Cara Merawat dan Mencuci Karpet Lantai Sendiri di Rumah

Kebiasaan untuk mempercantik penampilan lantai interior memakai karpet dilakukan oleh semua orang. Corak karpet yang beraneka warna mempermudah kita dalam memilih karpet mana yang sesuai dengan desain ruangan. Penggunaan karpet sebagai dekorasi juga bisa dibilang relatif murah kalau dibandingkan dengan kesan yang dapat diciptakan olehnya. Di balik penampilannya yang anggun, ternyata karpet pun mudah kotor. Penyebab pertama tentunya karena karpet berguna sebagai alas sehingga menjadikannya tempat mendarat bagi makanan, minuman, dan debu yang berjatuhan.

Penyebab kedua karena karpet umumnya terbuat dari kain membuatnya mudah menyerap air, kotoran, minyak, dan tumpahan sisa-sisa bahan makanan yang ada di sekitarnya. Tetapi ukuran karpet yang besar sering membuat kita malas memperhatikan kebersihan karpet. Lebih-lebih karena karpet berfungsi juga sebagai hiasan, maka kita tidak ingin pesonanya memudar apabila terus-menerus dicuci, kan? Sehingga Anda pun bingung sendiri bagaimana cara merawat karpet yang benar. Sebenarnya tidak terlalu susah kok untuk bisa merawat karpet di rumah. Caranya adalah seperti di bawah ini ya!

Supaya Anda tidak ragu lagi, kami punya tipsnya untuk dapat merawat karpet dengan benar. Berikut ini 4 hal yang perlu dilaksanakan untuk menjaga kualitas karpet di rumah. Anda harus merawatnya dengan baik ya untuk mendapatkan hasil yang optimal.

  • Letakkan karpet di posisi yang tidak terkena sinar matahari langsung. Sebab sinar matahari yang mengenai permukaannya secara terus-menerus bisa menyebabkan warnanya cepat memudar.

  • Bersihkan karpet minimal setiap 2-3 hari sekali menggunakan vacum cleaner. Penggunaan mesin penyedot debu ini memungkinkan kebersihan karpet selalu terjaga dan bebas dari kotoran.

  • Baking soda mampu menghilangkan bau pada karpet. Caranya taburkan baking soda ke seluruh permukaan karpet secara acak. Tunggu kira-kira 1 jam. Kemudian tinggal membersihkannya.

  • Ubahlah posisi karpet secara berkala setiap sebulan sekali. Dengan cara ini, maka warna karpet pun tidak akan memudar di bagian sebelahnya. Anda harus melakukannya secara teratur.

Untuk perawatan yang lebih maksimal, Anda perlu mencuci karpet setiap 10-12 bulan sekali tergantung tingkat kebersihannya. Proses membersihkan karpet ini harus dilakukan dengan sungguh-sungguh untuk membuahkan hasil yang maksimal. Adapun tata cara mencuci karpet adalah sebagai berikut!

Persiapan Awal

Sebelum Anda membersihkan karpet, Anda perlu menyiapkan tempat serta peralatan yang dibutuhkan terlebih dahulu ya. Sebenarnya sih peralatan untuk mencuci karpet ini hampir sama seperti ketika Anda mencuci baju. Di sini Anda memerlukan sabun deterjen dan pelembut kain. Kalau Anda memiliki produk pembersih khusus karpet pun boleh ikut disertakan juga. Tentunya pemakaian sabun pembersih khusus untuk karpet ini pasti akan memberikan hasil yang lebih optimal. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan selang dengan aliran air yang memiliki tekanan cukup kuat.

Proses Pembersihan Karpet

Untuk dapat membersihkan karpet, pertama-tama pastikanlah karpet sudah dibersihkan dari debu yang menempel. Ini dimaksudkan agar pencuciannya nanti bakal terasa jauh lebih mudah. Untuk itulah, Anda perlu bantuan vacum cleaner untuk membersihkannya. Setelah itu, siramkanlah air bersih ke permukaan karpet untuk membasahinya. Gosok secara perlahan-lahan dengan bantuan sikat halus dan deterjen ke seluruh permukaan karpet. Lalu bilas dengan memakai air bersih. Usapkan cairan pelembut pada semua permukaan agar karpet tetap lembut di kaki. Lalu bilas dengan air bersih sekali lagi.

Penjemuran Karpet

Setelah tahap pencucian karpet telah selesai dilaksanakan, Anda bisa membawa karpet ke luar ruangan. Usahakan jangan menjemur karpet di bawah terik matahari karena bisa merusak bahannya. Penjemuran cukup dilakukan di teras rumah ataupun di bawah teduh pohon. Anda harus menjemur karpet tersebut sampai kondisinya benar-benar kering ya. Biarkan karpet tersebut mengering sedikit demi sedikit sampai mampu mengering dengan sempurna. Jangan biarkan kondisinya lembab sebab berisiko akan ditumbuhi jamur. Anda harus bersabar dalam menjemur karpet yang baru dijemur tersebut.