Kerjakan Sendiri : Cara Membuat Pagar Bambu Utuh yang Bagus

Bambu dikenal sebagai bahan bangunan yang kokoh, harganya cukup murah, gampang diperoleh, serta memiliki nilai keindahan tersendiri. Apalagi sifatnya yang fleksibel juga memungkinkan kita untuk dapat mendesain pagar bambu dengan beragam bentuk. Tak salah kalau Anda jatuh hati pada material ini dan memilih menggunakannya sebagai bahan baku pembuatan pagar. Sebab kenyataannya memang bambu cocok sekali digunakan untuk membuat pagar. Anda bisa membangun pagar bambu yang sesuai dengan desain rumah Anda secara keseluruhan agar nampak harmonis.

Dalam perancangannya, desain pagar bambu yang dibangun sebaiknya disesuaikan dengan karakteristik rumah yang dilindunginya dan panorama lingkungan di sekitarnya. Pagar yang terletak di samping kamar tidur atau kamar mandi sebaiknya dibuat lebih tinggi serta disusun dengan rapat. Sedangkan pagar yang ada di depan rumah dapat Anda bangun lebih renggang dan lebih pendek dengan tetap memperhatikan kekhasan dari material bambu itu sendiri. Gambar-gambar di bawah ini mungkin dapat menjadi inspirasi desain bagi Anda dalam membuat pagar bambu di rumah yang menarik.

Selain dipasang dalam bentuk yang utuh, Anda juga bisa menggunakan bilah-bilah bambu atau pelupuh bambu. Bilah bambu adalah bambu yang dibelah. Sedangkan pelupuh bambu yaitu bambu yang dibelah dan dihilangkan bagian penyekatnya, kemudian dirancah serta dipukul-pukul sampai menjadi lembaran yang tipis. Silakan Anda dapat memanfaatkan jenis-jenis bambu tersebut sesuai dengan selera dan juga kebutuhan.Untuk membangun pagar bambu, Anda bisa menyusun bambu-bambu tersebut dengan pola horisontal, vertikal, ataupun diagonal. Silakan sesuaikan dengan desain impian Anda.

Kali ini Arafuru akan berbagi panduan tentang proses pembuatan pagar bambu sederhana. Silakan Anda bisa mengikuti panduan di bawah ini serta mengembangkannya sendiri sesuai dengan selera!

ALAT DAN BAHAN :

  • Bambu
  • Kayu
  • Gergaji
  • Pisau
  • Paku
  • Palu
  • Rotan

LANGKAH KERJA :

  • Buat sketsa awal yang mampu menggambarkan pagar bambu yang ingin Anda buat. Anda dapat merancangnya secara manual ataupun memakai aplikasi android dan software komputer. Anda bisa menggunakan Google Sketch Up untuk mendesain pagar bambu dengan mudah.

  • Potonglah batang bambu dengan ukuran sesuai rancangan awal menjadi beberapa bagian yang mempunyai ukuran sama. Bersihkan bagian bekas potongan bambu tersebut supaya tak tajam. Anda mesti memotong bambu-bambu ini sesuai dengan rancangan sketsa di atas ya.
  • Tentukan posisi pembuatan pagar bambu di halaman rumah Anda yang pas. Kemudian buatlah terlebih dahulu bagian kerangka pagarnya terlebih dahulu. Kami sarankan gunakanlah pagar dari bahan beton supaya strukturnya lebih kuat dibandingkan memakai kerangka bambu.

  • Buat lubang di tanah sebagai tempat penancapan bambu. Jarak lubang ini terserah Anda apakah mau rapat atau renggang. Yang penting ukurannya sama persis sehingga susunan batang bambu nantinya akan terlihat rapi. Anda bisa membuat pola tertentu pada batang-batang bambu ini.
  • Masukkan potongan bambu satu per satu ke dalam lubang yang sudah dibuat sebelumnya. Lalu uruglah kembali memakai tanah di sekelilingnya. Pastikan bambu mampu berdiri dengan kokoh. Berdirinya bambu tersebut harus benar-benar kuat serta tidak gampang roboh.

  • Bagian atas setiap bambu lantas dihubungkan ke rangka kayu. Gunakan paku yang ditancapkan dengan kuat pada bambu hingga menembus ke kayu tadi. Ulangilah proses pemakuan ini sampai seluruh batang bambu yang berdiri dapat terpasang ke rangka batang kayu di atasnya.
  • Akan terlihat kurang menarik apabila kerangka kayu tadi dibiarkan apa adanya begitu saja. Oleh sebab itu, Anda dapat menggunakan potongan bambu yang berdiameter besar sebagai finishing. Silakan Anda membelahnya manjadi dua bagian, lalu gunakan untuk menutupi kerangka tadi.

  • Untuk memperindah tampilan pagar bambu yang sudah Anda buat, cobalah mengikatkan rotan ke seluruh hubungan antar batang-batang bambu ini. Tali rotan ini juga sekaligus berguna untuk meningkatkan kekuatan dari ikatan masing-masing batang bambu tersebut.
  • Aplikasikan juga pernish secara merata ke seluruh permukaan batang-batang bambu tersebut. Selain bisa memperindah tampilannya, pernis juga berfungsi sebagai pelindung bambu dari terik matahari dan air hujan. Pagar bambu akan lebih awet jika sudah dicat memakai pernish secara merata.