5 Tips Merawat Furniture dari Particle Board Biar Tak Cepat Rusak

Di pasaran, terdapat berbagai macam produk furniture yang berbahan dasar particle board. Furniture ini biasanya dijual dengan harga yang lebih terjangkau sebab bahan bakunya pun lebih murah dibandingkan kayu utuh (solid wood). Selain itu, furniture particle board ini lebih murah karena proses pembuatannya pun dapat dilakukan dengan lebih mudah. Namun di balik kelebihan-kelebihannya itu, furniture particle board ini juga memiliki sejumlah kekurangan. Contohnya saja furniture ini sangat rapuh kalau terkena air sedikit saja. Serta daya angkatnya pun tidak sekuat furniture berbahan kayu solid.

Anda mesti merawat furniture particle board ini dengan sebaik-baiknya agar tidak cepat rusak. Faktanya memang furniture ini membutuhkan kiat-kiat khusus dalam perawatannya yang berbeda dari furniture kayu biasa. Perlu diketahui, particle board terbuat dari campuran partikel-partikel kayu yang direkatkan memakai lem. Jadi secara otomatis kekuatannya pun tidak terlalu bagus. Furniture ini juga rentan rusak apabila terkena air atau kelembaban udara yang terlalu tinggi. Anda harus benar-benar memperhatikan penataannya dengan baik supaya furniture ini mampu bertahan dan tak cepat rusak.

Supaya furniture particle board di rumah Anda lebih awet, silakan ikuti kiat-kiat dalam perawatannya di bawah ini ya. Anda mesti senantiasa melakukan tips dan trik perawatan ini setiap saat agar furniture tadi tidak cepat rusak.

Jangan Menaruh Furniture di Ruangan Lembab

Furniture papan partikel sangat rapuh kalau bersentuhan dengan air. Terkena air sedikit saja, maka siap-siaplah furniture Anda bakal mengalami kerusakan secara perlahan-lahan. Jadi selalu pastikan ruangan yang akan ditempati oleh furniture ini senantiasa dalam keadaan yang kering dengan sirkulasi udara dan cahaya di dalamnya bisa mengalir lancar. Secara berkala, periksalah kondisi dinding di belakang furniture agar tidak lembab. Sangat tidak disarankan menaruh furniture berbahan particle board ini di area sekitar kamar mandi atau dapur. Sebab kedua ruangan ini memang sangat rawan kelembaban yang tinggi.

Lindungi Furniture Particle Board Anda dari Air

Bahan papan partikel memang gampang dibentuk menjadi furniture apa saja. Salah satunya adalah meja makan. Bila Anda menggunakan meja makan dari particle board, maka Anda mesti berhati-hati terhadap kemungkinan minuman dan makanan dapat mengenai meja. Lindungilah meja Anda dengan taplak yang terbuat dari plastik tebal agar tak bisa ditembus air. Begitu pun saat menyajikan minuman dingin, selalu berikan tatakan yang cukup tebal sehingga embun es tak kan membasahi meja partikel Anda. Sedangkan untuk jenis furniture lainnya, Anda bisa melapisi furniture tersebut menggunakan kulit sintetis.

Hindari Melapisi Furniture Memakai Thinner

Selalu ingat, jangan pernah mengaplikasikan thinner ke permukaan furniture particel board Anda. Kalau air saja sanggup merusak furniture tersebut, apalagi dengan thinner, kan? Walaupun umumnya thinner berguna untuk melindungi furniture, tetapi hal ini tidak berlaku dengan furniture yang dibuat dari papan partikel ya. Furniture particle board sama sekali tak boleh dicat ataupun diberi thinner. Proses finishing perabotan ini biasanya dilakukan dengan memasang papan HPL (High Pressure Laminated). Pengecatan justru akan merusak ikatan serat-serat partikel kayu yang menyusun furniture ini.

Jangan Meletakkan Beban yang Terlalu Berat

Kekuatan furniture berbahan papan partikel memang lebish rendah dibandingkan dengan furniture yang terbuat dari kayu solid. Pada lemari kayu, Anda dapat menyimpan koleksi barang-barang antik berbobot cukup berat di dalamnya. Namun bila hal yang sama diterapkan pada lemari particle board, maka tinggal hitung waktu saja lemari Anda pasti akan roboh. Perlu diketahui bahwa beban maksimal untuk sebuah furniture particle board ialah 5-10 kg. Jadi jangan pernah menyimpan barang-barang dengan beban yang  terlalu berat jika tidak mau melihat permukaan furniture Anda melengkung, dan selanjutnya ambruk.

Rutin Bersihkan Furniture agar Bebas Jamur

Karena terbuat dari partikel kayu, furniture berbahan particle board juga rentan ditumbuhi jamur. Tentu saja jamur-jamur tersebut bisa merusak furniture kesayangan Anda. Anda tidak boleh membiarkan kasus masalah yang buruk ini sampai terjadi. Untuk mencegahnya, Anda dapat menaruh beberapa butir kapur barus ke dalam lemari tersebut. Kapur barus akan mencegah tumbuhnya jamur dan cendawan di lemari. Sedangkan jika lemari Anda sudah terlanjur ditumbuhi jamur, Anda dapat membasminya menggunakan cairan alkohol yang diusapkan ke permukaan lemari tersebut secara merata sampai bersih.