Cara Bersihkan Lantai Marmer dengan Krim Poles Mobil

Lantai marmer merupakan salah satu material lantai yang eksklusif. Kemewahan dari lantai ini terpancar berkat pesonanya yang indah dengan permukaan yang mengkilap. Oleh sebab itu, lantai marmer banyak dipakai pada bangunan-bangunan yang bernilai seni tinggi. Memilih marmer sebagai lantai rumah bakal menciptakan kesan hunian yang premium. Perpaduan antara warna dan corak lantai marmer ini dengan permukaannya yang mengkilap menghasilkan panorama yang mewah sekali. Anda harus merawat lantai marmer ini dengan baik supaya pesonanya tidak pernah memudar.

Salah satu bentuk perawatan dasar yang harus diberikan terhadap lantai marmer adalah membersihkan permukaan lantai. Anda harus senantiasa membersihkan lantai marmer tadi supaya bebas dari kotoran. Caranya mudah saja. Anda dapat membersihkannya dengan menyapu lantai atau menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot partikel-partikel debu yang ada di permukaannya. Lantas Anda bisa mengepel lantai marmer ini sampai bersih. Kalau mau permukaan lantai marmer ini tetap mengkilap dan kinclong, maka Anda membutuhkan trik khusus yang lebih dari sekadar mengepel.

Kami menyarankan Anda menggunakan krim poles mobil untuk membuat penampilan lantai marmer di rumah tetap kinclong. Yap, krim yang biasa dipakai untuk memoles body mobil ini ternyata bisa juga loh dimanfaatkan untuk memoles permukaan lantai marmer. Hasilnya pun tidak kalah bagus dengan bahan poles marmer sungguhan. Permukaan lantai marmer tidak hanya bersih saja, tetapi kilau permukaannya tetap terjaga dengan baik. Jadi pesona lantai marmer yang begitu mewah dan elegan ini bisa tetap Anda pertahankan cukup dengan memanfaatkan krim poles mobil ini saja.

Silakan Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini sebagai panduannya ya!

ALAT DAN BAHAN :

  • Cairan pembersih lantai
  • Krim poles mobil
  • Kain microfiber
  • Busa (spons)
  • Sapu/vacuum cleaner

LANGKAH KERJA :

Langkah 1. Bersihkan Lantai Marmer

Bersihkan seluruh permukaan lantai dari kotoran menggunakan sapu. Berikan perhatian yang lebih pada sudut-sudut ruangan di mana sering menjadi tempat berkumpulnya debu. Anda juga bisa menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan permukaan lantai marmer tersebut. Fokus utama kita kali ini yaitu membuat kondisi lantai marmer ini sebersih mungkin tanpa adanya partikel-partikel debu sedikit pun di atasnya. Jadi Anda harus melaksanakan pekerjaan ini dengan sungguh-sungguh. Sebab kalau sampai ada kotoran yang tertinggal di atas lantai akan mempengaruhi hasil dari pemolesan nantinya.

Langkah 2. Terapkan Krim Poles Mobil

Untuk menjaga dan atau mengembalikan kilau lantai marmer di rumah, Anda dapat memanfaatkan krim poles mobil. Krim yang biasanya dipakai untuk memoles body mobil ini ternyata juga ampuh digunakan untuk memoles permukaan lantai marmer loh. Hasilnya tidak kalah dengan menggunakan bahan khusus untuk memoles marmer. Cara menggunakan krim poles mobil pada permukaan lantai marmer ini mudah saja sih. Anda tinggal mengoleskan krim ini ke seluruh permukaan lantai hingga merata. Diamkan selama 20-30 menit agar krim tersebut meresap ke dalam pori-pori lantai marmer.

Langkah 3. Lakukan Pengepelan Kembali

Anda bisa mengepel lantai marmer memakai cairan pembersih khusus. Ini merupakan cairan yang aman digunakan untuk membersihkan lantai marmer. Cairan ini biasanya banyak tersedia di supermarket kok. Cairan pembersih ini mampu membersihkan lantai marmer tanpa menimbulkan permukaannya menjadi kusam. Tapi kali ini Anda mesti mengepel lantai marmer untuk membersihkan lapisan krim poles mobil yang sudah diaplikasikan tadi. Lakukan proses pengepelan ini secara merata ke seluruh bagian ruangan. Setelah kondisi lantai ini mengering, Anda akan melihat permukaannya nampak lebih berkilau.