9 Tips Menata Rumah Mungil Agar Terlihat Lebih Luas

Siapa bilang menata rumah mungil itu lebih susah? Kenyataannya justru sebaliknya loh. Penataan rumah mungil ini termasuk lebih mudah dikerjakan karena ukuran bidang yang perlu diolah terbatas. Kita hanya dituntut untuk menggunakan ruangan dengan efektif sehingga suasana di dalam interior ini tetap terasa lapang. Ya, kesan lebih luas merupakan tugas utama yang harus kita lakukan dalam menata rumah kecil. Walaupun kelihatannya sepele, namun faktanya pekerjaan tersebut membutuhkan trik tersendiri. Oleh sebab itulah, kami akan berbagi kiat-kiatnya secara lengkap dengan Anda.

Suatu rumah dikatakan mungil kalau mempunyai lebar kurang dari atau sama dengan 6 meter. Biasanya panjang rumah tersebut berkisar antara 10-14 meter, atau mungkin lebih kecil lagi. Sebenarnya dengan pengaturan layout ruangan yang baik, rumah tersebut tetap bisa dibuat menjadi besar. Namun kadang-kadang orang awam kurang mahir dalam mengatur penataan ruangan-ruangan ini. Akibatnya suasana di dalam rumah pun terasa semakin sempit. Di sinilah diperlukan pengaturan desain interior rumah tingkat lanjut untuk menciptakan kesan luas pada ruangan yang terasa sempit tersebut.

Berikut ini Arafuru bagikan rahasianya :

GABUNGAN RUANGAN

Pada rumah yang luas, Anda bisa dengan leluasa mengatur penempatan dan fungsi ruangan di dalamnya secara terpisah-pisah. Sedangkan untuk rumah yang sempit, cukup dengan menggabungkan 2-3 ruangan saja dapat membuat interiornya nampak lebih luas. Anda bisa membuat beberapa ruangan menjadi satu sehingga partisi-partisi yang dapat menciptakan kesan sempit  bisa dihilangkan. Sebagai contoh, cobalah menyatukan ruang tamu dan ruang keluarga, dapur dan ruang makan. Anda juga boleh menggabungkan tiga ruangan sekaligus seperti ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan.

FURNITURE MULTIFUNGSI

Perlu disadari bahwa setiap furniture yang Anda beli akan memakan ruangan. Ketika Anda memasukkan meja dan rak buku, maka area di dalam ruangan pun akan berkurang untuk menempatkan meja dan rak buku tersebut. Berbeda halnya apabila Anda membeli meja yang telah dilengkapi rak buku di bawahnya, Anda cukup menyediakan ruangan untuk meja saja. Inilah kelebihan utama furniture multifungsi. Rumah tetap dipenuhi oleh benda-benda yang kita butuhkan tanpa membuatnya sumpek. Jadi mulai sekarang Anda bisa membeli berbagai perabotan yang bersifat serbaguna ya.

FURNITURE PROPORSIONAL

Di samping memperhatikan sifatnya yang multifungsi, Anda juga sebaiknya menggunakan furniture yang berukuran proporsional. Furnitur ramping memungkinkan penempatannya dapat menghemat beberapa bidang lantai dan umumnya terlihat stylish. Hindari memilih meja yang lebar, sofa berlengan, dan lemari berukuran besar. Anda sebaiknya menggunakan perabotan proporsional yang ukurannya sesuai dengan ruangan yang akan ditempatinya. Bahkan jauh lebih bagus lagi manakala Anda menggunakan perabotan built-in yang dibuat secara khusus sesuai dengan spesifikasi ruangan.

RUANGAN TETAP SEHAT

Meskipun memiliki ukuran sempit, bukan berarti rumah selalu gelap dan lembab. Perbanyak jendela dan ventilasi udara agar suasananya selalu segar. Rumah yang terang juga membuatnya terlihat lebih lapang. Jika pembuatan jendela tidak memungkinkan, Anda dapat memasang skylight dan genteng kaca supaya ruangan selalu bercahaya. Anda mesti mengupayakan suasana di dalam rumah tersebut memiliki udara yang begitu segar dan dipenuhi oleh cahaya. Bagaimanapun juga interior rumah yang cerah akan terlihat lebih luas dari ukuran yang sebenarnya.

INTERIOR YANG NYAMAN

Faktor yang paling krusial untuk semua desain interior rumah adalah suasana yang bersih dan juga rapi. Bagaimanapun kondisi rumah Anda, jika di dalamnya bersih dan tertata rapi, tentu siapapun akan betah berada di dalamnya. Lakukanlah pembersihan rumah setiap hari serta gunakan pewangi ruangan untuk menyegarkan aroma di dalamnya. Tidak ada aturan khusus kapan Anda harus membersihkan rumah ini. Semakin sering Anda melakukannya, maka kondisi rumah pun akan semakin bersih. Apabila Anda sibuk, paling tidak Anda harus membersihkan rumah tersebut sehari cukup sekali saja.

PERANGKAT CANGGIH

Perangkat elektronik yang sudah dilengkapi dengan teknologi canggih biasanya dirancang dengan desain yang cerdas. Jika memungkinkan, Anda dapat mengganti beberapa perangkat rumah dengan perangkat seperti ini. Selain ukurannya yang lebih menghemat ruangan, perangkat elektronik high-tech juga telah dibekali dengan kemampuan yang hemat energi. Anda bisa memulainya dari perangkat televisi. Dapat Anda bandingkan antara TV LED dan TV tabung, di mana TV LED jauh lebih unggul baik dari segi tampilan maupun kualitas siarannya. Anda bisa berinvestasi dengan perangkat elektronik yang canggih ini.

KESATUAN RUANGAN

Interior yang dirancang supaya menyatu dengan konsep yang sama akan membuat suasananya mengalir bagaikan air. Hal ini bisa menghadirkan suasana yang lebih lapang di dalam rumah tersebut. Contohnya, kalau Anda ingin mengusung tema elegan pada ruang tamu maka gunakan konsep ini sampai ke ruangan paling belakang. Jangan sampai Anda membuat sesuatu yang tidak perlu seperti menciptakan kejutan dengan desain rumah yang berbeda di bagian tengah-tengahnya. Mengapa tidak boleh? Karena trik ini akan membuat rumah Anda nampak terlalu ramai dan membingungkan.

WARNA YANG CERAH

Pewarnaan memang memiliki peran penting dalam membangun suasana rumah. Terutama Anda harus memilih warna cat dinding yang paling tepat. Warna yang cerah akan menciptakan kesan yang lebih luas dari ukuran aslinya. Sementara itu, warna yang gelap akan langsung merubah ruangan tersebut menjadi sempit. Akan tetapi, perhatikan pula agar warna yang digunakan tersebut tidak menyilaukan mata. Anda dapat mengaplikasikan warna-warni yang cerah untuk bagian interior rumah sehingga terlihat lebih luas. Contohnya yaitu warna putih, hijau muda, biru muda, krem, kuning, dan lain-lain.

MOTIF GARIS-GARIS

Dalam dunia desain grafis apapun itu, motif garis-garis memang sanggup mengubah kesan benda yang ditempelinya loh. Anda bisa memanfaatkan motif garis-garis horizontal maupun vertikal di sini. Namun untuk motif garis-garis diagonal atau zigzag sebaiknya dihindari. Motif garis horizontal berfungsi untuk menciptakan kesan luas di dalam suatu ruangan. Sedangkan motif garis vertikal dapat digunakan untuk menambah ketinggian di interior tersebut. Hindari penggunaan motif yang ramai serta berwarna-warni agar suasana di dalam ruangan tersebut tidak terlalu ramai. Anda harus menjaga tampilannya yang bersih.