangat merepotkan. Mau mencuci gorden menggunakan mesin cuci takut jika malah akan merusaknya. Maka tak heran, tidak sedikit orang yang membawa gorden tersebut ke laundry untuk dicucikan dibandingkan harus repot mencucinya sendiri. Padahal mencuci gorden itu tidak terlalu susah kok asalkan Anda mengetahui bagaimana trik untuk mencucinya yang benar.

Bagi Anda yang mau berhemat, silakan cucilah semua gorden di rumah menggunakan tips-tips dari kami di bawah ini. Kiat-kiat berikut sudah biasa kami gunakan ketika sedang mencuci kain gorden. Selain akan meringankan pekerjaan Anda, gorden yang dicuci pun akan tetap terawat dengan baik.

Gorden yang terbuat dari bahan katun, satin, poliester, atau jenis kain-kain lainnya yang bersifat ringan, halus, dan lemas dapat dicuci secara manual atau menggunakan mesin cuci. Anda bisa memberlakukan gorden tersebut sama seperti sedang mencuci pakaian. Tak ada trik khusus untuk membersihkan gorden dari bahan-bahan ini. Karena pada dasarnya bahan-bahan ini memang mudah dicuci dan tidak gampang rusak. Anda bisa langsung mencucinya begitu saja ya.

Berbanding terbalik dengan gorden yang terbuat dari kain beludru, organza, atau jenis kain-kain lainnya yang bersifat berat, maka Anda harus mencuci gorden tersebut dengan teknik yang khusus. Salah-salah justru gorden tersebut akan rusak akibat perlakuan yang keliru. Misalnya, memeras gorden dengan cara memelintirnya atau menggosoknya memakai sikat yang berbulu kasar. Ini merupakan teknik yang salah. Sebaiknya Anda hanya mengucek gorden ini memakai tangan.

Lain lagi dengan gorden yang terbuat dari bahan kain chenille. Bahan ini begitu istimewa sehingga perlu dicuci dengan metode khusus. Anda harus mencucinya dengan proses cuci kering (dry clean) agar tidak merusak gorden tersebut. Sebab kalau gorden chenille dicuci menggunakan teknik yang biasa, maka bisa dipastikan ukurannya akan menciut. Kain chenille membutuhkan proses pencucian secara khusus sebab karakteristik bahannya memang sangat unik dan berbeda.

Khusus untuk gorden yang dilengkapi pelmet, Anda tidak boleh sampai mencuci gorden tersebut secara sembarangan. Jika Anda melakukannya asal-asalan, dijamin deh gorden kesayangan Anda bakalan cepat rusak. Terutama pada bagian kain keras yang memerlukan perawatan secara khusus. Anda hanya perlu menyiram gorden ini menggunakan air secukupnya. Lalu sikatilah hanya pada bagian gorden yang kotor saja. Itu pun harus menggunakan sikat yang berbulu halus ya.

Beberapa gorden dipercantik dengan vitrase. Proses pencucian vitrase yang polos ini dapat dilaksanakan menggunakan mesin cuci. Namun untuk vitrase yang berumbai atau berbordir sebaiknya cukup dikucek saja menggunakan tangan. Jangan pernah mencuci vitrase berumbai atau berbordir memakai mesin cuci ataupun sikat. Mengapa? Karena dapat menyebabkan kerusakan yang permanen terhadap vitrasie tadi. Anda harus mencuci virase ini sedikit demi sedikit sampai bersih.

Kami sarankan untuk merendam gorden dan vitrase di air panas terlebih dahulu selama 2-3 jam sebelum dilakukan proses pencucian ini. Tujuannya supaya hasil pencucian lebih maksimal, kain lebih bersih, dan warnanya pun tampak lebih cerah. Proses perendaman ini sangat efektif loh menghilangkan lemak serta kotoran membandel yang menempel di serat kain ini. Barulah kemudian Anda dapat mencucinya sampai bersih secara manual dengan menguceknya hingga bersih.

Walaupun cukup merepotkan, tetapi wajib hukumnya melepaskan semua aksesori yang terpasang pada gorden yang akan dicuci. Anda harus mencopot semua kawat, smock ring, besi, dan hiasan-hiasan lain yang menempel pada gorden tersebut. Ingatlah bahwa aksesori tadi dibuat dari bahan logam besi yang akan berkarat apabila permukaannya tergores kemudian terkena air. Tidak hanya aksesori tadi saja yang akan rusak, tetapi noda karat yang menempel di gorden pun akan sulit dihilangkan.