5 Cara Menjaga Kebersihan Dapur dengan Mudah

Dapur yang bersih merupakan cerminan dari keluarga yang sehat. Ingat, semua makanan yang dimakan oleh Anda sekeluarga berawal dari ruangan dapur ini. Anda harus memastikan semua anggota keluarga memakan makanan yang tidak hanya bergizi tinggi, tetapi juga bersih. Tidak mau kan kalau orang-orang yang Anda cintai menjadi sakit gara-gara memakan makaan yang kotor serta mengandung kuman dan bakteri? Jadi dapur Anda wajib dijaga dengan baik agar kondisinya senantiasa bersih.

Dalam menjaga kebersihan dapur, ada beragam cara yang dapat Anda lakukan. Trik yang paling mudah yaitu membiasakan diri untuk membersihkannya sesaat setelah Anda selesai masak. Anda harus mau membersihkan lingkungan dapur yang baru saja dipakai. Apa tujuannya? Hal ini dilakukan semata-mata untuk membuat kondisinya senantiasa tetap bersih dan mencegah terbentuknya noda yang membandel. Dengan demikian, Anda pun tidak akan merasa berat saat mengerjakannya.

Ada 5 tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan dapur dengan mudah, antara lain :

Sediakan Media Penyimpanan yang Memadai

tips-menjaga-kebersihan-dapur-rumah.jpg

Untuk menjaga kondisi dapur Anda supaya tetap bersih setiap saat, Anda bisa memulainya dengan memperhatikan media penyimpanan. Dapur Anda wajib dilengkapi dengan media penyimpanan yang memadai. Anda dapat menghadirkannya dalam bentuk lemari kabinet ataupun rak-rak dinding. Media penyimpanan ini nantinya berfungsi sebagai tempat untuk menaruh peralatan dapur, bumbu, dan bahan makanan. Lemari dapur bisa digunakan sebagai media penyimpanan utama. Jangan lupa memisahkan bumbu yang beraroma kuat seperti lada dan kayu manis di tempat terpisah.

Berikan Label Nama Pada Botol-botol Bumbu

Apabila Anda termasuk orang yang jarang masuk ke dapur atau mempunyai waktu yang super sibuk, maka kami yakin Anda pasti bakal sulit menemukan barang-barang di dalam dapur. Dibutuhkan waktu yang cukup lama serta usaha yang berlebih untuk mengecek setiap sudut dapur sampai akhirnya Anda berhasil menemukan barang yang dimaksud. Tapiayangnya dapur Anda pun kini menjadi berantakan. Memberi label nama pada setia tempat penyimpanan merupakan solusi yang tepat untuk mencegah kejadian ini terulang kembali. Dapur pun menjadi lebih rapi dan mudah digunakan.

Tempatkan Alat Elektronik dengan Benar

kebersihan-dapur-rumah.jpg

Dapur modern tak terlepas dari perangkat elektronik yang sangat berguna untuk membantu kita dalam mengolah berbagai bahan makanan. Dengan semua peralatan tersebut, kini Anda bisa membuat suatu hidangan lezat dengan lebih mudah. Namun satu hal yang perlu Anda camkan baik-baik yaitu letakkan alat-alat elektronik dapur ini dengan gampang. Aturan dasarnya adalah jangan menumpuk peralatan tersebut karena bakal menyebabkannya mudah rusak. Walaupun sekadar menaruh magic jar di atas kulkas pun tidak boleh. Cobalah menjajarkannya dengan rapi atau menaruhnya di dalam lemari.

Buanglah Sampah Sesegera Mungkin

Kebiasaan menumpuk sampah dapur dan membuangnya seminggu sekali itu tidak baik. Selain membuat ruangan dapur Anda berbau menyengat, dampaknya juga mengakibatkan dapur di rumah Anda menjadi tidak sehat. Anda tak pernah tahu jika sampah tersebut mungkin saja bakal menjadi tempat bertelurnya lalat yang kemudian akan berkembang menjadi belatung. Lebih baik biasakan untuk membuang sampah secepat mungkin. Cobalah untuk membuang sampah setiap kali Anda selesai masak. Buanglah semua sampah ke tempat sampah utama yang sengaja Anda letakkan di luar rumah.

Siapkan Tisu Dapur dan Kain Lap yang Bersih

cara-menjaga-kebersihan-dapur-rumah.jpg

Jangan lupa untuk menyediakan tisu dapur di rumah Anda. Sebab tisu dapur ini mempunyai peran yang penting sekali dalam menjaga kebersihan dapur Anda. Tisu dapur akan mempermudah Anda dalam membersihkan seisi dapur setiap saat. Anda bisa mengumpulkan semua kotoran ke dalam tisu dapur ini dan membuangnya ke tempat sampah. Dengan begini, pekerjaan Anda menjadi lebih cepat dan praktis. Letakkan tisu ini di tempat yang mudah dijangkau. Selain itu, Anda juga perlu menyediakan beberapa kain lap yang bersih. Dengan demikian, Anda pun tidak malas untuk membersihkan dapur.