Cara Mengusir Rayap Beserta Koloninya Sampai Musnah

Kendati ukuran tubuhnya terbilang kecil, sekawanan rayap mampu menjadi hewan perusak rumah yang paling berbahaya bahkan mengalahkan tikus sekalipun. Serangan rayap-rayap ini sanggup menggerogoti struktur kayu di rumah Anda, kemudian merobohkan susunan batu bata dalam waktu yang cepat sekali. Oleh karena itulah, Anda harus mewaspadai keberadaan serangga yang satu ini. Anda mesti melakukan upaya-upaya perlawanan yang nyata terhadap gerombolan rayap agar binasa sampai ke sarangnya. Tapi bagaimana cara mengusir rayap dari rumah yang efektif alias ampuh?

Di bawah ini kami mempunyai beberapa solusi untuk mengusir rayap dari Arafuru. Anda dapat mencoba mengerjakannya sendiri, lalu memperhatikan hasil akhirnya nanti.

Menghilangkan Langsung Sumber Makanannya

Rayap membangun koloninya di dalam rumah karena ketersediaan bahan pangan yang melimpah di sini berupa kayu. Karenanya pastikan kayu-kayu di rumah Anda senantiasa ditempatkan jauh dari jangkauan rayap. Usahakanlah permukaan kayu tersebut selalu dalam keadaan kering. Mengapa? Sebab kayu yang lembab akan mengeluarkan suatu bau yang mampu menarik perhatian rayap. Selanjutnya, pastikan juga pemasangan struktur kayu tersebut tidak bersentuhan langsung dengan tanah. Sehingga Anda pun bisa mendeteksi serangan rayap lebih mudah nantinya berupa terowongan-terowongan kecil dari tanah.

Cobalah Pembasmian dengan Bahan Alami

Campuran daun sirih, daun pepaya, putung rokok, dan garam dipercaya sanggup mengusir rayap secara efektif dari rumah. Caranya sangat mudah kok. Anda tinggal haluskanlah bahan-bahan ini menggunakan blender dengan tambahan air secukupnya. Kemudian saring ampasnya, lalu masukkan airnya ke dalam botol spray. Terakhir tambahkan alkohol 70% sebanyak 2/3 dari total cairan. Untuk mengaplikasikannya, Anda cukup menyemprotkan cairan ini ke seluruh permukaan kayu yang sudah diserang rayap. Dijamin deh koloni rayap tersebut pasti akan musnah sampai ke telur-telurnya.

Mengaplikasikan Kapur Gamping pada Permukaan Kayu

Metode pembasmian rayap dengan trik tradisional yang lainnya ialah dengan memberikan lapisan kapur gamping ke seluruh permukaan kayu. Cobalah mengaplikasikan kapur gamping yang sudah dicairkan ke seluruh permukaan kayu, seperti saat Anda mengecat dinding. Kapur ini akan mengeluarkan hawa panas yang akan menyebabkan rayap tidak bisa hidup pada rongga-rongga di dalamnya. Selanjutnya Anda bisa mengecat permukaan kayu yang telah terserang rayap menggunakan cairan kapur gamping ini. Oleskan secara merata ke seluruh bidang kayu tersebut ya.

Terapkan Termisida Sebagai Jurus Terakhir

Termisida merupakan obat kimia yang ditujukan khusus sebagai pengusir hama. Pun obat ini dapat Anda manfaatkan sebagai bahan untuk membasmi rayap. Penerapannya sangat mudah. Yakni cukup dengan menyemprotkannya ke permukaan kayu dan sarang rayap. Meskipun terbilang sangat efektif membasmi rayap, penggunaannya harus sesuai takaran karena mengandung efek samping yang mampu merugikan kesehatan Anda maupun lingkungan rumah. Jadi, gunakan cara yang satu ini sebagai langkah terakhir ya. Selain itu, Anda juga harus mengikuti petunjuk pemakaian bahan termisida ini dengan baik.