9 Tips Praktis Menata Interior Rumah Menjelang Lebaran Biar Lebih Menarik

Menjelang tibanya Hari Lebaran seperti sekarang ada begitu banyak orang yang berusaha untuk menata ulang interior rumahnya. Tujuannya cuma satu yaitu membuat desain interior ini nampak lebih menarik ketika Hari Raya Idul Fitri nanti. Bagaimana pun Lebaran merupakan momen yang sangat spesial, kan? Di hari tersebut, kita bakal berkumpul bersama dengan keluarga besar untuk saling maaf memaafkan dan merayakan kemenangan setelah berhasil menunaikan ibadah puasa di Bulan Ramadhan dengan baik. Itu sebabnya, Anda pun mesti menyambut kedatangan hari yang bagus ini sebaik-baiknya.

Mendesain interior rumah untuk keperluan lebaran berarti Anda membutuhkan kiat-kiat khusus untuk menyambut datangnya momen yang spesial ini. Bagaimana pun Hari Idul Fitri merupakan hari yang amat sangat istimewa. Sehingga wajar sekali bila kemudian kita pun menyambutnya dengan penuh suka cita. Salah satunya yang bisa dilakukan yaitu mendesain interior rumah. Anda bisa membuat kondisi di bagian dalam rumah nampak lebih menarik di momen yang spesial ini. Buatlah para kerabat, sanak famili, dan teman-teman yang datang berkunjung merasa nyaman seperti di rumahnya sendiri.

Tetap Tampil Sederhana Namun Elegan

Gunakan furnitur dan aksesoris ruangan secukupnya saja. Jagalah agar jangan sampai berlebihan karena itu tidak baik. Jumlah furnitur atau aksesori yang terlalu banyak juga justru akan mempersempit interior rumah serta membuatnya terlihat begitu berantakan. Banyaknya perabotan di rumah Anda hanya akan mengganggu aktivitas dan lalu lalang di dalamnya. Jadi pakailah furnitur yang memang diperlukan saja. Begitu pula dalam penempatan aksesori, usahakan jangan sampai berlebihan ya.

Hiasi Dinding supaya Nampak Berbeda

Hiasan dinding merupakan aksesoris yang wajib ditambahkan untuk mengisi kekosongan di area dinding. Perhatikan cara memasang hiasan tersebut supaya Anda bisa memaksimalkan keindahannya. Usahakan posisi hiasan dinding ini dipasang setara dengan jangkauan penglihatan mata Anda. Sebab hiasan yang digantung pada tempat yang terlalu tinggi cenderung akan luput dari perhatian mata. Di sisi sebaliknya, apabila hiasan dinding tadi terlalu rendah justru akan mengacaukan bidang dekorasi.

Percantik Jendela dengan Tirai/Gorden

Untuk mempermanis tampilan jendela, Anda dapat menambahkan tirai di sana. Keberadaan tirai ini mampu menciptakan nuansa yang penuh dengan kemewahan di dalam rumah. Namun apabila di sekitar rumah Anda sudah terdapat pemandangan yang begitu indah, sebaiknya jangan pasang tirai atau gorden ya. Biarkan saja pemandangan tersebut dapat dinikmati dari dalam rumah melalui jendela yang nampak begitu bersih dan jernih. Tugas Anda hanya perlu membersihkan jendela saja.

Tidak Usah Selalu Mengikuti Trend

Setiap tahun, tren desain interior memang selalu mengalami perkembangan. Ada kalanya tren tersebut cocok diterapkan di rumah Anda. Namun kadang-kadang malah sebaliknya, tren tersebut sama sekali tak sesuai dengan desain rumah Anda yang sesungguhnya. Kecermatan dalam memilih dan menyeleksi tren bisa meningkatkan nilai rumah Anda berkali-kali lipat. Kuncinya di sini adalah jangan selalu terpengaruh dengan tren. Lebih baik tampil percaya diri dengan kreativitas dan selera Anda pribadi.

Atur Pencahayaan di Dalam Rumah

Jenis pencahayaan berwarna putih dan terang memang akan memperluas desain ruangan secara efektif. Akan tetapi, kalau cahaya tersebut terlalu terang untuk ukuran ruangan Anda justru dapat memicu mata Anda cepat lelah karena terlalu silau. Oleh karena itu, pergunakanlah teknik lighting  secara menyebar untuk mengantisipasi kemungkinan buruk ini. Memasang 4 buah lampu yang mempunyai daya 25 watt secara acak jauh lebih baik daripada memasang sebuah lampu berdaya 100 watt.

Mainkan Sisi Pewarnaan di Interior

Supaya desain interior rumah Anda tampil lebih dinamis dan indah, kami sarankan untuk menghindari penggunaan warna-warna yang bersifat monoton. Misalnya yaitu warna putih yang sebaiknya dihindari dulu untuk mencegah rumah Anda terlihat membosankan. Sebisa mungkin kembangkan daya imajinasi dan kreatifitas Anda untuk memilih warna interior yang lebih menarik lagi. Cobalah mengombinasikan 2-3 warna sekaligus untuk menciptakan nuansa baru yang jauh lebih segar.

Pilihlah Furnitur Sesuai Ruangannya

Membeli furnitur-furnitur di dalam satu paket memang lebih mudah dan hemat karena Anda tidak perlu mencocokkannya lagi. Furnitur tersebut sudah terlihat sangat menarik sebab ada seorang desainer yang telah memadukannya dengan baik. Namun apabila ukuran ruangan yang Anda miliki tidak sesuai dengan jumlah furnitur ini, jangan pernah sekali-kali untuk memaksakannya ya. Carilah furnitur lain yang lebih sesuai dengan ukuran dan karakteristik ruangan. Anda juga bisa mencoba furnitur built-in.

Aturlah Posisi Furnitur dengan Benar

Mengatur posisi furnitur di suatu ruangan juga membutuhkan trik ternsendiri. Hindari menata furnitur dengan posisi yang diagonal, terutama di ruangan yang berukuran mungil. Kenapa? Karena bakal ada banyak ruangan yang terbuang percuma di dalamnya. Alhasil, interior ruangan pun akan terasa semakin sempit. Sebaiknya sih Anda mengatur furnitur-furnitur tersebut dengan posisi yang sesuai karakteristik ruangannya. Silakan baca artikel kami sebelumya tentang tata cara mengatur furnitur di rumah.

Tetap Percaya Diri dan Tunjukkanlah

Kepribadian dan selera yang Anda miliki memegang peranan penting dalam mendekorasi rumah Anda. Rajin-rajinlah mengunjung situs www.arafuru.com ini untuk memperoleh inspirasi desain rumah yang terbaru serta paling berguna. Jangan meragukan kemampuan Anda sendiri dalam mendekorasi interior rumah. Mulai dari sekarang, Anda bisa mencoba mendesain rumah Anda sendiri untuk persiapan pada hari Lebaran. Semua tips di atas dapat Anda jadikan sebagai pedoman dasar dalam bekerja.