8 Manfaat Cuka untuk Membersihkan Toilet, Wastafel, sampai Karpet

Sebagai ibu rumah tangga di Indonesia, Anda pasti suka menyimpan cuka di dapur. Sebab memang cuka ini berguna sekali untuk membuat berbagai masakan khas Nusantara. Yang paling utama tentu adalah acar. Acar apapun itu memakai bumbu dasar berupa cuka. Kadang-kadang cuka juga bisa kita gunakan untuk menggantikan asam jawa, tomat, atau belimbing wuluh dalam jumlah tertentu. Rasa masamnya yang sangat kuat tanpa disertai rasa segar membuat Anda harus berhati-hati saat memakai cuka.

Namun ternyata, selain berfungsi sebagai bumbu dapur, cuka juga dapat kita gunakan untuk  membantu membersihkan rumah loh. Pemakaian cuka ini bahkan mampu membuat pekerjaan kita menjadi jauh lebih efisien alias cepat selesai. Rumah menjadi lebih cepat bersih. Hal ini tidak terlepas dari sifat dasar cuka itu yang merupakan salah satu bahan yang bersifat asam. Kelebihan lainnya, dibandingkan dengan produk pembersih kimiawi, pemakaian cuka lebih aman dan tentunya ramah lingkungan.

Anda bisa memanfaatkan cuka untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan di bawah ini!

Membersihkan Toilet

Manfaat yang pertama dari cuka ialah sebagai pembersih toilet alami yang sangat ampuh. Siapa sangka kalau cuka ini ternyata mampu membersihkan toilet dengan tuntas, menghilangkan noda membandel, dan membuat tampilannya berkilau seperti baru? Cara mengaplikasikannya pun gampang sekali. Anda cukup menuangkan beberapa tetes cuka ke permukaan toilet dan menunggu beberapa saat agar cairan ini bekerja. Lalu gosoklah dengan sikat. Hasilnya toilet pun tampak mengkilap kembali.

Menghilangkan Noda di Wastafel

Siapa sangka noda di permukaan wastafel bisa dihilangkan dengan sangat mudah hanya menggunakan cuka. Tidak percara? Cobain langsung yuk. Caranya gampang sekali kok. Semprotkan saja cairan cuka ke wastafel Anda, lalu ratakan memakain kain lap atau spons basah. Tunggu sekitar 20-30 menit. Jangan lupa membasuhnya kembali untuk melihat hasilnya ya. Kami jamin deh, wastafel Anda kini pun menjadi benar-benar bersih dari noda membandel layaknya wastafel yang baru.

Menghapus Noda Membandel di Nat Lantai

Meskipun lantai sudah dipel sampai bersih, kerap kali masih ada noda-noda membandel yang menempel di nat. Jika Anda biarkan, noda ini lama-kelamaan akan membuat nat semakin menghitam dan terlihat kotor. Ternyata Anda dapat mengatasinya cuma memakai cuka. Campurkanlah 1/4 gelas cuka, 3 sendok makan air jeruk nipis, 1 sendok makan boraks, dan 1/4 gelas air hangat. Lantas masukkan cairan ini ke dalam botol spray supaya gampang digunakan. Adapun caranya adalah semprotkan campuran ini ke permukaan nat, lalu gosok menggunakan sikat. Alhasil, noda nat lebih cepat terangkat.

Membersihkan Lemari Es

Cuka merupakan bahan pembersih kulkas yang aman. Hal ini tidak terlepas dari bahan penyusun cuka yang notabene terbuat dari bahan-bahan alami. Pemakaian cuka akan membuat pekerjaan Anda dalam membersihkan lemari es menjadi lebih mudah dikerjakan dan lebih cepat selesai. Sayangnya cuka punya bau menyengat yang cukup tajam. Untuk mengurangi bau cuka tersebut, maka Anda bisa menambahkan air sari buah lemon sehingga aromanya kini menjadi begitu segar.

Mensterilkan Talenan

Percayakah Anda bahwa talenan merupakan salah satu benda yang paling jorok di dalam dapur? Bahkan tingkat kekotoran talenan ini ternyata mengalahkan toilet loh. Umumnya kita kurang menyadari kondisi ini karena kotoran di talenan bersifat tak kasat mata. Padahal jika kita mengingat fungsi talenan yang berhubungan langsung dengan bahan makanan, Anda wajib membersihkannya setiap saat. Mudah kok untuk membersihkan talenan ini. Caranya yaitu rendamlah talenan selama beberapa saat di cairan cuka dan air panas. Lakukan hal ini setiap hari setelah Anda selesai memasak.

Mengusir Bau Tak Sedap di Kitchen Sink

Sebagai tempat mencuci segala peralatan memasak, kitchen sink mudah sekali kotor serta berbau tak sedap. Membersihkannya menggunakan sabun cuci piring saja masih menyisakan bau busuk yang cukup menyengat. Nah untuk menghilangkan bau ini, tuangkan beberapa tetes cuka secukupnya dan air panas ke dalam kitchen sink agar aromanya cepat menyebar. Anda tidak perlu khawatir dengan aroma cuka yang tajam sebab aroma ini identik dengan sesuatu yang bersih dan segar. Kalau mau, Anda juga dapat menambahkan air jeruk nipis ke dalamnya.

Mengkilapkan Kaca Jendela

Produk pembersih kaca memang saat ini sudah banyak tersedia di pasaran. Tetapi untuk menghemat pengeluaran, Anda dapat memanfaatkan cuka yang ada di dapur untuk membersihkan kaca jendela. Mulailah dengan membuat campuran cuka dan air dengan perbandingan komposisi yang sama, lalu masukkan ke dalam botol spray. Selanjutnya Anda bisa menyemprotkan cairan tersebut ke permukaan kaca dan usaplah memakai lap bersih. Jendela rumah pun kini nampak bersih bersinar kembali.

Menghilangkan Noda di Karpet

Tidak kalah hebatnya, cuka juga ternyata bisa membantu menghilangkan noda di karpet yang umumnya terkenal susah dibersihkan. Anda bisa mencobanya sendiri dengan mencampurkan 1 sendok makan cuka dan 1 sendok teh deterjen. Aduk-aduk agar keduanya tercampur rata. Setelah itu, tuangkan campuran ini ke area karpet yang bernoda. Tuangkan secukupnya saja ya. Lalu bersihkan noda tersebut memakai sikat gigi yang berbulu lembut. Lantas basuhlah menggunakan air bersih untuk melihat hasilnya.