8 Cara Merawat Pakaian Agar Tetap Baru dan Tak Mudah Rusak

Mempunyai pakaian yang selalu nampak baru merupakan idaman semua orang. Pakaian yang seperti ini akan membuat orang yang pemakainya tampil lebih percaya diri. Orang tersebut pun akan terlihat lebih menarik dengan pakaian yang dikenakannya. Tetapi kebiasaan selalu membeli pakaian setiap hari bukan merupakan langkah yang bijak untuk bisa tampil dengan percaya diri. Solusi yang baik adalah Anda harus merawat pakaian dengan benar supaya pesonanya senantiasa tetap terjaga. Salah satu usaha yang mesti dilakukan untuk menjaga pakaian adalah membersihkannya secara rutin.

Anda harus merawat pakaian tersebut dengan sebaik-baiknya agar tetap awet, tidak mudah rusak, dan mampu bertahan lama. Jangan sampai deh niat baik Anda untuk membersihkan pakaian justru berujung pada rusaknya pakaian tersebut akibat kesalahan yang sudah Anda lakukan. Anda harus membersihkan semua pakaian dengan sepenuh hati supaya tak malah merusaknya. Dibutuhkan pula pengetahuan yang tepat mengenai cara merawat pakaian yang baik dan benar. Selain itu, Anda juga tak boleh bosan dalam melaksanakannya setiap saat. Bagaimanapun pakaian ini harus dirawat sebaik mungkin.

Sebenarnya tidak terlalu rumit kok untuk merawat pakaian itu. Anda bahkan bisa membiasakannya agar menjadi sebuah rutinitas yang bagus untuk mendukung kehidupan sehari-hari. Silakan Anda dapat ikuti kiat-kiat di bawah ini ya!

Hindari Mencuci Terlalu Sering

Setiap kali Anda mencuci pakaian, maka di waktu itu juga pesona pakaian tersebut akan berkurang satu level. Hal ini terjadi karena proses perendaman, penyikatan, dan penjemuran akan membuat bahan dan warna di pakaian semakin memudar. Oleh karena itu, untuk pakaian yang masih bersih dan baru dipakai sebentar, sebaiknya Anda cukup mengangin-anginkannya saja agar baunya hilang. Anda tak harus selalu mencuci pakaian yang sudah digunakan. Anda dapat menilainya sendiri kira-kira manakah pakaian yang harus dicuci serta mana pula pakaian yang masih layak digunakan sekali lagi.

Kuceklah Menggunakan Tangan

Dari sekian banyak metode pencucian pakaian yang ada, mencuci pakaian menggunakan tangan adalah cara yang terbaik. Hal ini dikarenakan mengucek dengan tangan tidak seperti sikat atau mesin cuci yang kasar. Kondisi tangan manusia adalah halus dan lembut sehingga tidak melukai bahan pakaian tersebut. Jadi biasakanlah untuk mencuci pakaian cukup memakai tangan kosong. Anda hanya perlu menguceknya secara perlahan-lahan kalau pakaian ini tidak terlalu kotor. Alternatif lain gunakanlah sikat berbulu halus untuk menghilangkan noda membandel di pakaian tersebut.

Pisahkan Pakaian Sesuai Jenis

Menurut jenisnya terdapat tiga pakaian yang harus Anda pisahkan ketika hendak mencuci yaitu pakaian berwarna putih, pakaian yang berwarna-warni, dan pakaian yang mudah luntur. Saat mencuci, pisahkan pakaian-pakaian tersebut di dalam wadah yang terpisah. Gunanya agar antara warna yang satu dengan lainnya tidak saling melunturi. Terutama untuk pakaian yang berwarna putih wajib dicuci secara terpisah dari pakaian-pakaian yang lainnya. Walaupun pakaian tersebut tidak terkena lunturan warna, tetapi jika Anda tetap mencampurkannya, maka warnanya akan berubah menjadi putih kekuning-kuningan.

Jangan Merendam Terlalu Lama

Kebanyakan dari kita menganggap bahwa perendaman pakaian yang dilakukan semakin lama membuat pakaian tersebut akan semakin bersih. Padahal air dan deterjen itu lambat laun sanggup memakan atau merusak serat kain pada pakaian tersebut dan menghilangkan warnanya. Jangan pernah deh merendam pakaian Anda di dalam air deterjen terlalu lama. Durasi waktu perendaman pakaian yang tepat biasanya sudah tertera pada masing-masing produk deterjen yang Anda pakai. Tetapi jauh lebih bagus kalau Anda langsung mengucek pakaian yang kotor tanpa perlu merendamnya terlebih dahulu.

Hindari Memeras Pakaian Basah

Biasanya setelah pakaian sudah selesai dicuci serta dibilas sampai bersih, maka kita pun akan memeras pakaian tersebut untuk menghilangkan airnya. Padahal trik ini justru bakal mengakibatkan serat pakaian tersebut menjadi mengendur akibat ditarik terlalu kuat. Pakaian tersebut jadi nampak lebih longgar dan warnanya pun memudar. Biarkanlah pakaian Anda mengering sendirinya dengan menaruhnya di ember berlubang. Biarkan di sana kurang lebih selama 3-5 menit terlebih dahulu. Barulah kemudian Anda dapat menjemurnya di tempat khusus. Hindarilah kebiasan memeras pakaian yang masih basah ini.

Menjemur Pakaian yang Benar

Sebagian besar dari Anda pasti menjemur pakaian langsung di bawah matahari, kan? Tujuannya supaya pakaian-pakaian basah yang sedang dijemur tersebut menjadi cepat kering. Padahal kenyataannya terik matahari ini justru yang berperan besar menyebabkan warna pakaian Anda terlihat kusam loh. Pakaian Anda pun akan cepat rusak kalau selalu dijemur di tempat yang terbuka tepat di bawah pancaran cahaya matahari. Akan lebih aman kalau pakaian-pakaian Anda dijemur di bawah atap di ruangan yang terbuka. Meskipun pakaian lebih lama kering, tetapi seratnya akan tetap awet.

Gunakan Setrika dengan Tepat

Agar terlihat lebih rapi, biasanya pakaian yang telah mengering disetrika terlebih dahulu sebelum masuk ke lemari. Berbicara tentang setrika, tentu tidak dapat dipisahkan dari panas. Suhu setrika yang pas akan membuat kondisi pakaian Anda tak terbakar oleh panas setrika tersebut. Sebaliknya, jika Anda memakai setrika yang terlalu panas, maka pakaian Anda pun bakal gampang rusak. Kami sarankan untuk menyetel suhu panas di setrika pada level yang normal saja ya. Jangan pernah mengaturnya pada posisi maksimal karena suhu yang terlalu panas ini dapat merusak serat pakaian Anda.

Simpan Pakaian Secara Terpisah

Metode lain yang bisa Anda coba ialah memisahkan pakaian menurut tujuannya pemakainnya di dalam lemari pakaian tersendiri. Sebagai contoh, pisahkan antara pakaian yang digunakan sehari-hari, pakaian untuk bermain, dan pakaian untuk berpergian ke luar kota. Dengan trik ini, ada beberapa pakaian yang jarang dipakai serta kondisinya pun akan tetap terlihat baru. Usahakan Anda tidak memakai pakaian yang mahal untuk dikenakan sehari-hari karena nantinya pasti pakaian tersebut bakal cepat rusak. Sebaiknya sih pakaian untuk sehari-hari cukup yang tipis dan harganya tidak terlalu mahal saja. Sehingga Anda bisa lebih leluasa memakainya.